AMD Threadripper 7000 “Storm Peak” Kabarnya Segera Meluncur September 2023

AMD Threadripper 7000 “Storm Peak” Kabarnya Segera Meluncur September 2023

AMD Ryzen Threadripper seri 7000 dikabarkan bakal segera meluncur tidak lama lagi.Menurut kebocoran terbaru mengungkap CPU workstation ini bakal segera hadir pada bulan September 2023 dengan membawa kode ‘Storm Peak’.

Kabar tersebut datang dari General Manager ASUS di Tiongkok China, Tony Yu, yang juga mengklaim bahwa lineup yang akan datang akan didasarkan pada platform HEDT TR5 yang baru.

Baca juga : Ukuran Driver GPU Intel Kini Berkurang Setengahnya Dibanding Versi Awal

Pengungkapan itu muncul dalam video baru-baru ini yang dipublikasikan di situs berbagi video Tiongkok Bilibili, dan diambil oleh keterangan rahasia @9550pro di Twitter. Video tersebut juga membandingkan chip Sapphire Rapids andalan baru Intel, Xeon W9-3495X, dengan AMD Threadripper Pro 5995WX.

Menurut Yu, chip AMD dikatakan akan menawarkan persaingan yang lebih baik melawan jajaran HEDT Sapphire Rapids, berkat core tambahan dan efisiensi yang lebih baik daripada chip generasi terakhir.

Yu juga menyebutkan jajaran Emerald Rapids Intel yang akan datang secara sepintas tetapi tidak mengungkapkan informasi baru tentang mereka. Mereka secara resmi diperkirakan akan diluncurkan pada September 2023 dalam dua rasa – HEDT dan Workstation.

Sementara yang pertama diharapkan mendukung memori DDR5 quad-channel dan menawarkan hingga 64 jalur PCIe Gen 5, yang terakhir dikatakan mendukung hingga memori DDR5 8-channel dan 128 jalur PCIe Gen 5.

Seri HEDT Threadripper 7000 diperkirakan akan bersaing dengan chip Intel Xeon W-2400 dengan inti Golden Cove, sementara CPU Workstation Threadripper 7000 akan berhadapan dengan jajaran Intel Xeon W-3400.

Penting juga dicatat, CPU ini diharapkan menjadi peralihan ke inti Zen 4 5nm, yang sudah ditemukan di semua jajaran AMD saat ini, termasuk seri Ryzen 7000 untuk desktop konsumen, chip Ryzen 7040 dan 7045 untuk laptop, dan EPYC Genoa 9004 untuk server.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com