Berapa Sih Harga NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti Di Indonesia?

NVIDIA baru saja merilis GPU terbaru GeForce RTX 3080 Ti dengan nilai harga MSRP sebesar $ 1.199 atau jika dikonversikan ke kurs rupiah hari ini berada di kisaran 17 jutaan, khususnya untuk edisi Founder. Pertanyaannya, berapa nilai harga sebenarnya ketika sudah tersedia di Indonesia?

Baca juga : Rayakan Ulang Tahun Ke-35, MSI Umumkan GeForce RTX 3090 SUPRIM Anniversary Limited Edition

Beberapa pedagang di marketplace besar seperti Tokopedia sudah mulai menjualnya, khususnya untuk versi OEM. Namun konsumen secara umum tampaknya belum bisa mendapatkan nilai harga yang lebih masuk akal. Itu karena nilai yang hadir masih terlalu mahal untuk dibicarakan, bahkan beberapa diantaranya bisa mencapai harga di atas 39 jutaan.

Harga NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti

Mengapa itu terjadi? Padahal jika dikaitkan dengan dunia mining, seri terbaru ini memiliki kinerja terbatas. Jadi, GPU ini tentu tidak terlalu istimewa buat para miner. Kami rasa harga komponen masih meroket, dan ketersediaan masih terbatas. Harga SRP (suggested retail price ) di Indo ketika pajak dll sudah berlaku kami rasa harusnya berada di kisaran 20 sd 25 jutaan.  

Tapi, apa bisa berharga untuk didapatkan? Untuk urusan harga, mungkin kalian perlu menunggu sampai harga normal kembali. Semoga saja tidak lama lagi. Namun untuk performa, NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti bisa jadi jalan terbaik sebagai penengah antara RTX 3080 maupun RTX 3090, atau hampir seimbang dengan AMD Radeon RX 6900 XT.

Jadi, game apapun yang kalian mainkan dengan resolusi tinggi, GPU ini sanggup memberikan kinerja terbaiknya. Meskipun resikonya menurut Techpowerup adalah kenaikan konsumsi daya yang cukup signifikan, bahkan hampir sama dengan apa yang ditawarkan RTX 3090.

Spesifikasi NVIDIA GEFORCE RTX 3080 Ti
NVIDIA CUDA® Cores 10240
Boost Clock (GHz) 1.67
Base Clock (GHz) 1.37
Standard Memory Config 12 GB GDDR6X
Memory Interface Width 384-bit
Ray Tracing Cores 2nd Generation
Tensor Cores 3rd Generation
Maximum Digital Resolution (1) 7680×4320
Standard Display Connectors HDMI(2), 3x DisplayPort(3)
Multi Monitor 4
HDCP 2.3
Maximum GPU Temperature (in C) 93
Graphics Card Power (W) 350
Required System Power (W) (4) 750
Supplementary Power Connectors 2x PCIe 8-pin
Harga MSRP ($) $ 1199

Kehadiran spesifikasi tinggi tentu jadi alasan mengapa performa GPU ini bisa sangat positif, apalagi perangkat ini paling ideal untuk kinerja gaming 4k rata kanan. CUDA Cores yang besar hingga 10240, clockspeed up to 1.67 Ghz, VRAM 12GB GDDR6X, Lebar memori interface 384-Bit, termasuk dukungan Ray tracing generasi kedua maupun Tensor Cores generasi ke tiga tentu saja jadi sesuatu yang menggiurkan buat gamer modern.

Semua hal tersebut dibalut dalam paket arsitektur Ampere, meskipun kalian butuh PSU 750W yang cukup besar sebagai syarat utamanya melalui 2x 8-pin power.

Hingga pada akhirnya, NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti bisa sangat berharga buat gamer modern yang menginginkan performa tinggi untuk gaming 4k. Hanya saja, harga untuk sementara ini masih belum positif, bahkan masih jauh dari kata MSRP atau setidaknya mendekatinya.

Betapa tidak, nilai 38 jutaan atau bahkan lebih belum bisa dikatakan sebagai nilai yang masuk akal. Padahal, VGA ini punya kinerja sangat terbatas untuk mining cryptocurrency. Kita rasa pengguna yang ingin upgrade VGA lama perlu menunggu waktu yang tepat, kecuali jika mereka enggak bermasalah dengan keuangan.

Comments

Related Posts