AMD Konfirmasi Ryzen Zen 4 & GPU RDNA 3 Di Tahun 2022, Soket AM5 Siap Menanti?

Akan ada perubahan besar di tahun 2022 mendatang bagi AMD. Kehadiran CPU Ryzen Zen 4 maupun GPU RDNA 3 bisa membawa tema besar bagi konsumen PC dengan opsi performa jauh lebih menarik.

Baca juga : Motherboard AMD Chipset A520 vs A320 : Benefit & Minusnya

Meskipun masih ada sejumlah pertanyaan mengenai peluncuran yang bisa saja tertunda gara-gara kekurangan chip global yang saat ini masih melanda, namun CEO Dr. Lisa Su mengkonfirmasi kalau AMD sudah siap untuk mengantisipasinya.  

“Kami tetap berada di jalur yang tepat untuk meluncurkan produk generasi berikutnya pada tahun 2022, termasuk prosesor Zen 4 kami yang dibangun dengan teknologi proses 5nm terdepan di industri dan GPU RDNA 3 kami.” Ungkap Dr. Lisa Su selama panggilan investor Q2 2021.

Meskipun belum diungkap kepastian tanggal maupun barisan CPU yang akan hadir, namun sejumlah bocoran sudah tiba duluan. Sebagai contoh, prosesor terbaru ini akan hadir sebagai opsi Ryzen 6000 series dengan nama kode Raphael.

Spesifikasi inti menyebutkan ini akan datang dengan maksimum 16 core daripada yang diperkirakan sebelumnya 24. Meskipun masih spekulasi, namun CPU Raphael akan dibangun di atas proses fabrikasi 5nm TSMC, menampilkan soket AM5 yang beralih dari desain pin grid array (PGA) ke desain land grid array (LGA) yang bisa kita lihat pada prosesor Intel

Disisi lain, ada isyarat kalau CPU Cooler soket AMD4 masih bisa kompatible dengan soket AM5 yang akan datang. Atau bisa saja ada bracket tersendiri bagi pengguna untuk memudahkan hal tersebut. Zen 4 juga dikatakan menawarkan 25% keuntungan IPC dibandingkan Zen 3, kecepatan clock sekitar 5 GHz, dan siap untuk DDR5 maupun PCIe 5.0.

Buat urusan kartu grafis, RDNA 3 juga diharapkan menggunakan proses 5nm TSMC dan menawarkan peningkatan kinerja per watt hingga 50% dibanding RDNA 2. GPU unggulan Navi 31 dikabarkan memiliki lebih dari 15.000 core.

Comments

Related Posts