Home » Nvidia GeForce RTX 2080 Ti Dilaporkan Memiliki Sejumlah Masalah Serius

Nvidia GeForce RTX 2080 Ti Dilaporkan Memiliki Sejumlah Masalah Serius

Kartu grafis paling kuat untuk segmen mainstream saat ini, Nvidia GeForce RTX 2080 Ti tampaknya memiliki masalah yang cukup serius. Digital Trends melaporkan bahwa sejumlah pengguna mengalami masalah teknis, mulai dari ketidakstabilan maupun artefak setelah mereka menginstal GPU tersebut, bahkan beberapa diantaranya mengalami kegagalan hardware setelah penggunaan beberapa hari.

Tentu, ini bisa dampak negatif bagi konsumen, kususnya bagi mereka yang berencana untuk membeli kartu grafis yang memiliki nilai harga fantastis tersebut. Dan masalahnya bukan hanya pada seri Founder Edition saja, namun juga pada beberapa kartu grafis OEM, seperti dari Gigabyte maupun ASUS.

Baca juga : Nvidia GeForce MX130 Review : GPU Handal Untuk Notebook Kasual

Kartu grafis Nvidia RTX 2080Ti yang didasarkan pada arsitektur Turing ini merupakan GPU konsumen paling kuat yang pernah dibuat dan mendukung fitur visual permainan baru yang menarik seperti deep learning supersampling (DLSS) dan Ray Tracing. Meski, peningkatan kinerja di atas generasi terakhir tidak sedramatis seperti apa yang diharapkan banyak kalangan. Dan ketika nilai harga tinggi yang ditetapkan membuat beberapa orang yang khawatir dan bisa menjadi salah satu “masalah” utama, kini, perhatian jaminan kualitas ikut bergabung menjadi bom waktu yang bisa saja meledak hari ini.

Nvidia GeForce RTX 2080 Ti

Menurut Digital Trends, masalah teknis yang kini banyak dibicarakan oleh hampir semua media teknologi sebenarnya sudah ada ketika thread di forum Nvidia tentang kartu RTX 2080 Ti yang mati dan sekarat masih terpampang , dimana ini sudah berminggu-minggu ditampilkan.  Bahkan, thread tersebut diisi dengan ratusan komentar yang menyoroti berbagai masalah termasuk sistem yang crash, layar hitam, Blue screen, artefak, dan kartu yang gagal berfungsi sepenuhnya . Beberapa laporan juga hadir pada versi RTX 2080, namun referensi mayoritas ada pada seri RTX 2080 Ti.

Selain itu, Thread di Reddit juga menungunggah hal yang sama, dengan tema yang serupa telah muncul juga, merinci proses RMA yang sekarang banyak dilalui oleh pengguna. Dan masalah utama ini hadir khususnya pada seri Founder Edition, meskipun beberapa pengguna yang memiliki kartu grafis dari pihak ketiga, seperti dari Gigabyte dan Asus juga melaporkan kegagalan pada GPU baru mereka.

Kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2080 Ti tentu merupakan GPU terbaik dari yang pernah ada hingga sekarang, terlebih lagi dengan kemampuannya yang mampu menangani 4K gaming diatas 60fps pada pengaturan tertinggi, apalagi nilai plus lainnya seperti fitur terobosan yang dikenal sebagai ray tracing. Semoga saja, masalah kali ini yang berkaitan dengan GPU tersebut, khususnya pada seri founder Edition bisa cepat terselesaikan dan tidak berimbas pada masalah yang jauh lebih serius, khususnya untuk konsumen.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait