- Gaming Gear, Hardware, Kartu Grafis

XFX Radeon RX 590 Fatboy Preview : Harga, Spesifikasi & Fitur Unggulan

Tahun baru berarti memiliki sesuatu yang baru, salah satunya bisa jadi upgrade kartu grafis kamu ke pilihan yang jauh lebih baik. Nah, ketika kamu sedang mencari kartu grafis hebat dengan nilai harga yang sangat terjangkau, XFX Radeon RX 590 Fatboy bisa menjadi pilihan terbaik kamu, apalagi kartu grafis ini memiliki segudang fitur unggulan untuk gaming 1080p maupun 1440p.

XFX pada dasarnya memiliki banyak cerita hebat dalam barisan produk gaming mereka, apalagi untuk urusan kartu grafis. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan seri kartu grafis dari XFX tersebut, mari kita ungkap sedikit preview di bawah ini.

Baca juga : 6 Pilihan Kartu Grafis Mid-range Tangguh Tahun 2018, Harga Lebih Murah

XFX Radeon RX 590 Fatboy Preview : Pandangan Umum

Ketika seri Radeon RX 590 sudah banyak memberikan nilai positif bagi penggemar dalam hal kinerja, kehadiran OEM ketiga yang membungkus seri tersebut pada pilihan yang jauh lebih baik merupakan penyempurna bagi konsumen sebagai nilai yang jauh lebih efektif, khususnya dalam memberikan fitur extra, termasuk pendinginan maupun overclocking.

XFX sebagai salah satu OEM yang selalu setia terhadap tim merah merupakan salah satu contoh nyatanya, apalagi kehadiran seri Fatboy tampaknya membawa nuansa yang jauh lebih fresh dengan beberapa fitur unggulan hebat yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen.

XFX Radeon RX 590 Fatboy

Kartu grafis itu sendiri hadir dengan Panjang sekitar 27 cm dan memiliki ketinggian sekitar 12.3 cm. Pilihan kartu grafis ini akan memakan slot pada casing hingga 2.5 slot. Kartu grafis ini mungkin cukup besar dan memerlukan ruang yang luas, sehingga pilihan casing mid-tower tentu merupakan syarat wajib untuk menampungnya.

Sedangkan untuk urusan desain, XFX Radeon RX 590 Fatboy mungkin tidak memiliki tampilan “Best looking”, namun membawa segudang manfaat dari fitur pendinginan yang disajikan pada kartu grafis ini. Apa yang menjadi fitur utama GPU tersebut adalah kehadiran Fatboy Unibody VRM Heatsink unik, yang menawarkan area permukaan heatsink 50% lebih besar daripada kartu grafis seri RX sebelumnya. Hasilnya, kartu grafis ini bisa memberikan pendinginan hebat plus menyediakan ruang OC yang jauh lebih tinggi untuk kinerja yang benar-benar menyenangkan untuk dilalui.

XFX Radeon RX 590 Fatboy

Produsen juga memberikan fitur desain backplate aluminium kustom, dimana ini tidak hanya memberikan ruang visual yang keren pada gaming rig kamu, namun juga bisa memberikan manfaat extra untuk melindungi GPU pengguna sambil memberikan pendinginan tambahan secara keseluruhan.

Spesifikasi

Spesifikasi XFX Radeon RX 590 Fatboy
Interface PCI Express 3.0
GPU Series AMD Radeon RX 500 Series
Core Clock OC+: 1600 MHz
BIOS: 1580 MHz
Stream Processors 2304 Stream Processors
Memory Clock 8.0 GHz
Memory Size 8GB GDDR5 256-Bit
Ports 1 x HDMI 2.0b
3 x DisplayPort 1.4
1 x DL-DVI-D
CrossFireX Support Yes
Power Connector 6-Pin / 8-Pin
Card Dimensions (L x H) 270.00 mm x 123.95 mm
Slot Width 2.5-Slot
Harga Rp 4,850,000(Beli)

Untuk urusan spesifikasi internal itu sendiri, XFX Radeon RX 590 Fatboy hadir dengan kekuatan 8GB GDDR5 dengan lebar bus sebesar 256-bit , stream processor sebesar 2304 dan memory clockspeed up to 8.0Ghz. Pilihan ini tentu akan menjadi modal untuk kekuatan gaming yang benar-benar besar untuk semua hal yang kamu lakukan dalam menghadapi tantangan pada level 1080p maupun 1440p.

Apalagi, produsen memberikan fitur extra dual bios yang bisa memberikan fitur clockspeed tambahan, 1580Mhz untuk Mode Bios, dan pada OC Mode pengguna bisa jauh melesat dengan kekuatan hebat dengan clockspeed up to 1600Mhz. Di sisi lain, pengguna juga bisa membuka ruang kinerja jauh lebih tinggi, apalagi fitur OC sepenuhnya bisa dimanfaatkan dengan cukup mudah melalui software AMD Wattman.

XFX Radeon RX 590 Fatboy

Sedangkan untuk urusan konektivitas, ada total 5 port yang disediakan produsen pada kartu grafis ini, yakni sebuah port HDMI 2.0b, 3 Displayport 1.4 dan sebuah port DVI. Sedangkan untuk konsumsi daya, XFX Radeon RX 590 Fatboy disajikan dengan konektor daya 8-pin dan 6-pin. Produsen mengisyaratkan bahwa agar bisa mengangkat kartu grafis ini, pengguna perlu memiliki PSU minimal 500W.

Fitur Unggulan

Dari segudang manfaat besar yang bisa disajikan oleh pengguna, ada beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh XFX Radeon RX 590 Fatboy tersebut, yakni :

  • Kemudahan OC dan kinerja jauh lebih mengesankan dengan dukungan software dan XFX Dual BIOS.
  • Teknologi pendinginan hebat untuk VRM dan memori yang bisa mengurangi suhu secara signifikan, plus Teknologi Heatpipe Komposit yang bisa meningkatkan efisiensi termal
  • Zero dB Auto Load Sensing Fans, yang artinya bahwa kartu grafis ini akan bekerja sesuai dengan kebutuhan sistem dan akan terdiam secara hening jika tidak sedang dalam bekerja.

XFX Radeon RX 590

  • Dukungan teknologi hebat, termasuk VR Ready, AMD FreeSync 2 maupun AMD Crossfire.
  • GPU ini juga dibuat berdasarkan Teknologi FinFet 12nm, sehingga memungkinkan peningkatan kinerja secara dramatis dalam daya pemrosesan, disisi lain memiliki tingkat efisiensi daya yang jauh lebih efektif.
  • Garansi Panjang hingga 3 tahun.

Kesimpulan

XFX Radeon RX 590 Fatboy bisa menempati urutan pertama saat kamu mencari kartu grafis hebat untuk segmen mid-range, terlebih lagi ada banyak hal menarik yang bisa menjadi keunggulan GPU tersebut. Selain itu, nilai harga juga jauh lebih terjangkau, bahkan kamu bisa mendapatkan game original secara gratis hingga 3 pilihan judul terbaru sebagai bentuk promo yang disediakan AMD.

Jadi, terlepas dari sajian bentuk desain yang “seolah” biasa, kartu grafis ini akan membawa efek hebat dalam memberikan pengalaman gaming yang jauh lebih mengesankan bagi pengguna. Sehingga, XFX Radeon RX 590 Fatboy layak menjadi rekomendasi utama bagi penggemar sebagai pilihan upgrade GPU hebat selanjutnya tahun 2019.  Intinya, dengan memiliki kartu grafis ini, kamu bisa memainkan semua judul game terbaru pada pengaturan maksimum (rata kanan) dengan nilai Fps yang benar-benar mengesankan, khususnya pada level 1080p bahkan hingga 1440p sekalipun.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat