- Laptop, Macbook, RAM, Tutorial

Inilah Alasan Mengapa Memori Untuk Mac Agak “Memilih” Dan Terbatas Dalam Kompabilitas

Terkadang kita suka bertanya, apakah memori yang biasa dipakai pada PC atau laptop Windows bisa digunakan juga untuk sistem memori di Mac? Jawabannya mungkin saja bisa, tapi kebanyakan tidak. Tentu ada beberapa alasan teknis mengapa Memori Untuk Mac sedikit “memilih” dalam urusan tersebut, namun untuk lebih jelasnya, mari kita ungkap detailnya di bawah ini.

Ini juga bisa membantu mereka yang berencana untuk mengupgrade memori pada sistem berbasis Mac. Hanya saja, pada intinya pilihan memori yang bisa dipakai pada Macbook atau iMac biasanya masalah kompabilitas dan ditentukan berdasarkan model.

Baca juga : All New MacBook Air 2018 Preview : Lebih Tipis, Lebih Powerful

Berbeda halnya ketika sistem berbasis PC Windows, dimana pilihan memori yang disajikan terkadang cukup umum, bahkan kamu bisa memasang memori dengan tingkat kecepatan berbeda didalamnya, meski idealnya adalah pilihan memori yang sama, baik dari segi kecepatan maupun merk yang disajikan.

Contohnya, ketika kamu memiliki motherboard yang mendukung memori DDR4 dengan kecepatan memori antara 2133Mhz hingga 3200Mhz, kamu bisa memasang jenis pilihan yang berbeda didalamnya. Hanya saja, sistem akan mendorong kecepatan pada pilihan terendah dan itu akan baik-baik saja bagi pengguna.

Sedangkan urusan memori pada Mac, produsen biasanya mengatur sistem memori berdasarkan model tertentu dan membutuhkan memori ECC (error-correcting ) yang sepenuhnya buffer sebagai persyaratan sistem hardware. Jika pilihan memori tidak sesuai yang disarankan produsen, maka sistem Mac OS tidak akan berjalan sebagaimana biasanya, atau bahkan tidak bisa booting dan tidak menunjukan kehidupan apapun pada perangkat tersebut sampai pengguna memasang RAM yang tepat.

Memori Untuk Mac

Itulah mengapa, Apple sangat membatasi pilihan memori yang bisa disajikan pada perangkat produk mereka, dengan tujuan utamanya adalah demi menjaga kestabilan sistem jauh lebih efektif. Di sisi lain, memori Mac memiliki sensor termal yang tidak biasa dimiliki oleh sistem berbasis PC standar (berbeda dengan sistem memori Server).

Dan karena alasan tersebut, produsen memori biasanya memberikan pilihan konfigurasi khusus pada pilihan produk untuk sistem berbasis Mac, dimana ini biasanya disesuaikan dengan jenis model yang disajikan. Contohnya adalah Corsair Mac Memory, dimana produsen ini memberikan label khusus untuk sistem MacBook dengan seri kecepatan tertentu. Ini bisa memudahkan pelanggan untuk mengupgrade memori agar tidak salah “jalan” dalam upaya menyajikan sistem memori yang pas pada perangkat pengguna.

Harga yang disajikan juga pastinya akan sedikit berbeda, dimana memori untuk Mac biasanya memiliki nilai harga yang jauh lebih mahal. Meski, tingkat perbedaan yang disajikan tidaklah terlalu jauh dengan sistem pilihan memori berbasis Windows.

Jadi, ketika kamu berencana untuk mengupgrade memori pada MacBook lama kamu, pastikan kamu mengetahui jenis model perangkat tersebut dan dukungan memori yang bisa disajikan, terlebih lagi tingkat kecepatan memori. Ini bisa menjadi awal yang baik agar kamu tidak membeli pilihan RAM yang tidak kompatible dengan perangkat kamu. Nah, kamu bisa melihat penawaran semua hal mengenai memori untuk Mac lebih detailnya disini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat