be quiet! PURE BASE 500DX : Apa Yang Bisa Kalian Harapkan Sepenuhnya – PC Case Review

Ketika be quiet! Pure Base 500 udah sangat positif untuk sebuah casing mid tower, maka PURE BASE 500DX bakal menyempurnakan apa yang enggak bisa ditawarkan Pure Base 500 standar. Tentu saja, cooling makin dingin lewat airlow yang lebih efektif, termasuk nilai estetika yang lebih berwibawa.

Mau tau lebih? Simak selengkapnya dibawah ini. Btw, kalian juga bisa melihat video reviewnya disini (jangan lupa juga subscribe ya!)

Baca juga : Budget Case vs Branded Case : Minus & Positifnya I Casing PC Review

be quiet! PURE BASE 500DX : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Impresi saat melihat pertama kali casing ini adalah kharismatik, clean dengan finishing yang sangat apik, enggak ada celah cacat sekalipun. Meskipun, nilai estetika sih bisa beda preferensi untuk setiap orang.

be quiet! PURE BASE 500DX

Disisi lain, be quiet! Pure Base 500DX itu sendiri sebenernya masih dalam hitungan kelas kasual untuk sebuah casing pc. Padahal, kalo melihat harga yang ditawarin cukup mahal di kisaran 1.4 jutaan. Beberapa diantaranya bahkan menyentuh nilai hingga 1.5 jutaan.

Pertanyaannya, worth enggak sih buat didapetin? Bisa iya, bisa juga enggak. Untuk itulah, mari kita bongkar lebih dalam tentang case terbaru ini.

Spesifikasi be quiet! Pure Base 500DX Black

  • PSU form factor : ATX PS/2
  • Motherboard compatibility : ATX / M-ATX / Mini-ITX
  • Case size excl. stands (L x W x H), (mm) : 450 x 232 x 443
  • Installation of motherboards with backplate : ✓
  • Case size incl. stands (L x W x H), (mm) : 450 x 232 x 463
  • Dimensions side panel window (L x W), (mm) : 400 x 431
  • Color option : Black & White
  • Weight (kg) : 7.8
  • USB 3.2 Gen. 1 : 1
  • USB 3.2 Gen. 2 Type C : 1
  • HD Audio I/O : Mic + Audio
  • Expansion slots : 7
  • Fan mounting locations : 6
  • Harga : Rp 1.480.000 (Cek harga terbaru disini)

Desain

Pertama dari desain, dimana secara utuh be quiet! Pure Base 500DX hadir dalam bentuk faktor mid-tower case dengan ukuran panjang sekitar 45 cm, tinggi 44.3 cm dan lebar 23.2cm. Ruang yang cukup luas jadi poin penting yang bisa dibawa case ini, meskipun cuma bisa nampung mobo hingga ukuran ATX sih. Kalo berat sih bisa mencapai 7.8Kg dalam keadaan kosong.

Bagian front panel jadi perubahan penting yang dibawa seri DX lewat dua mesh unik dan bisa dilepas dengan mudah dan dilengkapi dengan dust filter. Bagian panel atas juga hadir dengan dust filter yang bahkan terasa lebih istimewa dan mudah buat dilepas. Jadi, finishing yang rapi membuat case ini sangat berwibawa, bahkan ideal buat clean setup.

Bagian samping kanan hadir dengan opsi kaca temper dan bisa ideal buat nunjukin show off komponen pc bagian dalam. Estetika juga bisa makin sempurna dengan dukungan RGB lighting bawaan case lewat LED di bagian depan.

be quiet! PURE BASE 500DX

Ada 7 slot ekspansi, jadi case ini bisa nampung banyak komponen lewat PCIe bawaan mobo. Hanya saja enggak dukung VGA secara vertical. Dan kemudahan juga berlaku, dimana beberapa komponen penting case bisa dibongkar dengan mudah. Bahkan terkadang membangun PC lewat case ini bisa sangat menyenangkan tanpa perlu banyak proses ribet saat akan memulai.

Management kabel juga agak luas dengan ruang extra dibagian samping dan PSU cover, termasuk jalur buat ngiket kabel. Tapi, bukan yang terbaik sih dan masih perlu proses extra buat ngatur, apalagi jika memakai PSU dengan kabel tetap. Idealnya sih pake modular, dimana kabel bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

be quiet! PURE BASE 500DX

Buat urusan warna, produsen memberikan dua pilihan warna, antara white dengan kesan elegan, dan black dengan kesan yang lebih gahar. Keduanya bisa disesuaikan dengan apa yang disukai pengguna, dan harga juga masih terhitung sama.

Apa yang istimewa pada case ini adalah kehadiran peredam khusus dibagian side panel kanan. Jadi makin adem deh saat make case ini dengan tingkat kebisingan yang rendah. Cuma, ada potensi kalo kehadiran peredam bakal ngurangi ruang buat jarak management kabel.

Dukungan Pendinginan

Kemudian buat urusan cooling, dimana poin penting lain yang dibawa Pure Base 500DX adalah pendinginan yang maksimal. Terlebih lagi, case ini diklaim lebih dioptimalkan buat kinerja pendinginan tinggi dan dirancang bagi mereka yang mencari aliran udara paling efektif.

Tentu saja, mesh bagian depan jadi salah satu alasan mengapa airflow bisa maksimal. Disisi lain, dukungan cooling fan juga sangat lengkap, dimana kalian bisa masang fan nyampe 5 opsi dengan ukuran maks nyampe 14cm. 3 dibagian depan, 2 dibagian atas, dan 1 dibagian belakang. 

be quiet! PURE BASE 500DX

Case itu sendiri udah punya bonus 3 fan pure wings 2 ukuran 14cm. Jadi, kayaknya kalian enggak usah beli lagi fan, karena 3 opsi ini udah bisa mencukupi.

Sedangkan dukungan AIO liquid cooler, di bagian depan kalian bisa pasang radiator hingga ukuran 360mm, bagian atas maks sampai 240mm, dan bagian belakang dukung radiator hingga ukuran 120mm atau 140mm.

Apa yang menarik, produsen kini memperbaiki jarak antara fan bagian atas sedikit lebih luas. Jadi, tidak ada kendala saat akan masang radiator di bagian atas, yang sebelumnya sempat bermasalah dari sisi kompabilitas.

Port I/O

Konektivitas kini jauh lebih lengkap, meskipun jumlahnya agak terbatas sih. Sebuah port USB 3.1 Gen 1 tentu enggak bisa dilewatin dengan mudah, terlebih lagi case ini juga kini nawarin port USB Type C 3.2 Gen 2 yang kenceng. Jadi, enggak ada lagi kendala saat ingin menyambungkan perangkat modern lewat front panel.

Sisa pilihan port I/O termasuk audio jack combo, tombol power dan tombol buat ngatur lighting. Sayangnya, enggak ada tombol reset, yang terkadang sangat dibutuhkan user saat ada kendala pada PC.

Dukungan Storage

Kalo storage sih, case ini bisa nampung storage sangat mencukupi. Dua opsi untuk ukuran 3.5 inch lewat drive bays khusus yang bisa dilepas dibagian bawah. Dan 5 opsi untuk storage ukuran 2.5 inch, dua dibagian depan deket dengan motherboard, dan 3 bisa ditampung lewat drive bays dibagian belakang.

be quiet! PURE BASE 500DX

Btw, tempat storage semuanya bisa dilepas, entah itu drive bays maupun bracket untuk nyimpen SSD. Jadi, masang storage sangat mudah untuk dilakukan.

Kompabilitas

Sejauh ini cukup menyenangkan dengan apa yang bisa ditawarkan be quiet! Pure Base 500DX. Meskipun kalian juga perlu mengetahui sisi kompabilitasnya. Pertama, dukungan VGA yang bisa ditampung case ini maks nyampe 36 cm, PSU hingga 25cm dan ketinggian CPU Cooler maks nyampe 19cm.

Sangat luas, jadi setidaknya kalian enggak usah khawatir saat akan menampung komponen high-end yang extra luas. Meskipun ketebalan kartu grafis tampaknya akan sangat berpengaruh sih.

Kesimpulan

be quiet! Pure Base 500DX overall sangat layak dan bisa banget jadi rekomendasi casing PC dengan beberapa poin penting datang dari pendinginan yang maksimal, estetika menawan, konektivitas yang lengkap, dan ruang yang cukup luas untuk menampung banyak komponen high-end.

Kalo harga sih relatif. Nilai 1.4 jutaan pastinya mahal, dan jauh dari lingkaran budget user. Cuman sepadan dengan apa yang bisa ditawarin case ini. Kualitas materi juga sebenernya bukan yang terbaik, namun masih solid lah. 

Jadi, itu dia ulasan singkat kami tentang be quiet! Pure Base 500DX. Meskipun enggak semua kami ungkap, yang pasti semoga bermanfaat ya! 

Comments

Related Posts