Apa sih WiFi 6 itu, Bedanya Apa Dengan WiFi 6E?

Apa sih WiFi 6 itu, Bedanya Apa Dengan WiFi 6E?

WiFi 6 itu boleh dikatakan sebagai standar baru untuk internet secara nirkabel yang biasa juga kita kenal sebagai 802.11ax. Ini diumumkan pada tahun 2019 lalu, dimana perangkat yang mendukung mulai tersedia pada tahun 2020 atau akhir tahun 2019.

Nah, benefit yang ditawarkan perangkat yang mendukung WiFi 6 tentu saja mampu menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi hingga 9.6 Gbps, hampir 3 kali lipat dari apa yang bisa dicapai WiFi 5 (3.5 Gbps).

Baca juga : Worth It Enggak Sih? ASUS ROG STRIX Z690-E GAMING WIFI Review

Selain menawarkan kecepatan tinggi, WiFi 6 juga punya benefit lain, seperti peningkatan kapasitas, jangkauan atau bahkan latensi yang lebih rendah dan efisiensi terbaik. Hadirnya teknologi seperti orthogonal frequency-division multiple access (OFDMA) tentu jadi salah satu alasannya.  Jadi, WiFi 6 bakal menyempurnakan implementasi 5G, IoT, dan smarthouse atau city di masa depan.

 

WiFi 6E

Keuntungan Terbesar Wi-Fi 6 :

  • Transfer data dan kapasitas data yang lebih besar
  • Efisiensi yang lebih positif, bahkan perangkat yang mendukungnya pun bisa punya masa pakai baterai lebih lama.
  • Sinyal Wireless dapat dipecah jadi lebih banyak subchannel, mengurangi masalah bottleneck di tempat-tempat yang seringkali dipakai banyak orang.
  • Lebih sedikit gangguan dengan perangkat lain,
  • Waktu delay yang lebih pendek.
  • Kualitas koneksi yang bisa lebih baik
  • Roaming mobile juga lebih mulus.
  • Siap untuk dukungan aplikasi tingkat lanjut seperti video 4K atau 8K.

Trus, Bedanya Apa Sama WiFi 6E?

Nah, pada tahun 2020 hadir pula standar lanjutan untuk WiFi 6, yaitu WiFi 6E.  Pada dasarnya, Wi-Fi 6E memungkinkan kecepatan yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah daripada Wi-Fi 6. Bahkan dukung lebih banyak saluran dan memungkinkan penggunaan pita 6GHz (dukungan hingga 14 saluran 80MHz tambahan, dan tambahan tujuh saluran 160MHz) bisa tersedia untuk router dan perangkat pintar. Itu berarti lebih sedikit gangguan sinyal.

Contoh, ketika WiFi 6 menawarkan spektrum nirkabel yang hanya mencakup pita 2.4GHz dan 5GHz. Melalui WiFi 6E, di pita 2,4 GHz pengguna bisa memiliki 3 saluran yang tidak tumpang tindih. Sehingga, penggunaan bersama bandwith internet dalam satu rumah misal yangg dilakukan oleh teman atau anggota keluarga tidak akan benar-benar terganggu.

Dan tidak hanya itu saja, penggunaan WiFi 6E bakal mengurangi latensi yang lebih rendah (kurang dari satu milidetik). Benefitnya bakal kerasa misal saat main game online, panggilan video, atau sesi komputasi virtual di mana Anda memerlukan respons instan terhadap perintah keyboard, suara, atau klik mouse.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com