- Berita Terbaru, Serba-serbi, Technology

Demi Mempercepat Penelitian Covid-19, Negeri Paman Sam Buka Akses Supercomputer Ke Ilmuwan

Teknologi bisa menjadi jembatan untuk kebaikan, termasuk untuk mencari solusi mengenai wabah Virus Corona yang melanda banyak negara. Itulah mengapa negeri Paman Sam kini meluncurkan Konsorsium HPC Covid-19 yang memungkinkan para peneliti bisa mengakses supercomputer hebat yang dimiliki Amerika.

Covid-19 HPC itu sendiri merupakan  konsorsium publik-swasta, yang dipimpin oleh Gedung Putih, Departemen Energi AS, dan IBM. Selain itu, inisiatif ini termasuk segelintir organisasi pemerintah lainnya, perusahaan teknologi, serta lembaga akademis.

Baca juga : Dampak Wabah Corona, Penjualan Komponen PC Capai Rekor Terendah Hingga Q1 2020

Intinya, Konsorsium HPC Covid-19, para peneliti bisa mempercepat pemahaman tentang coronavirus baru dan mengejar penelitian terhadap obat-obatan dan vaksin potensial secara efektif, karena mereka memiliki akses ke beberapa superkomputer paling kuat di negara itu.

Google Cloud, Microsoft, AWS, dan HPE juga semuanya bermitra dengan konsorsium untuk menawarkan daya komputasi. Selain itu, laboratorium Departemen Energi seperti Oak Ridge National Laboratory dan Lawrence Livermore National Laboratory, masing-masing pemilik superkomputer Summit dan Sierra, juga ikut bergabung.

Hingga pada akhirnya, Konsorsium gabungan ini akan memberikan para peneliti akses ke 16 superkomputer, dengan 330 petaFLOPS gabungan yang terdiri dari 775.000 core CPU dan 34.000 GPU. Para peneliti juga memiliki akses ke dalam kekuatan besar yang dimiliki NASA dan NSF.

Semua usaha yang dilakukan negeri Paman Sam bisa menjadi harapan kita semua untuk menanggulangi wabah Virus Corona yang semakin memburuk di negara tersebut. Kita semua berharap tentu bahwa pandemic akan segera teratasi, termasuk di negara kita. Hal paling penting untuk kita saat ini adalah membatasi aktivitas di luar dan ikuti semua arahan dari Pemerintah.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat