- Berita Terbaru, Internet, Serba-serbi, Technology

Peneliti ini Ciptakan Tenaga Komputasi Di Dalam Memori, Powerful Tapi Hemat Daya

Kemajuan teknologi terus berputar, dan ini juga berlaku untuk urusan prosesor. Baru-baru ini, para peneliti Princeton telah menemukan terobosan baru dalam teknologi chip yang dapat secara signifikan memangkas penggunaan energi sekaligus meningkatkan kinerja, dimana mereka menyebutnya sebagai in-memory computing.

Dengan sajian teknologi yang bisa mereka bawa, bukanlah hal yang tidak mungkin kehadiran prosesor tersebut bisa memberikan senjata baru pada perangkat kecil atau besar sekalipun dalam membuat kinerja komputasi terasa jauh lebih efektif.

Baca juga : Apple Siap Sajikan Dukungan Teknologi 5G Pada iPhone Terbaru Tahun 2020

Secara khusus, para ilmuwan telah mengembangkan chip prototipe yang menggunakan teknik yang disebut ” in-memory computing” untuk mengurangi beban besar pada prosesor utama. Alih-alih mengandalkan prosesor untuk terus mengambil data dari memori perangkat, fitur khusus prosesor dalam memori memungkinkan tugas itu terjadi dalam memori itu sendiri, sehingga bisa membuka jalan untuk “kecepatan dan efisiensi yang lebih besar.” Akibatnya, tidak hanya chip yang bisa meningkatkan kinerja, tetapi juga konsumsi daya akan jauh lebih kecil, sehingga bisa menghemat lebih sedikit energi.

Namun, Chip ini tampaknya masih memiliki keterbatasan, sehingga tidak (atau belum) secara luas dipakai untuk tujuan umum. Sementara hasil tes laboratorium telah memungkinkan para peneliti untuk mencapai tingkat kinerja yang “puluhan hingga ratusan” kali lebih cepat daripada chip lain di luar sana, desain mereka masih ditujukan untuk tujuan pembelajaran mesin dengan istilah khususnya adalah ” deep learning inference”.

Menurut Knowridge, inferensi pembelajaran mendalam terjadi ketika algoritma memungkinkan komputer untuk “membuat keputusan dan melakukan tugas-tugas kompleks dengan belajar dari set data.” Teknologi pengenalan wajah Amazon, yang secara tepat dijuluki ” Rekognition,” adalah salah satu contoh dari jenis AI ini dalam tindakan.

Namun begitu, ini bisa menjadi potensi yang sangat baik untuk perangkat keras masa depan, termasuk sajian smartphone modern di tahun-tahun mendatang. Peneliti pasti akan perlu menguji chip mereka lebih banyak sebelum siap bertempur, tapi tidak untuk saat ini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat