Laptop Gaming Kini Bisa Lebih Tipis Dengan Hadirnya Nvidia Max-Q

Laptop Gaming Kini Bisa Lebih Tipis Dengan Hadirnya Nvidia Max-Q

Sebagaimana kita tahu bahwa hampir sebagian besar laptop gaming adalah laptop dengan chassis besar dengan berbagai bentuk pendingin kustom yang juga sama besarnya dengan ukuran yang dihadirkan. Tapi tampaknya laptop gaming dengan bentuk besar tidak akan lagi berlaku, karena hari ini dalam  konferensi pers di Computex, Nvidia mengumumkan bahwa mereka memiliki pendekatan desain barunya dengan cara yang tidak biasa. Max-Q, desain terbaru dari Nvidia dimaksudkan untuk membuat laptop gaming semakin lebih tipis, lebih cepat dan lebih tenang. Anda bisa  menemukan laptop dengan spesifikasi Max-Q hadir dengan GPU GeForce GTX 1080, 1070 dan 1060 Nvidia dari berbagai vendor besar mulai tanggal 27 Juni mendatang.




Tujuan utama dari Max-Q adalah agar notebook gaming bisa memiliki ukuran 3 kali lebih tipis dengan kinerja 3 kali lebih baik dibanding laptop yang sudah ada. Bahkan anda bisa menemukan laptop gaming dengan ketebalan hingga setipis 0,7 inci dimasa mendatang, ungkap Nvidia. Dan ini bukan berarti menurunkan kinerja, malah sebaliknya bahwa kinerja yang hadir justru akan mencapai 70 persen lebih banyak dari sebelumnya. Laptop ini akan datang dari berbagai produsen besar termasuk Acer, Alienware, Asus, Clevo, Gigabyte, HP, Lenovo, Maingear, MSI, Origin dan lainnya. Dan ini semua masih berdasarkan arsitektur Pascal dari Nvidia, juga lebih dikenal sebagai GPU seri 10. Untuk saat ini, tim dari Nvidia masih memastikan semua tingkat presisi dari laptop sampai ke komponen listrik untuk memastikan semuanya bisa seefisien mungkin.

laptop gaming

Pengoptimalan tersebut juga ternyata mencakup kurva clockspeed dengan tegangan yang lebih rendah GPU seperti GTX 1080 agar memaksimalkan kinerja tapi disisi lain juga mengurangi daya yang dihasilkannya. Driver Game Ready bisa lebih baik untuk meningkatkan efisiensi dan solusi termal untuk laptop agar tetap dingin, hasilnya, ini memungkinkan kinerja gaming bisa lebih tinggi. Laptop gaming yang dirancang untuk Max-Q bahkan siap untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan GeForce dari layar G-Sync ke game VR dan 4K.

laptop gaming

Nvidia ternyata telah menunjukkan beberapa laptop dari MSI, Clevo dan Asus yang sudah menggunakan desain Max-Q, dan anda pasti akan kagum betapa tipisnya notebook gaming ini. Apalagi, kehadiran laptop tersebut juga masih mempertahankan semua port yang bisa anda harapkan dan bermain game seperti Tekken 7, Mass Effect Andromeda atau Overwatch pada frame rate tinggi dengan grafis yang tajam.




Selain itu juga, Nvidia mengumumkan teknologi yang tidak kalah pentingnya, yakni WhisperMode terbarunya. Ini memungkinkan laptop bisa berjalan lebih tenang saat bermain game. WhisperMode mengonfigurasikan pengaturan grafis dan frame rate untuk bisa mendukung efisiensi daya, yang seharusnya membuat laptop tidak terlalu berisik saat sedang bermain game. Semua laptop berbasis Pascal akan segera mendapatkan update terbaru ini melalui update software di GeForce Experience.

Sumber gambar & referensi : laptopmag.com & pcworld.com

Baca juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com