AMD Ryzen Mobile Prosesor : Spesifikasi & Pilihan Konfigurasi

AMD hari ini kembali berhasil membuat semua orang terkesan, dan alasan utama mengapa semua hal tersebut terjadi adalah  kehadiran prosesor terbaru untuk mobile bisa memberikan sesuatu yang sangat menjanjikan. Ya, ketika sebelumnya mereka menghadirkan pilihan prosesor AMD Ryzen untuk desktop yang sangat mengagumkan dalam hal performa, kali ini mereka memberikan sesuatu yang jauh lebih tangguh lagi. Ini tidak lain dari kehadiran prosesor AMD Ryzen Mobile yang siap terbang ke langit, apalagi kini mereka hadir dengan pilihan grafis terintegrasi AMD Vega didalamnya.

Anda tidak akan pernah tahu bagaimana rasanya memiliki sesuatu yang patut dibanggakan, dan salah satunya bisa jadi dalam bentuk pilihan antara kombinasi prosesor AMD Ryzen yang begitu luar biasa dengan pilihan GPU AMD Vega didalamnya. Dan mereka berhasil menyatukan dua buah kekuatan yang begitu luar biasa dalam sebuah ultrabook super tipis, dimana mereka menyebutnya sebagai the World’s Fastest Processor for Ultrathin Notebooks. Dengan hadirnya pilihan prosesor terbaru untuk mobile, maka mereka melengkapi jajaran prosesor terbaru tahun 2017 ini dengan sangat sempurna, bahkan lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga : Prosesor Intel generasi ke-8: Line Up, Harga & Konfigurasi

Jadi, apa saja pilihan prosesor AMD Ryzen Mobile itu?

Ada dua buah pilihan prosesor yang siap dihadirkan untuk jajaran notebook terbaik hari ini, dan semua pilihan ini sudah siap dengan fitur quad core yang cukup menjanjikan untuk segala performa yang bisa anda hadirkan padanya. Selain itu, pilihan prosesor ini juga sudah memiliki fitur teknologi yang sama dengan seri desktop, sehingga anda mungkin akan melihat bagaimana performa yang dihadirkan pada jajaran prosesor ini bisa jauh lebih baik dari seri prosesor mobile AMD yang pernah ada.

Dua pilihan yang hadir ini didasarkan pilihan pengguna yang ideal, walaupun semuanya benar-benar mampu memberikan performa terbaiknya. Pilihan tersebut diantaranya adalah :

SpesifikasiAMD Ryen 7 2700UAMD Ryzen 5 2500U
CPU Cores44
# Thread88
Base Clock2.2 Ghz2.0 Ghz
Boost Clock3.8 Ghz3.6 Ghz
GPU Cores10 Radeon Vega Cus8 Radeon Vega Cus
GPU ClockUp to 1300 MhzUp to 1100 Mhz
L3 Cache4 MB Shared4 MB Shared
TDP15W15W
DRAM SupportedUp To DDR4-2400 (Dual Channel)Up To DDR4-2400 (Dual Channel)

AMD Ryzen 7 2700U

Pilihan prosesor ini merupakan pilihan dengan konfigurasi tertinggi dan yang terbaik. Prosesor quad core ini hadir dengan 4 inti CPU didalamnya dengan jumlah thread 8. Prosesor ini akan hadir dengan jumlah L2 Cache sebesar 2MB dan tingkat clockspeed dasar sebesar 2.2 Ghz, namun mampu membrikan pilihan maksimum turbo core hingga 3.8 Ghz.  Selain itu, prosesor ini hadir didasarkan dengan proses manufaktur 14nm, sehingga anda akan melihat bagaimana prosesor tersebut jauh lebih irit dalam hal konsumsi daya dengan memiliki TDP sebesar 15W. Apa yang terbaik dari prosesor ini adalah pilihan fitur unlock, sehingga anda bisa dengan cukup mudah menghadirkan proses overclocking untuk kinerja yang jauh lebih baik.

AMD Ryzen 5 2500U

Hadir pula pilihan prosesor mid-range yang bisa didihadirkan pada notebook dengan harga yang cukup terjangkau. Meskipun begitu, ia masih memiliki kekuatan prosesor quad core dengan 4 inti CPU didalamnya serta memiliki jumlah 8 Thread yang cukup menjanjikan. Prosesor ini hadir dengan jumlah L2 Cache sebesar 2MB dan tingkat clockspeed dasar sebesar 2.0 Ghz, namun memiliki fitur turbo core hingga 3.6 Ghz. Apa yang benar-benar mengesankan dari pilihan prosesor ini, apalagi dengan kekuatan yang cukup besar, semua itu dibungkus dengan nilai TDP hanya sekitar 15W saja, sehingga pilihan prosesor ini sangat ideal dengan konsumsi daya yang hemat biaya.






Grafis

Untuk menyempurnakan dua pilihan prosesor tersebut, AMD menghadirkan iGPU Vega graphic yang benar-benar menjanjikan untuk performa gaming, bahkan beberapa kalangan menyebut pilihan GPU ini setara dengan GPU Diskrit seri Nvidia Geforce MX150, dan jauh lebih baik dari Intel HD terbaru. Ini semua karena pilihan spesifikasi yang benar-benar menggiurkan dengan hadirnya 10 Graphics Core Count (8 untuk seri 2500U) dengan tingkat maksimum clockspeed hingga 1300Mhz.

Dan pilihan grafis ini tentu saja akan memberikan performa terbaiknya untuk gaming E-Sport yang cukup populer seperti DOTA 2, League Of Legends, Overwatch dan sebagainya. Dengan hadirnya pilihan grafis yang sangat kuat, anda akan melihat bagaimana setiap FPS bisa hadir sangat nyaman untuk pengalaman gaming yang sempurna dengan tingkat pengaturan antara medium-high pada resolusi 1080p.

Notebook apa saja yang sudah siap menghadirkan jajaran prosesor ini?

Jadi, jika anda benar-benar tertarik, saat ini ada 3 produsen laptop yang cukup populer siap untuk menghadirkan prosesor AMD Ryzen mobile sebagai pilihan terbaiknya. Beberapa produsen bahkan menghadirkan pilihan notebook seri kelas atas dan benar-benar bisa diandalkan untuk semua kebutuhan dan mobilitas yang tinggi. Pilihan tersebut diantaranya :

  • HP Envy X360 : HP dengan seri Envy X360 terbaru akan menghadirkan pilihan prosesor Ryzen 5 2500U sebagai pilihan utama mereka. Notebook kelas atas ini juga hadir dengan spesifikasi yang begitu menggoda konsumen dengan pilihan memori dual channel hingga 8GB DDR4 2400Mhz, Up to 1 TB SSD, dan pilihan display 15.6″ dengan maksimum resolusi 1080p. Semua itu dibalut dalam kualitas premium dengan berat hanya sekitar 2Kg saja.

  • Lenovo Ideapad 720S : Lenovo juga sudah siap menyebarkan notebook terbaiknya dengan dua pilihan konfigurasi, baik antara prosesor Ryzen 7 2700U maupun Ryzen 5 2500U. Semua pilihan notebook ini akan hadir dengan spesifikasi lainnya yang cukup menggiurkan, yakni pilihan RAM Single Channel DDR-2133, SSD NVMe 512GB, dan display 13.3″ dengan maksimum resolusi Full HD dan teknologi layar IPS. Semua itu dibalut dalam sebuah ultrabook yang sangat tipis dengan bobot sekitar 1.1 Kg saja.

  • Acer Swift 3 : Dan yang terakhir adalah Acer Swift 3. Ada dua konfigurasi yang siap hadir, termasuk dua pilihan prosesor tersebut. Untuk menyempurnakan pilihan notebook dari Acer, produsen memberikan pilihan spesifikasi penunjang lainnya, diantaranya Dual Channel Memory 8GB DDR4-2400 Mhz, Up to 256 GB SSD, dan pilihan display 15″ dengan maksimum resolusi Full HD. Untuk menyempurnakan laptop ini, ia hadir dengan berat hanya sekitar 1.8 Kg.

AMD Ryzen mobile

Produsen lain tampaknya siap mengikuti jejak mereka, seperti ASUS, namun saat ini kami belum memiliki informasi yang detail mengenai hal tersebut. Namun begitu, pilihan prosesor untuk AMD Ryzen Mobile tampaknya jauh lebih ideal untuk ultrabook yang super tipis dan benar-benar membawa sisi elegan diluarnya. Kombinasi ini akan memberikan nilai yang jauh lebih sempurna jika dibandingkan dengan seri terdahulu.

Kesimpulan

Tampaknya, inilah yang menjadi kekhawatiran terbesar dari Intel, dimana semua lapisan AMD Ryzen kini memasuki semua pilihan yang hadir untuk konsumen dengan konfigurasi yang jauh lebih baik. Dan mungkin inilah salah satu alasan mengapa mereka menghadirkan pilihan prosesor terbaru dengan hadirnya seri Kaby Lake S pada jajaran prosesor mobile dengan fitur quad core didalamnya. Meskipun begitu, AMD tampaknya memiliki keunggulan tersendiri, selain karena fitur quad core yang sudah siap memberikan performa terbaiknya, ia juga sudah memiliki pilihan grafis terintegrasi yang jauh lebih solid dan bisa memberikan performa gaming yang lebih meyakinkan. Apalagi jika pilihan harga yang dihadirkan bisa memberikan sesuatu yang jauh lebih terjangkau untuk konsumen.

Terlepas dari itu semua, AMD Ryzen mobile tampaknya akan menjadi pilihan prosesor tangguh untuk notebook yang bisa memberikan sesuatu yang lebih baik, khususnya untuk seri ultrabook kelas atas. Anda bahkan akan melihat bagaimana idealnya mereka untuk pilihan notebook super tipis dengan performa yang benar-benar mengagumkan. Jadi, jika anda sedang mencari notebook terbaik, pilihan AMD Ryzen mobile bisa menjadi pilihan terbaik yang bisa anda dapatkan hari ini.

 Baca Juga :



Comments