Test Performa 7 AIO Liquid Cooler Pada Ryzen 7 5800X

AMD Ryzen 7 5800X punya segala hal yang sangat positif sebagai prosesor desktop yang superior. Hanya saja, kalian butuh CPU Cooler yang benar-benar handal sebagai modal utamanya, apalagi jika ingin memaksimalkan potensi overclocking. Untuk itulah, kali ini kami akan menunjukan performa beberapa AIO Liquid cooler yang kami miliki, setidaknya salah satu pilihan ini bisa menjadi pilihan utama kalian saat sedang mencarinya.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : AMD Ryzen Mobile 5000 Series Line Up & Detail Spesifikasi

Test Performa 7 AIO Liquid Cooler Pada Ryzen 7 5800X

Beberapa AIO Liquid cooler yang kami miliki hadir dengan beberapa kategori, mulai dari ukuran radiator 120mm sebagai opsi terkecil, hingga pilihan 360mm. Pilihan tersebut diantaranya adalah :

  1. Cooler Master MASTERLIQUID ML120L RGB – Cek harga terbaru disini
  2. Thermaltake TH240 ARGB Sync – Cek harga terbaru disini
  3. NZXT Kraken X63 RGB – Cek harga terbaru disini
  4. Deepcool Castle 360ex – Cek harga terbaru disini
  5. ASUS ROG Ryujin 240 – Cek harga terbaru disini
  6. Thermaltake TH360 ARGB Sync – Cek harga terbaru disini
  7. Thermaltake FLOE RC360 – Cek harga terbaru disini

Apa yang menariknya, pilihan diatas bisa jadi perwakilan dan penunjuk yang ideal bagaimana kinerja sesungguhnya CPU Cooler bakal berdampak pada suhu yang dihasilkan prosesor AMD Ryzen 7 5800X, entah itu pilihan pada kecepatan default bawaan prosesor atau fitur overclocking.

AIO Liquid Cooler

Kinerja

Ok, overall performa yang ditawarkan semua AIO liquid cooler sangat baik, khususnya saat prosesor sedang idle. Tidak ada kenaikan yang signifikan, meskipun seri MASTERLIQUID ML120L RGB mungkin agak sedikit tinggi. Tapi masih aman.

AIO Liquid Cooler

Sedangkan saat kami mengetesnya di AIDA64 dalam skenario System Stability test sekitar 1 jam, AIO liquid paling dingin berada di opsi Floe RC360 dari thermaltake dengan suhu rata-rata hanya sebesar 60° Celsius aja. Namun, semua pilihan yang hadir masih aman dan nyaman, termasuk pilihan dengan radiator terkecil dari Cooler Master dengan suhu mencapai 74° Celsius.

AIO Liquid Cooler

Nah, Ketika gaming berlaku dengan skenario di game Cyberpunk 2077, AIO dengan radiator 240mm ke atas memiliki suhu yang sangat nyaman, bahkan untuk penggunaan panjang sekalipun. Suhu bahkan enggak sampai 80° Celsius, dengan pilihan terbaik sekali lagi berada di opsi RC360. Masterliquid dengan ukuran radiator terkecil mungkin masih aman dengan menyentuh angka 85° Celsius, tapi agak riskan untuk penggunaan panjang.

AIO Liquid Cooler

Cinebench R20 juga bisa jadi patokan buat melihat suhu, karena aplikasi ini bakal mendorong semua kekuatan prosesor dengan beban pekerjaan yang sangat menuntut. Nyatanya, hanya AIO Liquid cooler 120mm aja yang sangat riskan, sisanya masih aman pada suhu 80° Celsius.

AIO Liquid Cooler

Bagaimana dengan Overclocking? Hampir semua pilihan AIO liquid cooler memiliki suhu diatas 90° Celsius saat kami mencoba mendorong Batasan clockspeed all core di speed 4.7Ghz, kecuali seri RC360 dari TT Ketika test cinebench berlaku. Batas amannya sih, selama suhu belum menyentuh 95° ke atas, itu boleh dibilang masih aman.

AIO Liquid Cooler

Deepcool dan TT TH360ARB masih dalam batasan aman, sedangkan NZXT maupun ROG Ryujin mungkin masih mampu, tp agak riskan. TT TH240 ARGB tampaknya belum terlalu ideal untuk OC dengan suhu hampir menyentuh 95° Celsius, sedangkan AIO 120mm dari Cooler Master belum bisa memberikan sesuatu yang nyaman untuk overclocking dengan suhu bisa diatas 100 derajat Celsius.

Kesimpulan

Gimana menurut kalian? Ada pelajaran yang sangat penting dari apa yang telah kami hadirkan tentang tes performa AIO Liquid cooler yang ideal untuk Ryzen 7 5800X, atau bahkan bisa berlaku untuk prosesor high-end terbaru yang memiliki OC.

Pilihan AIO 360 bisa jadi solusi yang baik untuk menjaga suhu prosesor berada dalam kondisi terbaiknya, apalagi untuk pemakaian lama. Sedangkan untuk overclocking, setiap merek punya kinerja yang berbeda. Pilihan premium bisa membawa sesuatu yang positif, meskipun resikonya adalah harga yang lebih mahal.

Sedangkan AIO 240 merupakan pilihan ideal untuk kinerja default, idealnya sih mungkin lebih ke opsi prosesor mid-range. Dan AIO 120mm kami rasa lebih mencukupi untuk pilihan entry level hingga prosesor mid-range. Setidaknya inilah yang jadi nilai terpenting dari apa yang telah kami ungkap.

Jadi, itu dia ulasan singkat mengenai performa AIO Liquid cooler yang kami miliki pada Ryzen 7 5800X. Meskipun enggak secara detail kami ungkap, yang pasti semoga bermanfaat ya!

Comments

Related Posts