Intel Umumkan Pilihan Produk Terbaru : Optane DC Persistent Memory

Intel baru saja mengumumkan pilihan memori terbaru, dimana mereka menyebutnya sebagai Optane DC Persistent Memory. Ini adalah serangkaian memory stick DDR4 (dengan kapasitas 128GB, 256GB, dan 512GB) yang menggunakan 3D XPoint bukan lagi sel DRAM tradisional. Pilihan ini bisa menjembatani kesenjangan kinerja dan harga antara penyimpanan dan memori, sehingga DIMM baru tersebut bisa mendarat pada titik harga yang jauh lebih rendah daripada DRAM biasa.

Kombinasi fitur ini menciptakan prospek memory stick yang terlihat seperti DIMM dan muncul ke sistem seolah-olah mereka adalah RAM DDR4 tetapi dengan kapasitas yang jauh lebih besar dan dengan sifat Persistent: data yang ditulis ke “RAM” dipertahankan secara permanen. Memori dengan properti ini bisa menarik untuk berbagai aplikasi — misalnya, basis data yang tidak perlu lagi menyibukkan diri dengan data kembali ke disk — dan mungkin suatu hari nanti memancing perubahan signifikan dalam bagaimana cara sistem operasi dan peranti lunak dirancang.

Baca juga : Inilah Alasan Mengapa Intel Optane Memory Sangat Menjanjikan

Intel Optane DC Persistent Memory DIMMs

Sejak saat Intel dan Micron mengumumkan memori 3D XPoint pada tahun 2015, dunia telah menunggu bagaimana perusahaan menggunakannya untuk membuat stik memori. 3D XPoint sendiri memadukan properti penyimpanan flash dan memori DRAM. Seperti flash, itu tetap, mempertahankan nilainya bahkan ketika sistem dimatikan, dan itu padat, dengan sekitar 10 kali densitas DRAM. Seperti DRAM, ia mendukung akses acak latensi rendah. Intel juga mengklaim bahwa daya tahan tulisnya jauh lebih baik daripada flash.

Produk pertama untuk memukul pasar hanya drive penyimpanan dengan menggunakan istilah “Optane” sebagai pencitraan merek mereka. Ada serangkaian drive untuk pelanggan perusahaan dan beberapa tongkat M.2 yang berorientasi pada konsumen yang dirancang untuk dipasangkan dengan disk yang berputar untuk menghasilkan hibrida berkecepatan tinggi. Sementara 3D XPoint memang menawarkan beberapa manfaat dibandingkan SSD flash — khususnya, latensi drive secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan unit flash yang sebanding, dan kinerja I / O dipertahankan bahkan di bawah beban kerja baca / tulis yang berat — ini bukan cukup revolusi yang kita semua harapkan.

Intel Optane DC Persistent Memory DIMMs

Namun kini, pilihan Intel Optane DC Persistent Memory bisa memberikan solusi baru, dimana hal tersebut merupakan langkah besar perusahaan untuk meningkatkan jumlah memori yang tersedia bagi prosesor dan menghilangkan latensi yang biasanya terjadi ketika memindahkan data dari memori ke penyimpanan persisten. Hal ini tentu saja sangat berharga untuk berbagai beban kerja seperti database dan caching, sehingga pilihan memori ini hanya akan didukung pada generasi Xeon generasi Intel.

Kegigihan tersebut berarti bahwa server yang baru saja di-boot tidak perlu lagi memuat terabita data ke dalam memori, dimana data itu sebenarnya sudah ada didalam memori. Karena memori yang terus-menerus memiliki implikasi besar bagi pengembang perangkat lunak, Intel juga akan memiliki skema yang memberi pengembang (di bawah NDA) akses jarak jauh ke mesin dengan menggunakan Optane Persistent Memory sehingga mereka dapat mengembangkan dan menguji perangkat lunak yang memanfaatkan kemampuannya yang terus-menerus.

Di luar informasi dasar ini, masih banyak yang belum kita ketahui tentang Optane DC Persistent Memory, termasuk dalam urusan kinerja, daya tahan, konsumsi daya, kompatibilitas sistem / prosesor. Namun pada akhirnya, ini bisa menjadi bentuk terobosan baru dalam mengembangkan teknologi jauh lebih baik. Intel tampaknya akan memberikan kejelasan, termasuk dalam hal yang siap hadir secara luas  pada tahun 2019, tetapi pelanggan yang dipilih akan dapat memperolehnya di tahun ini.

Sumber gambar & referensi : tomshardware.com

 Baca Juga :



Comments

Related Posts

One thought on “Intel Umumkan Pilihan Produk Terbaru : Optane DC Persistent Memory

Comments are closed.