Ukuran Driver GPU Intel Kini Berkurang Setengahnya Dibanding Versi Awal

Ukuran Driver GPU Intel Kini Berkurang Setengahnya Dibanding Versi Awal

Ukuran file driver GPU Intel sejak beberapa bulan lalu dirasa cukup besar, bahkan mencapai kapasitas dua kali lipat dibanding AMD maupun NVIDIA. Namun sekarang, Intel tampaknya mengurangi ukuran driver menjadi setengahnya dari 1.6GB hingga cuma 604 MB.

Intel bisa dibilang cukup berhasil membawa optimalisasi software GPU bisa lebih dekat dengan pesaingnya tanpa mengorbankan fitur atau kinerja.

Baca juga : Akun YouTube Linus Tech Tips Dibajak Oleh Scammer Crypto

Hasil pencapaian tersebut menunjukkan bahwa pembengkakan sebelumnya terutama disebabkan oleh kurangnya pengalaman dalam mengemas driver grafis khusus. Intel sekarang bisa beradaptasi dengan cepat ke pasar yang didominasi oleh dua pesaing yang telah melakukannya selama sekitar 20 tahun.

Ukuran besar driver Team Blue sebelumnya tidak bertambah karena mereka harus mendukung model GPU yang jauh lebih kecil. Intel hanya memiliki satu generasi di pasaran, sedangkan driver Nvidia dan AMD masing-masing harus mendukung beberapa generasi.

Selain itu, Nvidia suka mengemas perangkat lunak GeForce dengan drivernya. Dimasukkannya driver grafis terintegrasi Intel juga tidak menjelaskan perbedaan tersebut, karena driver AMD juga mendukung iGPU dan APU.

Ukuran Driver GPU Intel Kini Berkurang Setengahnya Dibanding Versi Awal

Sebagai catatan, hadirnya driver terbaru Intel ini juga bisa dibilang sebagai persiapan untuk remake Resident Evil 4 yang baru saja dirilis. Nvidia dan AMD bahkan sudah menyoroti The Last of Us Part 1 dan Diablo IV beta dalam catatan rilis mereka, sementara Intel merilis driver Diablo IV minggu lalu. Beta terbuka gratis Diablo IV berjalan hingga akhir pekan ini, sementara The Last of Us Part 1 tiba di PC minggu depan pada hari Selasa.

Intel juga mencatat bahwa itu masih meningkatkan kinerja Counter-Strike: Global Offensive pada GPU Arc. Gim Steam paling populer masih menggunakan DirectX 9, yang diperjuangkan Arc sebelum pembaruan terkini. Tidak jelas bagaimana perubahan pembaruan Counter-Strike 2 akan berdampak pada Arc, tetapi game lain yang menggunakan mesin Source 2 ditingkatkan ke DirectX 11.

Sementara itu, driver baru Nvidia justru kini membengkak hingga hampir 900MB. Namun dalam catatannya, itu mendukung mode “Overdrive” ray tracing eksperimental Cyberpunk 2077 yang akan datang. Prasetel grafis tambahan memperkenalkan pelacakan jalur ke game dan kemungkinan akan tiba pada 11 April.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com