RTX 3060 Siap Menanti 25 Februari Mendatang, Akankah Tersedia Melimpah & Harga Normal?

25 Februari mendatang, VGA terbaru Nvidia GeForce RTX 3060 bakal resmi hadir. Harga yang ditawarkan itu sendiri hadir pada $ 329 atau jika dikonversikan pada kurs rupiah hari ini di kisaran 4.5 jutaan. Tapi yakinlah bahwa ketika sudah tersedia di negara kita, harga pasti jauh lebih mahal, apalagi sesudah pajak dll berlaku.

Pertanyaannya, berapa kisaran harga RTX 3060? Kita berasumsi bahwa RTX 3060 akan memiliki budget di kisaran 6 jutaan sd 7 jutaan, itupun kalo stok banyak dan enggak langka. Yang ditakutkan, harga bakal jauh lebih mahal, apalagi di masa mining cryptocurrency yang kembali mulai populer.

Baca juga : Case Mod “Survivor” Ala Dony Daguar, Dari Standar Casing Mini ITX Jadi Kendaran Sci-fi I CMWS 2020

Disisi lain, VGA desktop terbaru Nvidia RTX 30 Series sudah langka, kalaupun ada harganya bisa selangit. Itu pun seolah berlaku juga buat seri VGA lama, bahkan AMD Radeon pun sama.

Spesifikasi maupun potensi kinerja bisa sangat menggoda, apalagi VGA ini bakal membawa performa gaming jauh lebih meyakinkan dibanding generasi sebelumnya. Hanya saja, kartu-kartu ini kemungkinan besar akan dibeli oleh calo yang sama yang telah mendatangkan malapetaka pada industri hardware dan elektronik konsol dalam beberapa bulan terakhir.

Detail Spesifikasi Inti RTX 3060 :

  • 13 shader-TFLOPs
  • 25 RT-TFLOPs for raytracing
  • 101 tensor-TFLOPs to power NVIDIA DLSS (Deep Learning Super Sampling)
  • 192-bit memory interface
  • 12 GB of GDDR6 memory

Itu, dikombinasikan dengan tingkat produksi / kekurangan chip yang sudah rendah yang disebabkan oleh pandemi dan permintaan kartu untuk penambangan cryptocurrency baru-baru ini membuat situasi yang sulit semakin tidak dapat dipertahankan.

Jadi, kami agak pesimis konsumen bisa benar-benar mendapatkannya di hari saat peluncuran tiba. Walaupun, situasi mungkin saja berbeda. Kita tunggu saja nanti bagaimana semua hal tersebut berlaku.

Comments

Related Posts