Home » Tips Upgrade RAM Di Laptop : Ketahui Lebih Pasti Sebelum Membeli

Tips Upgrade RAM Di Laptop : Ketahui Lebih Pasti Sebelum Membeli

Gimana sih cara upgrade RAM di laptop? Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui supaya tidak salah membeli dan tidak ada masalah saat dipasang dengan RAM bawaan.

Penasaran? Simak lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga : Berapa Sih Suhu SSD Yang Ideal itu? Simak Selengkapnya Disini

Tips Upgrade RAM Di Laptop

Hal terpenting dan paling utama itu cek ketersediaan slot buat RAM tambahan di laptop. Itu karena enggak semua merk laptop punya slot kosong. Ada yang bagian memorinya dipatenkan dan enggak bisa diupgrade, atau hanya satu slot yang tersedia.

Upgrade RAM Laptop

Jadi pastikan dulu hal ini sebelum upgrade atau beli, bisa cek langsung di spesifikasi web resmi dari merk laptop yang kalian pakai atau bisa bongkar laptop kalau memungkinkan.

Jika tersedia slot kosong untuk upgrade, langkah selanjutnya sesuaikan kecepatan RAM yang dimiliki laptop. Paling ideal merk dan tipe sesuai dengan bawaan. Contoh, ketika kalian punya laptop dengan memori merk Samsung 4GB DDR4 dengan speed 2400 Mhz, hal pertama yang perlu dilakukan tentunya mencari tipe merk dan speed yang sama.

Caranya mengetahuinya gimana? Kan enggak semua orang tahu tentang hal tersebut. Cara paling mudah untuk mengetahui tipe RAM yang dimiliki itu pake software CPU-Z.

Upgrade RAM Laptop

Software ini tersedia secara gratis untuk diunduh. Tinggal instal dan jalankan. Lalu cek dibagian SPD. Dibagian ini ada detail informasi lengkap tentang memori yang dipakai laptop. Yang terpenting untuk kalian lihat disini itu bagian Bandwith dan modul manufacture. Disini ada keterangan tentang kecepatan default memori sistem dan merk yang dipakai. Atau, kalian bisa cek langsung dengan membongkar laptop dan lihat tipe laptop yang dipakai, meskipun ada resikonya sih.

Berangkat dari sana, kalian bisa cek marketplace untuk membeli tipe memori yang sesuai dengan bawaan laptop. Biasanya, pilihan tersebut bisa memastikan kalau nanti di upgrade sistem bakal bekerja dengan baik, atau kemungkinan terbesar enggak akan ada masalah di sistem.

Gimana kalau pake merk lain tapi speed atau kecepatan memorinya sama? Masih bisa. Biasanya hal tersebut terjadi jika kasusnya RAM yang dipakai laptop enggak ada. Speed yang sama juga masih memungkinkan kinerja sistem masih bisa bekerja dengan baik.

Misal, kalian dapetnya RAM dari merk TEAMGROUP, tapi speednya sama dengan memori laptop, yaitu 2400Mhz. Maka ini sih sebenernya enggak jadi masalh berarti. Biasanya masalah yang muncul itu ketika timingnya beda jauh. Jadi, pastikan juga kalau timing memori laptop enggak terlalu berbeda.

Baca juga : Rakit PC Gaming Tahun 2022 : Core i3 12100F & RX 6600 Inside  

Kalau beda kapasitas, tapi merk dan speednya sama apa masih bisa? Itu memungkinkan, karena yang berbeda sebenernya kapasitas. Biasanya kapasitas RAM hanya menyediakan ruang extra untuk aplikasi. Tapi, pilihan utama sebenernya sesuaikan aja kapasitas yang dimiliki. Jika enggak ada lagi pilihan, atau ingin upgrade dari sisi kapasitas yang lebih besar tanpa mengorbankan memori bawaan, maka itu enggak ada masalah berarti.

Terus, enggak apa-apa upgrade secara DIY (Do it yourself) atau mending ke tempat service resmi? Jika kalian bisa melakukannya why not. Tapi biasanya laptop ada cover garansi. Biasanya kalau laptop masih ada garansinya, membongkar laptop garansi bisa hangus. Idealnya bisa serahkan ke pihak service center. Cuma ya biaya bisa lebih mahal atau punya ketentuan sendiri.

Tapi jika laptop udah enggak ada garansi, terus bisa untuk proses upgrade sendiri, melakukan secara DIY lebih menghemat waktu dan anggaran tentunya.

Simpulan

Udah bisa dimengerti sejauh ini? semoga ya artikel tutorial kami kali ini tentang cara Upgrade RAM di laptop bisa bermanfaat. Meskipun pastinya masih ada kekurangan dan enggak semua dibahas juga. Yang pasti, stay safe, banyak bertanya dan jangan mudah panik ketika ada masalah ok!

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait