Solusi Buat Atasi PC nyala, tapi Enggak ada display

Apa sih yang bakal kalian lakukan jika PC nyala, tapi enggak ada display? Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab masalahnya. Namun buat solusi, kalian bisa coba beberapa langkah yang kami ungkap dibawah ini.

Baca juga : 3 Alasan Utama Mengapa VGA Langka & Harga Meroket

Solusi Buat Atasi PC nyala, tapi Enggak ada display

Hal pertama yang perlu kalian liat adalah cek kode kesalahan yang suka hadir di mobo. Biasanya itu suka hadir pada di mobo mid-range ke atas. Dari situ, kalian bisa googling kode kesalahan yang terkait dan suka ada hubungannya sama hardware tertentu.

Solusi PC Enggak Ada Display

Tapi jika mobo kalian enggak ada fitur ini, atau kurang terlalu ngerti, kalian bisa coba langkah lain. Pertama cek kabel-kabel yang nyambung ke PSU. Mungkin aja ada yang kurang pas, seperti kabel pin power 24 atau bisa jadi kabel pin power ke VGA. Cek juga kabel display dari VGA ke monitor. Bisa jadi kabel monitornya rusak. Cek juga posisi dudukan VGA di slot PCIe, mungkin aja agak kurang pas.

Solusi PC Enggak Ada Display

Jika udah ngecek semua dan masih belum nemuin solusi, langkah selanjutnya adalah cek RAM. Biasanya PC enggak ada display juga ada kaitannya dengan RAM. Coba cabut RAM, lalu pasang kembali di slot yang berbeda. Kalo ada dua pasang memori, pasang satu dulu aja kemudian tes apa masalah enggak ada display bisa teratasi.

Solusi PC Enggak Ada Display

Jika kalian punya memori lain, coba pasang juga. Terkadang, RAM suka jadi penyebab masalah utama PC nyala, tapi Enggak ada display. Kalian perlu memori lain buat mancing supaya bios balik lagi ke pengaturan awal atau masuk ke opsi safe mode.

Masih belum ada solusi? Langkah terakhir adalah hard reset bios. Ada dua cara. Pertama pake jumper, dimana kalian perlu pin jumper lalu colokin beberapa detik di opsi Clear CMOS yang suka ada di mobo. Nah, masukin jumper buat reset bios ada syaratnya, dimana enggak boleh sembarang colok. Kalian perlu liat buku manual bawaan mobo buat mastiinnya. Disisi lain, Posisi clear CMOS agak tersembunyi, jadi kalian perlu liat secara detail, perlu ngebongkar dulu mobonya kalo memungkinkan.

Solusi PC Enggak Ada Display

Cara lainnya adalah cabut batere bios di bagian mobo, atau ganti baterenya dengan opsi terbaru. Tunggu beberapa saat, idealnya satu menit atau 5 menit. Kemudian pasang lagi baterenya. Perlu dicatet, sebelum melakukan semua hal itu, PC dalam keadaan mati dan enggak ada kabel power yang tersambung.

Solusi PC Enggak Ada Display

Nah, itu dia sekilas tutorial kami kali ini buat ngatasi masalah PC yang enggak ada display pas pertama kali nyala. Semoga konten ini bisa bawa solusinya dan PC kalian bisa bener kembali. Enggak semua sih kita ungkap, cuma yang pasti semoga bermanfaat ya!

Comments

Related Posts