Rakit PC vs Pre-Build PC : Benefit & Minusnya

Ada banyak alasan positif ketika kalian merakit PC sendiri secara DIY (Do it Yourself). Tapi, ada juga alasan mengapa membangun PC bisa enggak terlalu ideal untuk pergi. Misal, membeli langsung PC yang udah jadi bisa sangat baik dibanding ngerakit PC sendiri.  

Jadi katakanlah kalian masih bingung dalam memutuskan, apakah membangun PC bisa ideal atau tidak. Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : AMD Virtual Super Resolution : Hal Yang Perlu Kalian Ketahui & Cara Mengaktifkannya

Rakit PC vs Pre-Build PC : Benefit & Minusnya

A. Rakit PC (DIY)

Rakit PC vs Pre-Build PC

Nah, banyak benefit besar saat kalian membangun PC sendiri, bahkan ada banyak keseruan maupun manfaat besar mulai dari proses membeli komponen, merakit atau bahkan ketika hasilnya sudah jadi.

Beberapa benefit tersebut adalah :

  1. Bisa hemat Anggaran. Misalnya, kalian bisa mendapatkan komponen high-end pada harga yang lebih pas. Atau juga menyesuaikan komponen sesuai dengan budget yang dimiliki.
  2. Bebas memilih Komponen. Merakit PC sendiri itu memiliki arti juga kalau kalian bisa bebas memilih komponen sesuai dengan keinginan, budget atau bahkan enggak terbatas pada kompabilitas atau merk tertentu.
  3. Bebas Upgrade. Terkadang, dibanding Pre-build PC, memiliki PC hasil DIY juga memberikan kebebasan buat pengguna untuk upgrade komponen. Apalagi di masa depan. Misal, Kalian bisa mudah membongkar case tanpa khawatir dengan segel, mengganti komponen lama dengan pilihan yang baru.
  4. Bebas pilih Sistem Operasi. Rakit PC itu ibarat kalian menentukan arah mana yang bakal kalian jalani, termasuk sistem operasi. Bisa pake OS lama, atau pilihan yang terbaru.
  5. Bakal Dapet Banyak ilmu Secara Praktis. Ada istilah kalau ilmu itu bisa didapat saat menjalaninya secara praktis. Nah, proses merakit tentu jadi salah satu untuk memiliki banyak pengetahuan extra untuk mengerti PC secara utuh.
  6. Bisa Dapet Performa Lebih. Katakanlah kalian punya budget terbatas, namun bisa saja kalian mendapatkan komponen high-end pada harga yang lebih murah. Misal membeli komponen bekas namun masih ok banget dibanding pilihan baru. Itu berarti kinerja bakal lebih maksimal.
  7. Estetika Lebih Menawan. Nilai estetika juga bisa lebih menawan ketika kalian merakit PC sendiri. Terlebih lagi, kalian yang memutuskan komponen maupun peripheralnya.
  8. Ada Kepuasan tersendiri. Terakhir, kita rasa membangun PC hasil dari keringat sendiri akan memberikan kepuasan dibanding membelinya secara instan. Proses panjang bisa membawa kebanggaan bagi pengguna.

Tapi, perlu dicatat, terkadang membangun PC secara DIY ada minusnya juga yang perlu kalian pertimbangkan sebelum memutuskan. Diantaranya adalah :

  1. Butuh Waktu Extra. Merakit PC itu butuh banyak waktu, mulai dari proses pencarian komponen yang pas, nyesuain budget, proses merakit, instalasi dll. Jadi, buat kalian yang enggak terlalu berpengalaman, dan butuh waktu yang cepat, terkadang PC Built up bisa jadi jalan terbaiknya.
  2. Enggak terlalu Ideal Buat Newbie. Buat kalian yang enggak terlalu paham dengan dunia PC, komponen yang melekat maupun kompabilitas, ada resiko kalau membangun PC bisa jadi mimpi buruk terbesar kamu ketika ada kesalahan saat memasang komponen. Jadi, kalian perlu seseorang yang paham untuk mendampingi.

B. Pre-built PC

Pre-built PC itu boleh dibilang sebagai PC yang sudah jadi dan sudah dirakit oleh produsen tertentu atau toko sebelumnya. Ada banyak benefit saat memilikinya, namun minusnya pun banyak. Nah, hal positif saat kalian memiliki PC Pre-built diantaranya :

  1. Hemat Waktu. Dibanding membangun PC sendiri secara DIY, membeli langsung terkadang bisa menghemat banyak waktu. Kalian bahkan enggak perlu hal rumit saat memilikinya, seperti memasang komponen. Asal ada uang, maka PC pun udah ada.
  2. Tinggal Pasang & Mainkan. Selain hemat waktu, kalian juga enggak usah masang atau instal sistem operasi. Kemudahan juga berlaku saat menjalankannya. Tinggal pasang, udah deh enggak usah ini itu lagi.
  3. Banyak Pilihan Ukuran. Terkadang membangun PC mini bisa susah untuk dimiliki. Nah, Pre-built bisa memberikan kemudahan untuk hal tersebut. Itu karena produsen biasanya memiliki banyak varian ukuran, tinggal pilihan aja yang sesuai.
  4. Garansi Utuh. Beberapa produsen tertentu memberikan garansi untuk pre-built PCnya untuk semua komponen. Jadi, jika ada masalah, ada garansi di satu tempat. Enggak usah kemana-mana.
  5. Ideal Untuk Pembelian Skala besar, seperti untuk sekolah, kantor dan sebagainya. Biasanya, itu akan menghemat anggaran juga dan proses yang enggak terlalu ribet.

Beberapa benefit tersebut mungkin setidaknya bisa meyakinkan kalian untuk membeli pre-built PC secara instan. Meskipun, minusnya juga ada sih, Diantaranya :

  1. Pilihan Komponen yang terbatas. Dibanding membangun PC, komponen di pre-built PC sangat terbatas. Kalian enggak bebas memilih komponen didalamnya.
  2. Harga Bisa lebih mahal. Kendala lainnya adalah harga terkadang jauh lebih mahal dibanding saat membangun PC sendiri.
  3. Performa agak Terbatas. Membeli Pre-built PC dengan harga mahal mungkin bisa memberikan performa hebat. Namun, jika harga murah, terkadang kinerja enggak sesuai harapan. Misal, kalian membeli PC built up 5 jutaan. Terkadang, kinerja beda jauh dengan PC 5 jutaan hasil rakit sendiri.
  4. Upgrade Terbatas. Upgrade juga terbatas, garansi bakal hangus jika kalian membongkar PC. Selain itu, produsen tertentu juga memiliki komponen yang berbeda dengan kompabilitas yang sangat terbatas.

Gimana menurut kalian sejauh ini, apa sudah bisa memutuskan mana yang terbaik? Yang pasti sih dari semua hal yang kami ungkap, semoga bermanfaat!

Comments

Related Posts