Keuntungan Ganti HDD ke SSD Untuk Laptop Kesayangan Kamu

Komputer yang sudah berumur sudah pasti menurun performanya, jauh berbeda dibandingkan awal-awal saat kamu baru membelinya. Selain langsung menggantinya dengan laptop baru, banyak orang yang melakukan upgrade dengan memodifikasi laptop mereka sendiri.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan SSD (Solid State Drive) pada laptop atau computer. Dengan mengganti HDD (Hard Disk Drive) dengan SSD, Anda akan melihat perbedaan yang drastis dari segi performa perangkat Anda. Tidak hanya untuk perangkat lama saja, Anda juga bisa mengganti HDD ke SSD untuk perangkat baru.

Baca juga : Begini Cara Berlangganan Netflix Dan Biaya Perbulannya

Apa itu HDD?

Ganti HDD ke SSD laptop

Source: https://www.pexels.com/photo/silver-hard-drive-interals-33278/

HDD adalah tempat penyimpanan permanen yang ada dalam laptop atau komputer Anda. Jika dibuka, mesin HDD terlihat seperti pemutar kaset mini yang akan terus bergerak dan berputar untuk membaca data yang tersimpan.

Apa itu SSD?

Ganti HDD ke SSD laptop

Source: https://www.kingston.com/spain/id/ssd/a400-solid-state-drive

Sementara SSD adalah sebuah medium penyimpanan yang menggunakan memori flash untuk menyimpan dan mengakses data. Berbeda dengan HDD, SSD tidak memiliki elemen bergerak dalam mesinnya yang membuat SSD lebih tahan lama dibandingkan HDD.

Keuntungan Mengganti HDD dengan SSD

Lebih tahan banting

HDD lebih rentan dari kerusakan karena berpengaruh pada performa laptop jika dibandingkan dengan SSD. Hal ini karena adanya bagian HDD yang terus bergerak saat bekerja. Oleh karena itu, laptop akan cepat menurun daya kerjanya saat terbentur atau jatuh.

Performa meningkat

SSD bekerja ratusan kali lebih ngebut dibandingkan HDD dengan waktu yang juga lebih cepat untuk melakukan transfer data. Hal ini menjadi kelebihan yang banyak dicari karena dapat membantu Anda mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

Tahan panas

Panas jadi salah satu faktor penyebab HDD cepat rusak. Hal ini karena perputaran disk secara terus menerus akan menghasilkan panas yang dapat merusak bagian HDD. Di lain sisi, SSD memiliki mesin dengan posisi yang tidak berubah, sehingga memungkinkan untuk mempertahankan suhu yang tidak panas, tetapi performa yang lebih cepat.

Tidak bersuara

Tanpa adanya disk yang berputar, SSD tidak mengeluarkan suara apapun saat bekerja. Dibandingkan dengan HDD, SSD dapat membantu Anda untuk bisa lebih fokus dalam melakukan pekerjaan Anda tanpa adanya getaran yang bisa memecah konsentrasi.

Lebih ringan

Bentuk dan desain SSD jauh lebih kompak dan lebih kecil dibandingkan HDD yang memiliki kepala magnetik dan wadah perputaran disk. Berbeda dengan HDD, terdapat berbagai macam pilihan ukuran SSD yang bisa Anda sesuaikan dengan komputer atau laptop yang ingin Anda upgrade.

Hemat energi

HDD ternyata memerlukan energi yang cukup besar untuk memastikan disk berputar dan bekerja dengan baik. Alhasil, daya baterai laptop Anda tidak bisa bertahan dengan lama. SSD di sisi lain, tidak memerlukan energi tambahan untuk menggerakkan bagian mesin. Hal ini dapat menjadi keuntungan bagi Anda yang suka bepergian atau bekerja di luar kantor.

Kualitas tinggi

Banyak yang sempat mengeluhkan harga SSD yang mahal, tetapi harga mencerminkan kualitas. Dengan mengeluarkan biaya sedikit lebih untuk membeli SSD, Anda tidak perlu khawatir tentang performanya. Perangkat lama akan terkesan seperti baru hanya dengan mengganti satu elemen saja.

Comments

Related Posts