Home » Berapa Sih Suhu SSD Yang Ideal itu? Simak Selengkapnya Disini

Berapa Sih Suhu SSD Yang Ideal itu? Simak Selengkapnya Disini

Suhu yang tinggi selalu menjadi masalah tersendiri, kinerja jadi terbatas, dan hardware lama-lama bakal rusak. Dulu kami sempet bahas suhu prosesor yang ideal, sekarang suhu SSD perlu kalian cek juga.

Mengapa begitu? ketika SSD mencapai suhu tinggi, performa storage ini bakal menurun. Lama-lama juga bakal berpengaruh pada kinerja sistem atau bahkan storage itu sendiri daya tahannya bakal berkurang.

Baca juga : Rakit PC Gaming Tahun 2022 : Core i3 12100F & RX 6600 Inside  

Jadi, Berapa Suhu SSD yang Ideal itu?

Suhu SSD, entah tipe M.2 atau SATA, apapun itu selama dibawah 40° Celsius itu terhitung aman banget saat idle atau sistem pertama kali booting. Ini jadi indikator utama yang menempati label hijau, dimana kalian enggak perlu khawatir saat akan memulai pekerjaan depan PC atau laptop.

Idle Suhu (Dalam ° Celcius
Aman < 40
Cukup Aman < 50
Riskan 55>

Lalu, suhu dibawah 50° Celsius sd 45° saat idle juga sebenernya masih aman, meskipun udah lampu kuning. Kinerja sebenernya enggak akan terpengaruh, namun biasanya kalian perlu cek dan mengantisipasi mengapa hal tersebut terjadi. Mungkin saja kalian perlu cooling tambahan di casing supaya suhu berkurang.

Sedangkan suhu yang enggak aman itu ketika SSD sudah mencapai angka 55° sd 60° Celsius atau lebih, bahkan saat idle sekalipun. Biasanya ini bisa jadi awal mula permasalahan storage. Perlu dicek lebih detail mengenai masalah tersebut dan mencari solusi agar ini tidak terjadi lagi.

Lalu, Berapa Batasan Aman Saat Suhu SSD Bekerja?

Selama dibawah 70° Celsius, apapun tipe storage yang kalian pakai terhitung sangat aman dan enggak akan ada masalah kinerja throttling atau turun performanya. Semakin rendah suhu semakin baik, dan SSD bakal punya daya tahan yang jauh lebih baik saat melakukan pekerjaan intensif.

Saat Bekerja Suhu (Dalam ° Celcius
Aman < 70
Cukup Aman < 80
Riskan 80 >

Disisi lain, suhu dibawah 80° Celsius juga terhitung “cukup” aman, tapi ini udah lampu kuning dan kalian perlu mengecek kembali bagaimana ini terjadi. Biasanya faktor posisi penyimpanan juga bakal berpengaruh, management kabel yang tidak menutupi area storage (jika pakai SSD dibelakang casing) maupun tingkat airflow case yang baik bisa mengurangi suhu SSD yang tinggi.

Nah, paling berbahaya itu ketika SSD mencapai suhu diatas 80° atau bahkan bisa menyentuh angka 90° Celsius. Kinerja pasti bakal terhambat, malah bisa ada masalah yang muncul juga seperti sistem enggak stabil, patah-patah atau loading sistem maupun aplikasi yang dibuka lebih lama dibanding biasanya.

Baca juga : KLEVV CRAS C920 Gen4 SSD Review : Kapasitas Besar, Kinerja Kenceng!

Tips Biar Jaga Suhu Tetep Aman?

Tips paling utama itu tingkat airflow yang baik dicasing. Memasang semua posisi kipas di casing dan posisi yang ideal (seperti intake dan out take) bakal berpengaruh ke semua komponen, termasuk storage tentunya.

Kalian juga bisa mengefektifkan cooling M.2 bawaan motherboard. Biasanya mobo modern hari ini sudah termasuk extra cooler buat SSD tipe ini. Disisi lain, kalian juga sebenernya bisa membelinya terpisah.

Jika SSD dalam bentuk M.2 dan disimpan dibagian belakang mobo, atur sebisa mungkin supaya tempatnya enggak terlalu pengap, atau jangan biarkan ditumpuk. Biasanya itu bakal ngaruh ke suhu juga. Ada ruang udara yang baik bisa menjaga suhu, apalagi kabel management diatur secara rapi.

Menjaga kebersihan komponen hardware, termasuk SSD. Itu juga bakal mempengaruhi suhu saat bekerja penuh. Selalu bersihkan hardware secara berkala, biar terhindar dari debu.

Kemudian, selalu menjaga kapasitas ruang bebas untuk SSD sekitar 25% atau idealnya 30%. SSD yang kepenuhan bakal membuat kinerja terhambat, dan faktor ini juga bakal mempengaruhi suhu.

Terakhir itu cari merk SSD yang berkualitas dan terbukti handal buat urusan cooling. Kadang itu sangat berpengaruh. Storage yang baik itu biasanya punya fitur tambahan buat urusan suhu, jangan selalu pilih opsi murah tapi produknya enggak jelas.

Simpulan

Sudah bisa dimengerti? Semoga ya konten tutorial kali ini bisa membawa manfaat lain buat kalian. Urusan suhu bakal selalu ada ketika berkaitan dengan hardware, termasuk SSD tentunya. Suhu yang tinggi bakal mempengaruhi kinerja, seperti penurunan performa atau lama-kelamaan SSD bisa rusak.

Jadi, semoga bermanfaat ya, meskipun pastinya masih ada tips lain yang belum diungkap. Punya solusi lebih baik atau tambahan? Komentar juga ya supaya yang lain juga merasakan benefitnya.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait