ASUS PRO Mini PC PN62 Series Review : Apa Yang Kami tahu Sejauh Ini

Membangun PC itu bisa ribet. Jadi, hadirnya PC Built up bisa jadi solusi pastinya. Nah, ada banyak opsi buat urusan PC Built up, dan ketika kalian butuh opsi unik, enggak butuh ruang extra dan enggak ribet, ASUS PRO Mini PC PN62 tentu bisa banget buat dipertimbangkan.

Mau tau lebih? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Update Harga VGA Desktop Entry Level (Oktober 2021)

ASUS PRO Mini PC PN62 Series Review : Apa Yang Kami tahu Sejauh Ini

Bentuknya kecil banget dengan panjang dan lebar sama-sama punya ukuran sekitar 15cm, dan depth sekitar 4.9cm. Seukuran tangan lah kalo saya bilang, dan beratnya sangat ringan cuma sekitar 700 gram.

ASUS PRO Mini PC PN62

Estetika biasa, cuma ukuran mini yang hadir bisa jadi perhatian. Bayangin, dalam sebuah kotak kecil ini punya performa yang sebenernya ok banget buat kegiatan kasual yang enggak terlalu demanding. Disisi lain, Mini PC PN62 pastinya enggak butuh ruang extra dan bisa dibawa kemana-mana.

ASUS PRO Mini PC PN62

Btw, kalian enggak usah beli perangkat tambahan saat beli Mini PC ini. Karena paket yang hadir di dus udah lengkap, termasuk bonus Keyboard, mouse termasuk vesa wall mount.

Konektivitas

Nah, konektivitas yang ditawarin Mini PC ini lengkap, malah cukup mumpuni. Dibagian back panel, ada sebuah port HDMI, dua port USB 3.1 Gen1, Port VGA, port USB Type C Gen 3.1, LAN dan power DC-in buat colokan daya.

ASUS PRO Mini PC PN62

Kalo front panel, ada sebuah port USB Type C 3.1 Gen 2 termasuk dukung quick charge, sebuah port USB 3.1 Gen 1, Card reader, port Audio dan sensor infrared.

ASUS PRO Mini PC PN62

Nah, networking nirkabel juga ada, dimana Mini PC ini udah dukung WiFi 6 dan Bluetooth 5.0. Jadi, lengkap banget deh dan pasti benefitnya bakal kerasa.

Spesifikasi Inti

Spesifikasi Inti ASUS PRO Mini PC PN62 Core i3 10th Gen
Operating System Windows 10 Home
CPU Intel® Core™ i3-10110U Processor, 2.1GHz (4M Cache, up to 4.1 GHz)
Integrated Graphics Integrated – Intel HD Graphics
Memory 4GB DDR4 memory
Storage 2,5″ SATA HDD 500 GB
Networking LAN, Wi-Fi 6 + BT5.0(2*2)
Audio Realtek® ALC3236-VB2 HD Audio CODEC
Side(Front) I/O Ports 1 x USB 3.1 Gen2 Type-C(w/ quick charge), 1 x USB3.1 Gen1 Type-A, 1x 4-in-1 Card Reader,
 1 x Consumer Infrared Sensor, 2 x Microphone Array, 1x Audio Jack(optional), 1 x K-Lock(side)
Back I/O Ports 1 x HDMI, 1 x USB 3.1 Gen1 Type-C(w/ DP output), 1 x Configurable Port (option: VGA/COM/DP/LAN/TBT3),
 2 x USB 3.1 Gen1 Type-A, 1 x RJ45 LAN, 1 x DC-in
Power Supply 19Vdc, 3.42A, 65W Power Adapter
Dimensions (W x D x H) 115 x 115 x 49 mm
115 x 115 x 49 mm (Barebone)
Weight 700g (include 2.5″ HDD)
Harga (Mulai dari) Rp6.800.000

ASUS sendiri memberikan beberapa pilihan konfigurasi, cuma sampel yang kami dapatkan memakai prosesor Intel Core i3 10110U Generasi ke-10. Kalo liat dari harga buat spek ini ada di kisaran 6.8 jutaan. Cukup masuk akal, apalagi kalian udah dapet spek Core i3 10th gen, RAM 4GB DDR4 2666Mhz, HDD 500GB, dan Windows 10 Home Edition. Disisi lain, bonusnya cukup banyak. Jadi worth lah pada harga segini.

ASUS PRO Mini PC PN62

Btw, grafis mini PC ini pake Intel UHD bawaan prosesor. So, kalian enggak bisa ngelakuin banyak hal yang menuntut. Cuma terbatas buat pemakaian kasual aja, seperti browsing, ngetik dan sebagainya. Game masih mungkin, tp sebatas game ringan aja. Apalagi iGPU butuh RAM sistem buat dongkrak kinerja, disisi lain kapasitas memori terbatas. Disisi lain, CPU juga enggak terlalu powerful, terlebih cuma punya fitur dual core.

Kemudian muncul pertanyaan lain, bisa enggak PC ini diupgrade. Misal kalian pengen nambah RAM sama storage? Bisa banget. Intinya sih Mini PC ini punya ruang upgrade yang baik. Buat bongkar case pun enggak sulit. Tinggal buka baut di bawah, lalu geser panelnya ke depan.

ASUS PRO Mini PC PN62

Bagian internal, ada dua slot RAM yang tersedia, satu udah terisi. Jadi, kalian bisa tambah RAM jika dirasa kapasitas 4GB masih kurang. Kalo storage, kalian bisa pasang M.2 SSD disini atau Intel Optane Memory.

Trus, apa bisa dukung M.2 NVMe SSD? Kami sendiri kurang tau pasti, tapi kalo liat dari dukungan Intel Optane, ada indikasi itu bisa juga. Cuma pastiin hal tersebut ke toko atau ASUS langsung saat akan membelinya.

Gimana Dengan Performa?

Minus terbesar MiniPC ini ada di storage. Tipe HDD MiniPC ini malah enggak nyaman banget, bahkan HDD-nya terburuk dari yang pernah kami coba. Bayangin, buat buka aplikasi atau browser aja butuh banyak waktu yang lama banget. Keselnya minta ampun bang. Buat main game kayak DOTA harusnya bisa, tp PC engak bisa nahan karena HDD bottleneck.

Jadi, PC ini enggak bakal punya potensi yang sangat baik. Padahal, performa HDD enggak segini amat. Lambat iyes, tapi nunggunya itu loh keterlaluan bingit. Kita rasa sampel yang dikirim ASUS kayaknya HDD agak bermasalah, karena udah sering dipake. Dari Dus nya aja udah keliatan tuh bro.

Nah, ada indikasi kalo kalian beli Mini PC ini, berarti wajib diupgrade storagenya ke SSD, bisa pake M.2 SSD atau ganti sepenuhnya HDD ke SSD 2.5”. Satu masalah pasti udah kelar, dan ada jaminan sistem bakal punya kinerja lebih baik.

ASUS PRO Mini PC PN62

RAM juga kayaknya wajib upgrade, biar performa grafis juga bakal lebih positif. Dukungan dual channel pasti ngaruh.

ASUS PRO Mini PC PN62

Suhu disisi lain juga agak bermasalah, malah cukup berisik saat sedang kerja. Idle bisa nyampe 55° Celsius, kalo kerja dengan beban penuh bisa nyampe suhu diatas 80° Celsius. Sebenernya masih dalam itungan aman. Saran kita sih bisa pake cooling tambahan, kayak cooling pad misalnya, atau kasi jarak di bawah supaya ada ruang buat udara.

Kesimpulan

Kinerja HDD Mini PC ini tentu jadi masalah serius. Kinerja PC jadi terbatas banget. Malah buat pekerjaan ringan pun jadi kendala. Kayak buka browsing atau word, susahnya minta ampun. Butuh waktu extra, dan pasti itu ngeselin banget.

Entah karena sampel yang kami dapetin HDD-nya udah bermasalah, atau bisa jadi produk baru juga punya kasus yang sama. Well, kami harap itu cuma ada disampel ini aja. Saran terbaik kami, mending upgrade ke SSD. Atau jika ada opsi, mending pilih yang udah ada SSD-nya.

Tapi sebenernya Mini PC PN62 ini punya potensi kinerja yang sangat baik, ketika melihat dari spek dan konektivitas yang sangat lengkap. Dukungan mobilitas juga positif dengan ukuran yang kecil dan enggak ribet. Jadi, bisa dibawa kemana-mana tanpa kendala. Bonus pun banyak, termasuk keyboard dan mouse. Disisi lain, ruang upgrade Mini PC ini juga sangat baik, mudah dibongkar juga.

Overall, rekomendasi tetep ada. Cuma catetan penting kami, sebaiknya upgrade storage ke SSD, RAM juga bisa ditambah.

Jadi, itu dia ulasan singkat tentang ASUS Pro Mini PC PN62 series. Enggak semua sih kami ungkap. Cuma yang pasti, semoga bermanfaat!

Comments

Related Posts