Perang Microsoft Melawan Jaringan Kriminal Online Terbesar Di Dunia Kini Dapat Hasil Positif

Microsoft hari ini mengumumkan bahwa mereka kini menjadi bagian dari operasi global dengan menghadirkan lab khusus . Langkah tersebut dimaksudkan untuk mengganggu jaringan kriminal online terbesar di dunia, Necurs.

Necurs itu sendiri merupakan jaringan yang berfungsi sebagai botnet dengan istilah botmaster, dimana malware ini menginfeksi banyak komputer di seluruh dunia dan sangat berbahaya. Botmaster pada dasarnya mirip dengan administrator, tetapi memiliki tujuan jahat.

Baca juga : Masih Solid Enggak Sih ? Intel Core i5-9600K Review

Necurs diduga dikendalikan oleh penjahat yang berbasis di Rusia dan telah menginfeksi hingga lebih dari sembilan juta perangkat komputasi di 35 negara, sehingga menjadikannya salah satu ekosistem ancaman email spam terbesar yang diketahui otoritas .

Karena selain digunakan untuk penipuan seperti stok pompa dan dump, email spam tentang farmasi palsu dan penipuan seperti ” Russian dating ” dengan mengirimkan 3,8 juta pesan spam ke lebih dari 40 juta target dalam jangka waktu 58 hari.

Microsoft

Dan nyatanya, menghilangkan Necurs membutuhkan delapan tahun pelacakan, perencanaan, dan upaya bersama dengan berbagai pihak. Kini, Upaya tersebut memuncak, dimana menurut Microsoft, mereka telah menemukan solusi untuk mengambil kendali infrastruktur yang berbasisdi  AS yang digunakan Necurs untuk mendistribusikan malware dan menginfeksi komputer korban melalui perintah pusat.

Langkah yang dilakukan Microsoft adalah untuk mengganggu operasi Necurs di domain aktif mereka saat ini, sementara juga melanggar algoritma utama organisasi yang biasanya menghasilkan domain baru untuk eksploitasi di masa depan.

Perusahaan juga menambahkan bahwa “Microsoft melaporkan domain-domain ini ke registrasi masing-masing di negara-negara di seluruh dunia sehingga situs web dapat diblokir dan dengan demikian dicegah dari menjadi bagian dari infrastruktur Necurs. Dengan mengambil kendali dari situs web yang ada dan menghambat kemampuan untuk mendaftarkan yang baru, kami telah secara signifikan mengganggu botnet. “

Microsoft juga bermitra dengan Penyedia Layanan Internet (ISP) dan lainnya di seluruh dunia untuk membersihkan komputer malware mereka yang terkait dengan botnet Necurs – upaya perbaikan dalam skala global dan melibatkan kolaborasi dengan mitra dalam industri, pemerintah dan penegakan hukum melalui Program Kecerdasan Ancaman Microsoft Cyber ​​(CTIP).

 Baca Juga :



Comments

Related Posts