Cloud Hosting

Shortage Komponen PC Di Tahun 2022 Dikabarkan Akan Sedikit Mereda Ungkap TrendForce

Tahun 2021 bisa dikatakan sebagai salah satu tahun terburuk bagi dunia PC. Penjualan lesu, harga komponen terus meningkat dan banyak konsumen lebih menunggu atau mencari alternatif lain. Namun tahun ini bisa membawa kabar yang positif.

Sejumlah tanda-tanda bahwa pasokan komponen penting akan perlahan membaik dalam beberapa bulan mendatang setidaknya sudah terlihat, yang dapat membantu produsen bisa memenuhi permintaan dari konsumen dan perusahaan, termasuk harapan untuk memiliki harga yang normal tentunya.

Baca juga : SONY Dikabarkan Masih Terus Genjot Produksi PS4 Untuk Atasi Shortage PS5

TrendForce bahkan mengungkap sebenarnya kekurangan material untuk PC mulai berkurang pada November 2021, itulah sebabnya produsen laptop seperti Razer tidak segan-segan melengkapi model baru dengan RAM DDR5.

Sejumlah pasokan seperti chip Wi-Fi, pengontrol USB-C, dan PMIC juga perlahan meningkat. Pengiriman smartphone mungkin akan terhambat dalam beberapa bulan mendatang karena pasokan modem 4G yang tidak mencukupi serta IC driver layar sentuh dan layar. Lead time untuk komponen ini adalah antara 20 sampai 40 minggu, sebagian besar karena kapasitas pengecoran terbatas dan produksi silikon berkurang di Cina.

Komponen VGA disisi lain juga sebenernya ada celah untuk mendapatkan kabar positif. Intel bersiap untuk memberikan GPU terbaru, NVIDIA sudah merilis versi upgrade dari GPU lama, dan AMD pun sudah memberikan opsi low-end yang punya potensi performa lebih baik.

Kabar ini semoga bisa membawa harapan bahwa segalanya akan sedikit membaik tahun ini.

Comments

Artikel Terkait