NZXT Kraken X63 RGB : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini I AIO Liquid Cooler Review

NZXT Kraken X63 RGB itu punya segudang pesona menarik, termasuk kinerja juga enggak kalah serunya untuk sebuah AIO Liquid Cooler. Nah, Ketika kalian berencana ingin membelinya namun masih penasaran dengan kinerja yang ditawarkan, simak penjelasan kami dibawah ini.

Baca juga : Thermaltake AH T200 Review : Casing PC Sejuta Pesona – Desain Unik & Estetika Menarik

NZXT Kraken X63 RGB Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

NZXT Kraken X63 RGB itu sendiri merupakan versi terbaru dari Kraken X63 lama, dimana perubahan terbesarnya tentu aja kehadiran RGB yang boleh kita bilang lebih smart dan berlaku juga pada opsi fan yang dibawanya. Kalian juga bisa atur rotasi logo dibagian pompa hingga 12 penguncian, jadi user enggak harus khawatir lagi kalo logo terbalik saat masang.

NZXT Kraken X63 RGB

jadi, nuansa RGB ini mungkin enggak terlalu heboh, cuman aura positifnya keliatan banget. Terlebih lagi produsen nawarin banyak efek menarik yang bisa kalian atur lewat software CAM, atau bahkan ngasih efek lighting yang benar-benar baru.

NZXT Kraken X63 RGB

Nah, opsi kabel juga lebih disederhanakan, khususnya dibagian fan dengan soket khusus untuk RGB dan bisa tersambung dengan RGB Fan HUB yang dijual terpisah. Tapi, kalian sebenernya enggak terlalu butuh, kecuali ingin membangun sistem smart RGB totalitas ala NZXT.

Kalo urusan harga, AIO ini enggak datang dengan murah. Ketika seri Kraken X63 non RGB aja udah punya nilai 2 jutaan, seri RGB jauh lebih mahal dengan harga nyampe 2.7 jutaan. Bisa worth, tapi kayaknya berlaku buat enthusiast yang enggak terbatas pada budget dan mereka yang pengen hasil solid antara estetika dan performa buat urusan AIO, termasuk dukungan software premium yang lengkap.

Spesifikasi Inti

Spesifikasi Inti NZXT Kraken X63 RGB
Water Block Dimensions: Diameter: 80mm; H: 55mm
  Material: Block: copper; Housing: plastic
Pump Motor Speed: 800 – 2,800 + 300 RPM, Power: 12VDC, 0.3A
Radiator Dimensions: 143 x 315 x 30mm, Material: Aluminum
Tube Length: 400mm, Material: Ultra-low evaporation rubber with nylon braided sleeve
Cap Material: Plastic and brass, Rotation Orientation: 360° with 30° increments, LEDs: 9 LEDs
  NZXT RGB Channel Output Voltage: 5V DC
  NZXT RGB Channel Output LED Qty.: Up to four LED strips – 10 LEDs per strip, Up to five Aer RGB fans, Up to six NZXT RGB accessories
Fans Model: Aer RGB 2 140, Quantity: 2, Dimensions: 140 x 140 x 26mm, Speed: 500 – 1,500 + 300 RPM, Connector: 4-pin PWM
Warranty 6 years
Compatible Socket & CPU Intel Socket LGA 1200, 1151, 1150, 1155, 1156, 1366, 2011, 2011-3, 2066
  Intel Core i9 / Core i7 / Core i5 / Core i3 / Pentium / Celeron
  AMD Socket AM4, sTRX4*, TR4* (*Threadripper bracket not included)
  AMD Ryzen 9 / Ryzen 7 / Ryzen 5 / Ryzen 3 / Threadripper
Harga Rp2.750.000

Kalo desain, overall masih tetap sama yang tentu aja masih bawa ciri khas NZXT tanpa banyak perubahan besar, kecuali sisi FAN yang terasa agak lebih besar. AIO itu sendiri bawa opsi dua kipas PWM 14mm yang disebut AER RGB dengan speed hingga 1500 RPM.

NZXT Kraken X63 RGB

Sedangkan radiator hadir dengan ukuran 280mm dengan materi yang sepenuhnya terbuat dari alumunium. Soft tube punya panjang sekitar 40cm dan pompa punya speed up to 2800 RPM. Overall, enggak ada nilai istimewa lebih saat ngeliat AIO ini kecuali finishing yang bener-bener rapi.

NZXT Kraken X63 RGB

Pemasangan juga cukup simpel, apalagi jika masang di mobo AM4. Kalian Cuma perlu bracket AMD aja. Tapi mobo Intel juga enggak terlalu ribet, apalagi ada backplate yang tinggal dipasang di mobo, termasuk bracket khusus.

Btw, AIO ini dukung Soket Intel LGA 1200 terbaru atau AMD AM4. Sayangnya, kalo pengen pasang Threadsipper sih perlu beli bracket tambahan alias beli terpisah.

NZXT Kraken X63 RGB

Ngatur kabel buat RGB lighting juga sebenernya cukup mudah, meskipun terkadang kalian perlu melihat buku manual juga sih. Cuman, sekali lagi NZXT menyederhanakan semua hal tersebut biar mudah dan bisa dipasang dengan cepet lewat beberapa kabel aja yang tersambung pada mobo. Hal paling serunya, logo dibagian pompa bisa diputar. Jadi, kalian enggak harus khawatir logo bakal terbalik dan bisa cari posisi paling wokeh buat masang AIO.

Dukungan Software

Opsi premium yang ditawarin NZXT terkadang enggak cuman perangkat AIO itu sendiri. Urusan software NZXT CAM juga berlaku. Bahkan kita rasa jadi software terbaik buat urusan RGB atau liat statistic suhu cooler.

NZXT Kraken X63 RGB

Betapa tidak, software ini bisa dibilang sebagai paket lengkap, entah itu mengatur berbagai efek lighting, spek PC, OC VGA, kecepatan pompa, bahkan punya overlay khusus ala NZXT yang ngeliatin fps, suhu dan GPU kayak MSI Afterburning. Jadi, lengkap banget deh dan seru aja.

NZXT Kraken X63 RGB

Sayangnya, RGB lighting yang dibawa AIO ini enggak kompatible kalo pake software lain kayak ROG ARMOURY dan cuman bisa diatur lewat NZXT CAM aja. Disisi lain, software khusus CAM ini juga cuma compatible buat produk NZXT aja. Jadi, terkadang sangat disayangin. Coba kalo CAM juga dukung lighting dari VGA atau RAM, pasti makin seru dan banyak yang tertarik tuh.

Kinerja

Gimana dengan performa? Worth banget, meskipun kalo buat OC sih masih agak terbatas. Kita coba pake prosesor Ryzen 9 3900X yang butuh CPU Cooler handal, dan Kraken X63 RGB bisa ideal buat nahan suhu prosesor ini.

NZXT Kraken X63 RGB

Suhu rata-rata saat sedang idle nyampe 41° Celsius, sedangkan buat kasual work yang intensif banget seperti jalanin Cinebench R20 nyampe 81° Celsius. Kalo gaming jauh lebih nyaman dengan suhu rata-rata nyampe 71° Celsius.

NZXT Kraken X63 RGB

NZXT Kraken X63 RGB

Sejauh ini aman dan solid banget, meskipun kalo buat urusan OC agak sedikit riskan. Kita coba OC Ryzen 9 3900X di speed 4.3Ghz, dan suhu saat sedang bekerja tinggi bisa nyampe diatas 90° Celsius.

NZXT Kraken X63 RGB

Kayaknya, best scenario buat AIO ini buat prosesor mid-range hingga pilihan high-end seperti Ryzen 7 atau Intel Core i7. Kalo prosesor sekelas Ryzen 9 sih amannya buat speed default aja.

Kesimpulan

Overall, NZXT Kraken X63 RGB itu nyaman banget, mulai dari opsi efek RGB lengkap yang ditawarinnya lewat software CAM, kinerja yang solid, kualitas maupun finishing AIO ini juga sangat nyenengin. Disamping itu, kemudahan pemasangan juga berlaku dan enggak terlalu ribet.

NZXT Kraken X63 RGB

Sayangnya, harga sekali lagi enggak datang dengan murah dimana kalian perlu ngeluarin anggaran nyampe 2.7 jutaan lebih. Kompabilitas juga agak terbatas, khususnya buat ngatur lighting. Cuma software CAM aja yang bisa dipake, kalo pake software lain enggak bisa. Software jugaa enggak bisa ngatur lighting dari perangkat lain, misal VGA atau Memori.

Minus lainnya sih enggak terlalu dominan, malahan AIO ini bisa berharga buat user yang pengen rakit PC gaming solid dengan wibawa yang jauh lebih berkelas. Dari logonya aja udah keliatan auranya, meskipun estetika sih relatif. Dan kita rasa, best scenario buat AIO ini buat CPU Mid-range hingga sedikit high-end dengan dukungan fitur OC yang sangat baik. Kalo prosesor sekelas Ryzen 9 atau yang lebih tinggi sih cuma bisa nahan speed default aja.

Jadi, itu dia ulasan singkat kami tentang NZXT Kraken X63 RGB. Meskipun enggak semua kami ungkap, yang pasti cemoga bermanfaat ya!

Comments

Related Posts