Apple M1 Max Jadi Yang Tercepat Di Affinity GPU benchmark, Kalahkan Radeon Pro W6900X

Apple berhasil membawa revolusi bagaimana kinerja powerful itu enggak selalu berkaitan dengan konsumsi daya yang tinggi. Betapa tidak, Chipset M1 Pro dan M1 Max hemat daya yang tersemat di MacBook Pro ternyata bisa memberikan kinerja produktivitas yang bahkan bisa bersaing dengan hardware high-end.

Baca juga : 5 Rekomendasi M.2 NVMe SSD Terbaik, Antara Performa Dan Stabilitas

Sebagai contoh, M1 Max berhasil memberikan performa sangat positif pada Adobe Premiere Pro, di mana chipset ini mencetak skor lebih tinggi dibanding CPU Intel generasi ke-11 yang dipasangkan dengan laptop yang membawa GPU RTX 3000. Ini bukan prestasi yang sembarangan, terutama karena Chipset tersebut melakukannya dengan konsumsi daya yang jauh lebih rendah.

Apple-M1-Max-1
Pengembang Lead Affinity Photo Andy Somerfield kemudian membuat serangkaian tes melihat bagaimana kinerja GPU-nya melalui Affinity Photo dan Affinity Designer. Software ini dikatakan membutuhkan GPU yang memiliki kinerja komputasi tinggi, bandwidth on-chip yang cepat, dan transfer on dan off chip yang cepat.

Apple-M1-Max-2

Ketika GPU tercepat yang sebelumnya diuji oleh tim Affinity adalah AMD Radeon Pro W6900X, yang juga dijual oleh Apple sebagai modul MPX untuk Mac Pro, kehadiran M1 Max mampu mengunggulinya di setiap tes Affinity, meskipun hanya memiliki bandwidth memori 400 GB/s yang digunakan bersama dengan CPU, Neural Engine, dan Media Engine. Sebagai perbandingan, Radeon Pro W6900X memiliki 32 gigabyte GDDR6 yang dapat memberikan bandwidth memori hingga 512 GB/s.

Satu-satunya hasil di mana Radeon Pro W6900X mendekati M1 Max adalah tes Raster (Single GPU) di mana ia mengelola skor 32.580 poin, sedangkan chipset Apple merentangkannya menjadi 32.891 poin. Perlu juga dicatat bahwa kartu AMD dapat menarik daya hingga 300 watt, sedangkan M1 Max bisa menarik daya jauh lebih sedikit di semua skenario.

Hingga pada simpulan awal, silikon terbaru Apple tampaknya sangat mempertimbangkan kinerja yang powerful untuk pekerjaan dengan beban yang menuntut.  Meskipun kalo gaming sih bukanlah yang terbaik. Seperti diungkap Techspot, M1 Pro dan M1 Max masih sedikit kalah dengan NVIDIA GeForce RTX 3060 laptop dan mudah dilampaui laptop dengan GPU RTX 3080 atau AMD Radeon 6800M. Tentu saja, Apple MacBook Pro bukanlah platform yang cocok untuk para gamer.

Comments

Related Posts