- Games, Gaming Gear, Hardware, Windows, Xbox

Far Cry 5 Game Review : 16 Menit Pertama Yang Benar-Benar Menegangkan

Far Cry 5 Game Review – Apa yang membuat sebuah game tampak hebat biasanya bukan saja dari segi kualitas grafis dan gameplay saja, namun cerita yang kuat benar-benar menyempurnakan segalanya. Itulah yang dihadirkan pada game terbaru FarCry 5, dimana game ini akan membawa sesuatu yang jauh lebih seru untuk aksi petualangan terbaik bagi pengguna.

Jadi, kali ini kami memiliki kesempatan untuk bermain game terbaru ini yang terlihat begitu menjanjikan, selain pesona nilai grafis yang benar-benar mengesankan, pilihan gameplay dan sisi cerita yang menarik benar-benar solid untuk memukau semua penonton. Saya bahkan merasa bahwa ini bukan saja “sekedar” sebuah game, namun nyatanya memberikan pengalaman yang sangat berarti dalam tingkat level berbeda, khususnya mengenai cerita yang ditawarkan didalamnya. Ada sebuah kisah tersendiri, dimana kita bisa melihat aksi heroik seorang Rookie bersama para “pejuang” militant lainnya berhasil menghancurkan sebuah kelompok kultus (Cult) yang sangat berbahaya di sebuah pedesaan.

Baca juga : Far Cry 5 : Bentuk Visual Dan Spesifikasi Minimum Untuk PC

Far Cry 5 Game Review : Sekilas Cerita

FarCry 5 membuat sejarah baru, dimana kali ini mereka menghadirkan sebuah cerita dengan setting tempat yang benar-benar nyata dan ada di dunia ini. Hope County, Montana menjadi lokasi utama tempat berlangsungnya kegiatan terlarang kultus Eden Gate, dimana tempat ini pada dasarnya nyata hadir dan merupakan sebuah negara bagian Amerika, atau lebih tepatnya Counties of Montana. Hanya saja, tidak ada tempat yang memberikan informasi lebih akurat tentang Hope County.

Far Cry 5 Game Review

Far Cry 5 merupakan action-adventure first-person game yang dikembangkan oleh Ubisoft Montreal dan Ubisoft Toronto. Game ini diterbitkan oleh Ubisoft untuk platform Microsoft Windows, PlayStation 4 dan Xbox One, dimana game ini merupakan bagian dari seri game Far Cry yang populer semenjak Far Cry ke satu dirilis.

Dalam permainan ini, kita akan menghadapi Joseph Seed dan kultus Eden Gate dengan latar belakang Hope County fiktif, Montana, dimana ia memegang pemerintahan diktator atas daerah tersebut. Ceritanya mengikuti seorang Deputi Junior (Rookie) yang tidak disebutkan namanya, yang terjebak dengan satuan tugas mereka di Hope County dan anda nantinya akan bekerja bersama faksi-faksi Resistensi untuk membebaskan daerah itu dari Eden’s Gate.

Dari awal munculnya game tersebut tampaknya sudah sangat menarik perhatian, dimana kita bisa melihat sebuah peternakan gaya khas negara Paman Sam dengan bentuk visual yang mengesankan dengan logo Hope County (yang dicoret Sinner) menandakan ada sesuatu yang salah di tempat indah ini. Dan jika anda menyentuh tombol start, ada beberapa opsi yang siap memberikan pilihan pengguna.

Untuk urusan gameplay, ada beberapa tingkat pengaturan kesulitan yang disediakan pengembang, dimana anda bisa memilih game mode antara Easy, Normal dan Hard. Tidak ada sesuatu yang salah dalam hal ini, namun jika anda benar-benar menginginkan gameplay yang nyaman, pilihan antara Easy dan normal bisa menjadi prioritas utama anda. Namun jika anda menginginkan sesuatu yang benar-benar menantang, pilihan Hard mode akan memberikan semua hal jauh lebih mengesankan.

Sebelum anda pergi terlalu jauh, ada dua pilihan lainnya yang siap menghadang pemain, itu tidak lain adalah pilihan gender. Dimana sebelum memasuki permainan, anda akan dihadapkan pada dua pilihan ini, entah anda menginginkan karakter dalam bentuk perempuan ataupun laki-laki. Semua hal ini masih dalam bentuk dasar dan masih belum memiliki opsi kostumisasi. Baru setelah anda menyelesaikan sisi intro, ada sejumlah opsi untuk menentukan karakter lebih lanjut, seperti bentuk tubuh, wajah, pakaian dan sebagainya. Jadi, setelah anda siap dengan semua hal tersebut, kehadiran intro selanjutnya bisa mengubah segala hidup anda (atau tidak).

Jadi, Mari kita mulai aksi 16 Menit Pertama Yang Benar-benar menegangkan

Saat kita melakukan perjalanan pertama, ada sejumlah loading screen yang memberikan sejumlah informasi cukup bermanfaat bagi pengguna yang nantinya akan anda hadapi. Karakter utama seperti karakter jahat Joseph Seed alias The Father sang maniak yang menyatakan dirinya sebagai the Saint (sang penyelamat), Heralds: Jacob, “the Soldier” (Mark Pellegrino), seorang mantan perwira militer yang mengawasi pelatihan dan pengerahan tentara bersenjata Eden Gate, John, ” the Baptist “, seorang pengacara yang mampu memperoleh banyak tanah di Hope County untuk Eden’s Gate dan memimpin konversi paksa penduduk; dan Faith, “the Siren”, yang bertindak sebagai seorang pasifis untuk membawa orang-orang agar bisa mempercayai kakak laki-lakinya, tetapi menjalankan kamp kerja paksa untuk penduduk yang menolak kultus. Itu semua benar-benar sebuah bagian keluarga yang benar-benar berbahaya, bahkan jauh lebih buruk dari mimpi anda.

Sejumlah intro narasi singkat akan memperlihatkan bagaimana semua kejadian hadir di Hope County yang benar-benar mengesankan, bahkan anda akan melihat sejumlah cuplikan Joseph Seed yang sangat berbahaya bagi para penduduk disana. Hebatnya, sebuah ponsel cerdas akan merekam sedikit kejadian yang hadir di sebuah gereja tua, dimana ada banyak orang bersenjata di luar sana menjaga The Father.

Disinilah, kita akan melihat sedikit aksi yang cukup mengerikan, ketika orang yang membawa ponsel tersebut terungkap dan dibawa ke sebuah latar. The Father mencongkel kedua matanya hingga ia terjatuh (entah langsung meninggal atau tidak), yang pasti semua adegan tersebut sangat tidak layak bagi pemain muda dibawah 17 tahun.

Kemudian setting berubah dalam sebuah helikopter, ketika anda dihadapkan pada aksi sesungguhnya untuk menangkap Joseph Seed. Tidak ada yang menyebut nama asli anda, hanya sebuah sebutan Rookie dimana mereka akan memanggilnya. Ini mungkin sebuah istilah bagi seorang pemula yang baru pertamakali beraksi.

Sebuah tim kecil yang mengatasnamakan US Marshal yang terdiri dari Sheriff dan beberapa timnya (termasuk anda), siap beraksi dan dihadapkan pada suasana yang cukup menarik ketika helikopter berhasil mendarat dengan selamat di sebuah desa kecil. Banyak orang bersenjata dimana-mana, dengan suasana yang cukup gelap, mengingat kejadian tersebut hadir pada malam hari. Ini tentu menjadikan suasana jauh lebih mencekam, saya bahkan merasa berada disuatu tempat yang dipenuhi Zombie yang siap melahap anda.

Orang-orang disekitar tampak siap menerkam tim ini kapan saja, dimana anda akan sedikit berjalan pada sebuah gereja tua yang kecil. Tidak ada kesempatan bagi kita untuk mengelilingi semua situasi, hanya saja semua hal berfokus pada apa yang ada didalam gereja tua tersebut. Ada beberapa senandung nada dalam sebuah nyanyian yang cukup merdu didalam gereja tersebut, meski tampak agak cukup menakutkan. Dan ketika seseorang membukan pintu gereja ini, anda akan melihat The Father sedang melakukan ceramah heroik tentang semua hal yang akan terjadi.

Marshal yang tampak sudah cukup muak dengan semua ceramah The Father langsung menghentikan Joseph, meski Sheriff mengisyaraktan untuk tetap berhati-hati. Semua seolah tampak berlangsung lancar, bahkan ketika Marshal akan memerintahkan anda untuk memborgol the Father. Beberapa orang sempat mencoba untuk menghalanginya, namun tidak ada kontak senjata saat kita membawanya pergi ke helikopter. DIsinilah semua hal jauh lebih menakutkan terjadi.

Saat helikopter akan beranjak pergi, tiba-tiba para pengikut setia mencoba untuk menahan lajunya helikopter tersebut, bahkan beberapa diantaranya mencoba naik. Disinilah tembakan pertamakali terjadi, ketika seseorang yang terlalu dekat dengan anda mencoba menarik Marshal, sebelum ia menembaknya hingga terjatuh. Tidak ada tembakan musuh yang terlihat, namun yang pasti karena beban terlalu berat, helikopter kemudian menjadi tidak stabil dan terjatuh di suatu tempat dan tampak seperti hutan yang gelap gulita.

Ketika anda terbangun, Marshal dan seseorang perumpuan di tim tidak sadarkan diri, dan satu hal yang pasti bahwa Joseph serta Sheriff tampak menghilang dari tempat duduknya. Tiba-tiba, Joseph hadir dihadapan anda dengan pandangan mata yang cukup tajam didalam sebuah kacamata. Ia tampak jauh lebih mengerikan dari seseorang yang saya benci, apalagi saat ia kembali berceramah. Dan nyatanya, seseorang di radio yang harusnya menjadi bantuan ternyata bagian dari Kultus Eden, bahkan ia menyebutnya sebagai The Father.

Saat anda mencoba untuk menyelamatkan diri bersama Marshal, mereka menarik perempuan tersebut (entah sebagai tawanan atau dihukum mati), hanya saja tidak ada waktu untuk semua hal tersebut. Satu-satunya jalan untuk menghindari hal terburuk adalah pergi lari dengan sisa senjata yang ada. Darisinilah semua hal dimulai, dimana nantinya anda akan bertemu dengan seseorang yang berhasil bertahan dan akan memberi tugas sebagai misi utama atau sampingan hingga pada titik puncak, dimana anda harus membunuh semua karakter jahat di Far Cry 5.

Beberapa Hal Yang perlu anda ketahui dalam Far Cry 5

Jadi, ini semua merupakan sekilas cerita bagaimana semua aksi bisa memberikan kesan yang berbeda, namun jalan cerita yang sangat kuat dan benar-benar menegangkan akan memberikan nuansa yang benar-benar mengesankan. Sebelum anda pergi terlalu jauh dalam memainkan game ini, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui. Diantaranya adalah :

  • Pertama, jika anda berencana untuk bermain game ini dalam versi PC, maka pastikan sistem anda benar-benar layak untuk bisa memenuhi persyaratan sistem. Anda bisa menemukannya disini.
  • Kedua, Game ini memiliki rating Mature 17+ atau khusus untuk berusia diatas 17 tahun. Itu karena beberapa adegan mengisyaratkan atau berkaitan dengan berbagai adegan kekerasan, sexual themes, strong language, dan sebagainya. Pastikan anda memenuhi semua persyaratan tersebut.
  • Selain misi utama, akan ada juga pilihan Side mission. Jadi, game ini akan jauh lebih panjang dalam urusan single player.
  • Dunia dalam Far Cry 5 benar-benar terbuka, sehingga akan memberikan kesempatan bagi kita untuk pergi kemana saja, sepanjang dari peta yang diberikan. Anda bahkan bisa beraktivitas seperti mancing, berburu, bahkan terbang dan menyelamatkan seseorang.
  • Selain itu, dalam game ini juga kita bisa menyewa seseorang untuk beraksi bersama kita, entah anda membayarnya dengan sejumlah uang atau juga menyelamatkan seseorang dan ia akan hadir dengan sukarela. Selain itu, anda juga bisa memakai binatang sebagai teman anda dalam beraksi.
  • Fitur Friend and Hire akan memberikan pengalaman co-op dua pemain sekaligus yang meluas di semua misi.

Nah, itu dia sedikit hal yang perlu anda ketahui, meskipun pada dasarnya masih ada banyak hal yang bisa kita lihat dalam beberapa fitur lainnya didalam game. Dan perlu diketahui bahwa harga dari game ini (khususnya untuk platform Windows) ditawarkan mulai dari 689 ribu rupiah. Sedangkan untuk Deluxe Edition dan Gold Edition memiliki harga yang berbeda. Anda bisa melihat lebih lengkapnya di Steam atau Ubisoft Store.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat