T-Force Delta Max SSD White Edition Review : SSD Paling Ganteng Yang Pernah Kami Coba!

T-Force Delta Max SSD White Edition dari TEAMGROUP kita rasa bisa jadi pilihan istimewa buat pengguna yang menginginkan storage kenceng dan estetika terbaik. Betapa tidak, SSD ini punya desain yang menawan, bahkan RGB lighting yang ditawarin sangat mempesona.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : T-FORCE XTREEM ARGB White Edition Review : Lebih Istimewa, Lebih Powerful

T-Force Delta Max SSD White Edition Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Dirilis awal januari 2021, SSD ini dobrak harapan baru buat user yang menginginkan tampilan PC jauh lebih menarik. Betapa tidak, desain all-white yang hadir terasa lebih istimewa dibanding standar SSD yang udah pernah kami coba sebelumnya, bahkan jauh lebih menawan dibanding Delta Max SSD lama.

Delta Max SSD

Kualitas yang hadir, termasuk finishing desain rapi banget, enggak ada celah cacat sekalipun. Bahkan tanpa kehadiran RGB, estetika masih terasa superior. Nilai premiumnya itu keliatan banget dan berharga buat user yang menginginkan storage enggak cuma kenceng, tapi punya aura positif dari desain.

Tapi, harga enggak datang dengan murah, dimana kalian perlu ngeluarin budget cukup mahal. Sayangnya, kami enggak terlalu pasti nilai harga SRP di Indo dan kayaknya SSD ini belum banyak tersedia.

Nah, SSD ini bawa berat sekitar 78 gram dengan dimensi panjang sekitar 10 cm dan lebar sekitar 7 cm. SSD ini hanya memiliki varian kapasitas 1TB.  Enggak ada pilihan lain dan sebenernya cukup disayangin juga sih. Buat user yang butuh storage besar mungkin pilihan ini udah mencukupi, tapi buat mereka yang terbatas dengan budget dan pengen kapasitas enggak terlalu besar, SSD ini enggak nawarin banyak pilihan. Jadi, pilihan yang ditawarin terbatas dan budget buat 1TB bisa cukup mahal buat kebanyakan user.

Perlu dicatet juga sih, kalo SSD ini lebih ideal buat casing dengan slot SSD yang enggak tertutup. Tentu aja, biar biar keliatan show off nya, entah desain atau RGB. Kalo ketutup atau masang casing di belakang mobo kan engga jadi keliatan.

Delta Max SSD

Ngatur RGB lighting juga cukup mudah, bahkan dukung software populer bawaan mobo kayak ASUS Aura Sync, termasuk RGB Fusion maupun MSI Mystic Light Sync. Tapi kalian perlu nyolok kabel extra selain kabel sata buat power maupun data. SSD itu sendiri udah memiliki dua opsi kabel buat RGB, yaitu kabel 5V ARGB 3 pin dan kabel USB 9 Pin. Hati-hati aja saat masang kabel RGB, karena kalo ada kesalahan, garansi bakal enggak berlaku.

Buat garansi, Delta Max SSD White Edition punya garansi terbatas sekitar 3 tahun. Kalian juga perlu tau distributor utamanya, supaya pas klaim garansi bisa mudah buat dilakukan. Nah, TEAMGROUP sendiri punya 3 distributor utama di Indo, antara PT. Foxhound Teknologi Nusantara, PT OMEGAINDO SEJAHTERA ABADI dan PT. Digital Asia.

Spesifikasi Delta Max White RGB SSD

  • Interface : SATA III 6Gb/s
  • Capacity : 1TB
  • Voltage : DC +5V
  • Operation Temperature : 0°C ~ 70°C
  • Weight : 78g
  • Dimensions : 100(L) x 69.85(W) x 9.5(H)mm
  • Operating System : Windows 10 / 8.1 / 8 / 7, MAC OS 10.4 or later, Linux 2.6.33 or later
  • MTBF : 1,000,000 hours
  • Terabyte Written : 1TB / >800TB [5]
  • Warranty : 3-year limited warranty

Overall, SSD ini bawa interface SATA III 6GB/s dan punya label MTBF hingga 1 juta jam. Itu pasti bisa berharga buat penggunaan intensif, apalagi SSD ini diklaim punya masa pakai TBW nyampe 800TB buat kapasitas 1TB.

Maksud TBW sebenernya apa sih? TBW itu singkatan dari Terabytes Written. Artinya ini boleh dibilang sebagai jumlah total terabyte data yang dapat ditulis SSD selama masa pakainya. Semakin besar TBW, pemakaian bisa semakin lama. Setidaknya ada hal positif buat urusan TBW pada Delta Max SSD White Edition ini.

SSD punya tipe TLC dengan chipset NAND Flash Samsung 64L. SSD TLC mengemas lebih banyak kapasitas dibanding SSD SLC atau MLC ke dalam paket yang kecil. Itu tentu ada banyak benefit, seperti harga yang lebih terjangkau. Tapi, terkadang SSD TLC punya ketahanan lebih kurang dibanding SLC atau MLC.

Dukungan Smart optimization juga hadir lewat teknologi Wear-Leveling. Fitur ini dukung optimasi Windows TRIM. Itu berarti bisa percepat kinerja read dan write, secara efektif juga bakal perpanjang masa pakai.

Performa

Gimana dengan performa? Overall sih SSD ini terhitung baik buat transfer data dengan read bisa nyampe diatas 500 MB/s. Tapi buat write speed, kayaknya agak kurang. Bahkan kita rasa kinerja write lebih baik Delta Max lama dibanding seri terbaru ini.

Contoh, pada CrystalDiskMark 8, SSD ini nawarin sequential read speed dan write speed masing-masing nyampe 551 dan 473 MB/s. Kinerja read sih masih ok banget, tapi write speed agak kurang. Bahkan dibanding Vulcan G atau EX2, keduanya lebih baik dibanding Delta Max White ini.

Delta Max SSD

Hal yang sama berlaku juga pada tes AS SSD Benchmark dengan kinerja read maupun write speed nyampe 519 dan 443 MB/s masing-masing. Sekali lagi, kinerja read masih positif, namun write dirasa agak kurang dibanding beberapa SSD TEAMGROUP yang udah pernah kita coba. Meskipun, kinerja nyata bisa beda sih.

Skor AS SSD juga setidaknya bisa jadi referensi overall performa storage. Dan Delta Max White ini punya skor ke empat diantara 6 SSD 2.5” yang kami coba secara bersamaan dengan hasil 792.

Buat urusan gaming, loading bisa cukup cepat ketika kalian make SSD ini dengan average nyampe 3.42 detik. Tapi masih dibawah Delta Max lama sih yang jadi pilihan paling terbaik nyampe sekarang versi kami.

Gimana dengan suhu? Sayangnya, SSD ini enggak punya indikator suhu. Ini jadi beberapa produk dari TEAMGROUP yang enggak bawa sensor suhu. Belum tau alasan apa produsen enggak ngasi fitur ini, tapi agak disayangkan juga sih. Padahal, suhu bisa cukup penting buat kebanyakan user.

Kesimpulan

T-Force Delta Max SSD White Edition dengan kapasitas 1TB kita rasa punya banyak hal seru. Dan hal terbaiknya itu ada di sisi estetika. Desain all-white yang menawan jadi alasannya. Bahkan, SSD ini jadi salah satu yang terbaik buat urusan estetika. Dukungan RGB juga jadi fitur istimewa lainnya, meskipun ini relatif sih.

Buat urusan kinerja mungkin enggak terlalu menonjol, khususnya buat write speed. SSD ini masih belum bisa nawarin performa superior, bahkan masih dibawah Delta Max lama. Tapi masih positif, dan hal terbaiknya SSD ini stabil saat sedang bekerja penuh.

Buat harga, kita sendiri belum tau pasti harga SRP di Indo. Tapi harga pasti cukup mahal bisa nyampe diatas 1.5 jutaan. Kapasitas juga terbatas, dimana SSD ini Cuma nawarin varian 1TB. Buat user yang butuh kapasitas bersar, seri ini tentu bisa banget buat dipertimbangin. Tapi buat user yang pengen kapasitas kecil, enggak ada opsi pada SSD ini.

Jadi, itu dia ulasan singkat tentang T-Force Delta Max SSD White Edition dari TEAMGROUP. Enggak semua sih kita ungkap, Cuma yang pasti, semoga bermanfaat ya!

Comments

Related Posts