Home » Samsung Siap Hadirkan Kapasitas RAM Jauh Lebih Besar Lewat Teknologi CXL

Samsung Siap Hadirkan Kapasitas RAM Jauh Lebih Besar Lewat Teknologi CXL

Samsung kembali memberikan kejutan besar dengan meluncurkan versi baru DRAM Compute Express Link (CXL). Intinya, teknologi tersebut dapat mengaktifkan kapasitas memori yang lebih tinggi dengan latensi rendah dalam sistem TI.

CXL DRAM Samsung yang baru dibuat dengan pengontrol ASIC CXL dan merupakan perangkat pertama dari jenisnya yang dikemas dalam DRAM DDR5 512GB dengan kapasitas memori empat kali lipat dan latensi sistem seperlima jika dibandingkan dengan prototipenya.

Baca juga : Tren Harga VGA Bakal Terus Positif, Co-CEO ASUS Perkuat Asumsi Tersebut

Prototipe CXL DRAM pada dasarnya sudah diperkenalkan di industri dengan pengontrol FPGA pada Mei tahun lalu, dimana Samsung telah bekerja sama dengan pusat data, server perusahaan, dan perusahaan chipset untuk membuat perangkat CXL yang ditingkatkan dan dapat disesuaikan.

VP penjualan dan pemasaran global memori di Samsung Electronics serta direktur Konsorsium CXL, Cheolmin Park memberikan wawasan lebih lanjut tentang manfaat CXL DRAM.

“CXL DRAM akan menjadi titik balik penting untuk struktur komputasi masa depan dengan secara substansial memajukan kecerdasan buatan (AI) dan layanan data besar, karena kami secara agresif memperluas penggunaannya dalam arsitektur memori generasi berikutnya termasuk memori yang ditentukan perangkat lunak (SDM). Samsung akan terus berkolaborasi di seluruh industri untuk mengembangkan dan menstandardisasi solusi memori CXL, sambil mendorong ekosistem yang semakin solid.”

Samsung Siap Hadirkan Kapasitas RAM Jauh Lebih Besar

Jadi, seiring pertumbuhan metaverse, AI, dan data besar yang bisa menyebabkan peningkatan besar-besaran dalam jumlah data yang dihasilkan, desain DDR konvensional membatasi penskalaan kapasitas memori di luar rentang puluhan terabyte . Inilah mengapa, Samsung dan anggota lain dari Konsorsium CXL bekerja untuk mengembangkan interface memori yang sama sekali baru.

Karena kumpulan besar memori dibagi antara CXL dan memori utama, kapasitas memori server dapat diperluas hingga puluhan terabyte sambil juga meningkatkan bandwidthnya menjadi beberapa terabyte per detik.

DRAM CXL 512GB Samsung yang baru akan menjadi perangkat memori pertama yang mendukung antarmuka PCIe 5.0. Perangkat ini juga akan hadir dalam faktor bentuk EDSFF (E3.S) yang membuatnya sangat cocok untuk server perusahaan dan pusat data berkapasitas tinggi generasi berikutnya.

Pada saat yang sama, perusahaan berencana untuk mengungkap versi terbaru dari Scalable Memory Development Kit (SMDK) open-source untuk memungkinkan expander memori CXL bekerja dengan mulus dalam sistem memori heterogen sehingga pengembang dapat memasukkan memori CXL ke dalam sistem TI mereka yang berjalan. AI, data besar, dan aplikasi cloud.

Ke depan, Samsung akan mulai mengambil sampel DRAM CXL 512GB dengan pelanggan dan mitra untuk evaluasi dan pengujian bersama pada Q3 tahun ini dengan rencana untuk siap dirilis sebagai produk komersial setelah platform server generasi berikutnya tersedia.

Comments

Artikel Terkait