- Berita Terbaru, Internet, Serba-serbi

Hati-hati YouTuber, Klaim Copyright Jadi Alasan Pemeras Untuk Mengambil Semua Hak Kamu

Hati-hati YouTuber, karena hari ini ada banyak orang jahat di luar sana yang akan memanfaatkan segala celah untuk memeras para konten creator. Salah satunya adalah klaim Copyright, bahkan ini telah memakan cukup banyak korban, dimana mereka diharuskan untuk mengeluarkan sejumlah biaya yang cukup besar.

Menurut The Verge, pekan lalu ada dua pembuat Konten yang menjadi korban dalam skema pemerasan hak cipta. Sang pemeras mengaku sebagai klaim pihak ketiga dan mengancam akan memutuskan Channel korban jika tidak memberikan sejumlah biaya untuk menutupi segala kerugian yang diakui oleh si pemeras melalui dompet bitcoin ataupun paypal.

Baca juga : Fenomena Bird Box Challenge Makin Meresahkan, YouTube Perbaharui Kebijakannya

Menurut ObbyRaidz, seorang korban yang kini masih mengelola sebuah channel kecil di YouTube mengatakan bahwa orang-orang jahat ini akan langsung menghubungi para YouTuber dan mengatakan bahwa saluran yang mereka pakai telah melanggar hak cipta, kemudian mereka diharuskan untuk membayar sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin maupun Paypal dengan jarak waktu yang sangat singkat.

Teguran hak cipta itu sendiri pada dasarnya sudah ada melalui YouTube, hanya saja mereka yang melanggar hanya akan dikenakan sanksi berupa penghapusan video termasuk membatasi sejumlah fitur seperti monetisasi (yang menjadi bagian utama penghasilan berbagai channel kecil).

Tujuan dari klaim Copyright itu sendiri hadir untuk melayani tujuan penting bagi YouTube, mencegah materi yang dilindungi – dari lagu pop hingga klip film – agar tidak digunakan tanpa izin. Hanya saja, selalu ada celah bagi penjahat untuk berbuat tindakan merugikan seperti upaya untuk memeras para YouTuber yang tidak tahu secara persis mengenai aturan ini dengan mengklaim copyright musik atau sesuatu yang lainnya.

Nah, bagi kamu yang mengalami hal tersebut baru-baru ini, sebaiknya abaikan saja dan teruskan kegiatan pembuatan konten video jauh lebih baik. Selalu ada tantangan yang besar di jalan untuk menuju kesuksesan, salah satunya datang dari orang-orang jahat yang berupaya untuk memeras hasil keringat kamu.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

2 thoughts on “Hati-hati YouTuber, Klaim Copyright Jadi Alasan Pemeras Untuk Mengambil Semua Hak Kamu

Comments are closed.