Home » Hati-Hati, Update Windows 11 KB5013943 Bisa Menyebabkan BSOD

Hati-Hati, Update Windows 11 KB5013943 Bisa Menyebabkan BSOD

Update Windows 11 KB5013943 yang diluncurkan pada tanggal 10 Mei ternyata bisa memberikan masalah tersendiri yang cukup serius, seperti aplikasi nge-hang atau bahkan BSOD jika mengandalkan driver tertentu yang diperlukan untuk aplikasi seperti antivirus.

Update KB5013943 (Mei 2022) dirilis pada 10 Mei dan merupakan update keamanan otomatis, yang berarti beberapa pengguna tidak memiliki pilihan untuk tidak mengunduh dan menginstalnya secara manual. Nah, ternyata masalahnya bisa juga terjadi di Windows 10 melalui update yang sama, tetapi lebih buruk pada Windows 11.

Baca juga : GeForce RTX 40 Series Dikabarkan Bakal Diumumkan Bulan Juli 2022

Pembaruan kumulatif ini dirilis untuk memperbaiki sejumlah masalah dan bug di Windows 11. Namun, sepertinya Windows 11 KB5013943 menyebabkan Blue Screen of Death (BSOD) yang ditakuti pada beberapa sistem dengan driver tertentu, termasuk yang mendukung software antivirus.

Sophos telah mengkonfirmasi bahwa patch Windows 11 KB5013943 untuk sistem operasi menyebabkan Blue Screen of Death yaitu menghentikan kode kesalahan yang membuat desktop tidak responsif, karena masalah kompatibilitas antara driver dan Tuesday Patch Mei 2022.

Seorang pengguna yang mengalami kesalahan Blue Screen of Death menggambarkan masalah mereka di forum Microsoft Answers dan Reddit, dengan satu pengguna menyatakan “sejak memperbarui ke build ini, mendapatkan BSOD 10-15 menit saat memainkan Hitman 3. Layar biru ditampilkan secara harfiah 1 detik, jadi saya bahkan tidak bisa melihat kesalahan apa yang ditampilkan”.

Pengguna lain menambahkan bahwa mereka mengalami kesalahan Layar Biru dengan kode kesalahan yang tidak jelas seperti “APC_INDEX_MISMATCH” pada mesin primer dan sekunder mereka, termasuk mesin virtual.

Sementara Microsoft belum mengakui laporan kesalahan Blue Screen of Death yang mengenai mesin Windows 11, Sophos mengkonfirmasi bahwa update dapat membuat perangkat tidak dapat di-boot.

“Pelanggan di Windows 11 yang menjalankan Sophos Home mungkin mengalami kesalahan BSOD/Stop setelah menginstal Pembaruan Windows KB5013943 dan memulai ulang mesin mereka,” kata Sophos dalam dokumen dukungan mereka.

“Gejalanya melibatkan tidak dapat masuk ke desktop setelah me-restart komputer/mematikan menyalakannya kembali setelah instalasi Windows Update KB5013943. Ini termasuk pesan Stop Error Index Mismatch (Blue Screen),” perusahaan keamanan mencatat.

Untuk memperbaiki kesalahan BSOD, Sophos merekomendasikan untuk menghapus update dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pause updates selama 7 hari.
  • Buka Control Panel.
  • Klik Programs And Features.
  • Klik View installed updates
  • Lalu cari update KB5013943 and uninstall.

Dalam pembaruan lain untuk dokumen dukungan, Sophos mengonfirmasi bahwa mereka telah merilis pembaruan mereka sendiri untuk meminimalkan dampak Blue Screen of Death.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait