- Berita Terbaru, RAM

Harga Memori Kembali Akan Jatuh Tahun ini, Bahkan Paling Tajam Sejak Tahun 2011

Harga memori tampaknya akan jatuh tahun ini, bahkan memiliki tingkat penurunan harga yang paling tajam sejak tahun 2011. Hal tersebut diungkap oleh DRAMeXchange, sebuah divisi dari perusahaan intelijen pasar TrendForce yang mengatakan bahwa ada beberapa penyebab utama mengapa pasar DRAM jatuh.

Salah satunya adalah kekurangan pasokan CPU Intel, yang diperkirakan akan berlangsung hingga akhir kuartal ketiga. Keterbatasan barisan CPU tim biru berarti bahwa OEM PC tidak dapat mengkonsumsi DRAM sebanyak biasanya, sehingga mendorong pasar jatuh bebas.

Baca juga : Manfaat Besar Teknologi 5G Untuk Masyarakat Indonesia

Disisi lain, beberapa produsen besar yang bergerak dibidang ini juga mengembangkan fasilitas yang jauh lebih besar untuk memproduksi memori. Contohnya, SK Hynix baru-baru ini mengumumkan rencana untuk membangun empat fab baru sebagai bagian dari investasi senilai $ 107 miliar dan Micron menggandakan fasilitas pengujian dan pengemasan IC di Taiwan. Samsung, disisi lain kini sedang mengerjakan fab kedua di Pyeongtaek.

Dan karena beberapa alasan inilah, menurut DRAMeXchange, Kuartal pertama harga DRAM diperkirakan turun hampir 30 persen, penurunan satu musim yang paling tajam sejak 2011. Terlebih lagi, menurut hasil pengamatan mereka, pasar terbaru menunjukkan bahwa tingkat persediaan terus meningkat sejak harga kontrak turun pada kuartal keempat tahun 2018. Akibatnya, sebagian besar pemasok DRAM sekarang memiliki persediaan yang cukup melimpah hingga enam minggu.

Jika permintaan tidak membuat comeback yang kuat, ini akan terus menyebabkan koreksi harga terus menurun. Beberapa produsen mungkin saja bisa membatasi pasokan, namun itu tidak bisa memberikan nilai yang cukup efektif, karena bahkan pengurangan besar dalam harga tidak akan efektif dalam mendorong penjualan. DRAMeXchange bahkan telah memperkirakan skenario ini persis sama dengan apa yang terjadi pada musim gugur lalu.

Lalu bagaimana dampaknya bagi konsumen? Itu tentu bisa menjadi berita yang sangat menyenangkan, apalagi bagi mereka yang berencana untuk mengupgrade memori dengan kapasitas yang jauh lebih tinggi yang nantinya bisa datang dengan harga jauh lebih terjangkau. Hanya saja, kami masih belum memperkirakan kapan ini akan terjadi, khususnya di negara kita.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Harga Memori Kembali Akan Jatuh Tahun ini, Bahkan Paling Tajam Sejak Tahun 2011

Comments are closed.