- Berita Terbaru, Gaming Gear, Prosesor

AMD Zen 2 7nm Siap Hadir Dengan Kekuatan 5 Kali Lebih Baik Dari Zen+

AMD Zen 2 yang siap disajikan dengan arsitektur 7-nanometer dan dikabarkan akan dirilis pada awal tahun 2019 tampaknya akan memiliki kinerja 5 kali lebih hebat jika dibandingkan dengan seri Zen+ yang hadir dengan proses manufaktur 12nm.

Ini tentu merupakan kabar yang sangat baik bagi penggemar, terlebih lagi bagi mereka yang berencana akan mengupgrade sistem lama pada seri prosesor terbaru AMD. Zen 2 itu sendiri merupakan nama kode untuk penerus arsitektur mikro Zen dan Zen + yang akan dibuat pada node 7nm dari TSMC dengan sampling produk yang direncanakan hadir akhir tahun 2018, diikuti dengan rilis secara luas awal tahun 2019.

Baca juga : AMD Ryzen Threadripper 2970WX & 2920X Siap Dirilis 29 Oktober Mendatang

Pada CES 2018 kemarin, AMD menegaskan bahwa desain Zen 2 telah selesai; namun, seri tersebut tidak akan disajikan pada tahun ini, dimana menurut banyak kalangan, termasuk para analis bahwa kehadiran barisan CPU tersebut bisa memberikan banyak kejutan untuk seri Ryzen berikutnya.

AMD Zen 2 konon akan menampilkan peningkatan 13% dalam instruksi per jam (IPC), atau dikenal sebagai instruksi yang dieksekusi untuk setiap siklus jam. Ini tentu bisa sangat mengesankan, karena hal tersebut berarti bahwa kita akan melihat peningkatan IPC hampir lima kali lipat jika dibandingkan dengan peningkatan 3% yang disajikan dari prosesor Ryzen Zen+ jika dibandingkan dengan generasi pertama.

Hal tersebut diperkuat dengan hadirnya beberapa rumor terbaru, bahkan Bits and Chips, sebuah situs teknologi Italia juga mengklaim telah mendapatkan informasi dari seorang “yang cukup dipercaya”, dimana ia juga bertanggung jawab atas sumber kebocoran Intel Kaby Lake G sebelumnya yang ternyata terbukti nyata.

Jika kebocoran tersebut benar adanya, peningkatan IPC ini dapat menjadi sesuatu yang monumental, bahkan dalam menghadapi prosesor-prosesor Coffee Lake Refresh yang disajikan Intel. AMD sendiri sudah memberikan pilihan yang menarik dan mengesankan ketika mereka melompat dari chip Zen 14nm ke chip Zen + 12nm, terlebih lagi kehadiran prosesor Ryzen 5 2600X dan Ryzen 7 2700X dengan nilai harga yang murah bisa memberikan banyak tantangan pada lini CPU intel Coffee Lake.

Dan kini, kehadiran Zen 2 7nm yang memberikan hampir lima kali kinerja akan membawa irama permainan jauh lebih menarik, dan mungkin saja kali ini tim merah berhasil membawa semua piala ke rak lemari mereka.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “AMD Zen 2 7nm Siap Hadir Dengan Kekuatan 5 Kali Lebih Baik Dari Zen+

Comments are closed.