AOC I2280SWD : Monitor Full HD & Panel IPS Dengan Harga Termurah

Melakukan pekerjaan editing , bermain game dan sebagainya biasanya memerlukan sebuah monitor yang ideal untuk memenuhi tampilan grafis yang sangat baik. Namun pilihan monitor yang seperti itu seolah hanya hadir dengan pilihan harga yang cukup mahal. Tapi tidak untuk hari ini, karena kehadiran monitor dari AOC I2280SWD dengan ukuran 22″ bisa mengubah semua pandangan anda tentang monitor.

Ya, monitor AOC seri ini memiliki semua kemampuan yang dimilikinya untuk menghadirkan tampilan yang sempurna dengan kehadiran panel IPS, resolusi Full HD dan tentu saja pilihan harga hanya sekitar 1.3 jutaan saja yang akan membuatnya jauh lebih sempurna bagi mereka yang memiliki keterbatasan anggaran.

Walaupun sekilas tampak “biasa” saja, spesifikasi yang dihadirkan monitor ini terhitung cukup istimewa, apalagi AOC memang dikenal memiliki jajaran produk yang terhitung “murah” namun memiliki kualitas yang bisa diandalkan.  Dan salah satunya hadir pada produk monitor AOC I2280SWD dengan ukuran layar 22″. Pilihan ini tentu bisa menjadi bahan pertimbangan anda ketika sedang mencari monitor yang sangat baik dengan harga yang “ramah” dengan kualitas dan kemampuan yang sangat baik. Jadi, mari kita ulas sekilas mengenai monitor tersebut dibawah ini.

AOC I2280SWD : Spesifikasi & Desain

AOC I2280SWD memiliki tampilan desain yang terhitung sederhana, namun memiliki bentuk yang cukup ramping dan solid. Monitor ini memiliki ukuran sekitar W×H×D (mm) : 500x373x200 dengan berat sekitar 2.4 kg. Anda akan memiliki sebuah paket yang cukup lengkap ketika membeli monitor ini dengan kelengkapan Wire holder, CD Manual, Monitor base , kabel power dan  kabel analog VGA .

Monitor ini hadir dengan kehadiran bezel yang cukup sempit sekitar 2 mm, sehingga terlihat seolah bahwa monitor ini lebih besar dari ukuran aslinya. Sebagaimana kita tahu bahwa bezel pada monitor merupakan area bingkai luar di sekeliling kaca monitor.

Pada bagian belakang monitor, anda akan melihat bentuk tubuh dengan kurva senyum yang memiliki sebuah arti tertentu, namun saya masih memikirkan hal tersebut hingga sekarang apa artinya ini. Hanya saja, konektivitas pada monitor ini dihadirkan seolah tersembunyi di area tersebut dengan posisi kebawah, sehingga anda tidak akan melihat kehadiran fitur ini jika melihat dari gambar bagian belakang saja. Sedangkan tingkat kemiringan yang bisa anda atur antara -5 derajat sampai 23 derajat.

Monitor ini memiliki konektivitas port sedikit terbatas dengan kehadiran sebuah kabel power, Analog dan DVI. Tidak adanya pilihan HDMI bisa menjadi sisi minus pada monitor ini, namun sekali lagi, pilihan harga yang jauh lebih murah mungkin menjadi keterbatasan monitor ini untuk urusan konektivitas.

SpesifikasiAOC I2280SWD
HargaRp 1,399,000 (Beli)
Screen Size21.5"
Display Area476.64 (H)×268.11 (V)mm
Brightness250 cd/m²
Contrast Ratio1000:1 (Typical)
20,000,000:1 (DCR)
Smart Response6ms
Viewing Angle178/178
Scan Frequency30-83KHz/ 50-76Hz
Recommended Resolution1920x1080
Display Colours16.7M
Input SignalAnalog & DVI
Power SupplyExternal
Power Consumption23W
Safety & RegulationsEPA 6.0,Windows 8,CE, RoHS
Wall-MountVESA 100x100mm
Cabinet ColourBlack
Mechanical FunctionTilt: -5°~23°
W×H×D (w/base) mm500x373x200
W×H×D (package) mm558x380x124
Weight (Net/Gross) kg2.42/3.5




Display

Ketika tampilan yang hadir terhitung “biasa” saja, berbeda halnya ketika kita melihat spesifikasi internal yang dihadirkan. Layar dengan ukuran asli 21.5″ ini memiliki hampir semua kebutuhan banyak orang mengenai sisi ideal bagi sebuah monitor, tentu saja layak juga untuk memenuhi persyaratan ideal bagi monitor gaming. Selain memiliki resolusi maksimal Full HD (1920×1080), ia sudah memiliki panel IPS dengan kualitas layar yang cukup tajam dan tentu saja viewing angle jauh lebih sempurna hingga 178 derajat.

Sebagaimana kita tahu bahwa panel IPS (In-plane switching) merupakan teknologi layar untuk display kristal cair (LCD). Ia dirancang untuk mengatasi keterbatasan utama dari matriks medan tikungan yang biasa dihadirkan pada panel nematic matrix (TN). Keterbatasan ini meliputi ketergantungan sudut pandang kuat dan reproduksi warna yang berkualitas rendah. Dengan kehadiran panel IPS, tampilan gambar dan warna akan hadir dengan konsisten walau dilihat dari berbagai sudut.  Selain itu juga Layar IPS memiliki Color Gamut lebih banyak dibanding layar dengan panel TN. Artinya layar Monitor IPS mampu menghasilkan warna jauh lebih hidup. Bentuk

AOC I2280SWD juga memiliki maksimum tingkat refresh rate hingga 76Hz dan waktu respon sekitar 6 ms. Tingkat refresh monitor memiliki dampak pada lag input. Walaupun bukan yang terbaik, layar diatas 60Hz tidak akan pernah memiliki input lag yang terlihat di bawah 16,67 ms. Sedangkan waktu respon yang dimiliki oleh monitor ini sudah layak untuk memenuhi kebutuhan gaming super cepat walaupun bukan yang terbaik.

Teknologi Yang Hadir

AOC I2280SWD  hadir dengan teknologi Flicker-Free yang akan memanfaatkan Smooth DC (Direct Current) untuk mengurangi masalah screen Flicker pada layar. Dengan hadirnya teknologi ini, mata anda bisa lebih nyaman saat bermain game dengan waktu yang cukup lama di depan  layar Monitor.

Selain itu, hadirnya fitur Clear Vision semakin menyempurnakan kualitas gambar dan warna. Fitur ini dapat meningkatkan kualitas gambar SD (Standard Definition) menjadi HD (High Definition) agar gambar terlihat lebih tajam dan cerah.

Konsumsi Daya

Dengan hadirnya pilihan daya input sekitar 240Vac, konsumsi daya pada monitor ini cukup rendah. Monitor ini akan mengkonsumsi daya ketika sedang bekerja sekitar 23W, sedangkan saat beroperasi dalam mode Stand By sekitar 0.5W saja.

Simpulan

Ketika pilihan murah biasanya hadir dengan kualitas “biasa” saja, berbeda halnya dengan kehadiran monitor AOC I2280SWD  ini. Dengan harga yang cukup terjangkau, justru anda akan memiliki sebuah monitor Full HD yang berkualitas, apalagi kehadiran panel IPS justru akan membuat layar anda jauh lebih baik dan lebih tajam dibandingkan dengan panel lainnya. Selain itu, pilihan ukuran layar 22″ dengan bezel yang cukup tipis merupakan keunggulan tersendiri pada monitor ini yang layak untuk anda pertimbangkan. Hanya saja pilihan konektivitas dan beberapa faktor lainnya memiliki keterbatasan jika anda memiliki GPU yang hanya memiliki Port HDMI saja.

Tapi, semua hal yang telah dihadirkan, AOC I2280SWD sangat ideal sebagai pilihan monitor yang sangat baik dengan harga jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan merk lainnya. Dengan kisaran harga sekitar 1.3 jutaan, anda akan mendapatkan sebuah monitor 22″ serta panel IPS yang sangat baik.



 Baca Juga :

Loading…

Comments