Intel Arrow Lake Siap Tampilkan Thunderbolt 5 & Lebih Banyak Jalur PCIe 5.0

Intel Arrow Lake Siap Tampilkan Thunderbolt 5 & Lebih Banyak Jalur PCIe 5.0

Kebocoran dokumen internal Intel baru-baru ini menunjukkan bahwa CPU desktop Arrow Lake yang akan datang akan mendukung Thunderbolt 5, yang pertama untuk prosesor desktop.

Dokumen yang bocor, dibagikan oleh pembocor @yuuki_ans, mengungkapkan detail tentang peta jalur PCIe untuk Arrow Lake, menunjukkan kemajuan dalam teknologi Thunderbolt dan dukungan PCIe.

Baca juga : AMD Fluid Motion Frames (AFMF) Resmi Dirilis: Preview Utama

Dukungan Thunderbolt 5

CPU desktop Arrow Lake diharapkan mendukung Thunderbolt 5, menandai debutnya di prosesor desktop. Thunderbolt 5 saat ini hadir di laptop tertentu yang dilengkapi Raptor Lake HX, yang menggunakan chip Barlow Ridge terpisah.

Dokumen yang bocor menyebutkan Barlow Ridge sebagai pengontrol Thunderbolt 5 untuk Arrow Lake. Barlow Ridge dilengkapi dengan empat jalur PCIe 4.0, menawarkan bandwidth 80Gbps di kedua arah, dua kali lipat dari Thunderbolt 3 dan Thunderbolt 4.

Barlow Ridge dapat mencapai 120Gbps di satu arah dan 40Gbps di arah lain untuk peningkatan kinerja tertentu.

Intel Arrow Lake

Peningkatan Jalur PCIe 5.0

Intel telah menambah jumlah jalur PCIe 5.0 untuk Arrow Lake, sehingga totalnya menjadi 20. Peningkatan ini memungkinkan desktop Arrow Lake mengisi seluruh jalur PCIe pada GPU dan SSD secara bersamaan.

Jumlah jalur PCIe 5.0 yang ditingkatkan memungkinkan desktop Arrow Lake mengakomodasi GPU dan SSD tanpa memaksa keduanya berbagi jalur. CPU generasi sebelumnya seperti Raptor Lake menawarkan 16 jalur PCIe 5.0 dan empat jalur PCIe 4.0, sehingga memerlukan GPU dan SSD untuk berbagi jalur.

Dengan GPU PCIe 5.0 dan SSD PCIe 5.0 generasi baru yang akan segera hadir, peningkatan jumlah jalur Arrow Lake sejalan dengan kebutuhan perangkat keras yang terus berkembang. Namun, perlu dicatat masih belum jelas apakah Barlow Ridge akan diintegrasikan ke dalam CPU Arrow Lake atau ditampilkan pada motherboard tertentu.

Informasi yang bocor menunjukkan bahwa Intel sedang mempersiapkan CPU desktop Arrow Lake untuk memenuhi kebutuhan GPU modern dan SSD berkecepatan tinggi dengan menawarkan dukungan Thunderbolt 5 dan peningkatan jumlah jalur PCIe 5.0. Kemajuan ini bertujuan untuk memberikan peningkatan konektivitas dan kinerja bagi pengguna desktop.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com