Cloud Hosting

MacBook Pro 13 Inch 2016 Review : Fitur Audio Dan SSD Terbaik Dari Yang Pernah Ada

MacBook Pro 13 Inch 2016 merupakan barisan terbaru dari produk Mac yang dikhususkan untuk kelas Entry-level, dimana ia memiliki 2 pilihan, tanpa atau dengan Touch Bar. Mungkin oleh Apple, Macbook ini dihadirkan sebagai Entry Level, tapi ia memiliki kinerja lebih dari apa yang diharapkan oleh banyak pengguna. Dengan laptop seharga 18 jutaan ini(non Touch Bar), Anda akan mendapatkan layar lebih cerah dan lebih berwarna dari MacBook Pro 13-inch generasi sebelumnya.

MacBook Pro 13 Inch 2016 memiliki sebuah touchpad yang lebih besar, speaker yang keras, dan kinerja cepat, yang dibungkus dalam desain lebih tipis, lebih ringan dan lebih kecil dari pendahulunya. Masa pakai baterai pun cukup mengagumkan.




Jika Anda ingin memiliki pilihan yang lebih kuat, dengan layar multi-touch di atas keyboard yang menyediakan segala macam cara pintas yang bagus, Anda harus membayar lebih dari 24 jutaan untuk model Touch Bar.

Mari kita ulasan lebih detai mengenai MacBook Pro 13 Inch 2016 tanpa Touch Bar ini.

Desain

MacBook Pro terbaru ini terlihat lebih klasik, tapi juga tidak mengesampingkan sisi modern. Ia memiliki tubuh aluminium yang kompak, karena memiliki 23 persen volume lebih sedikit dan 17 persen lebih tipis dari MacBook Pro yang terakhir. Dan tingkat presisi yang dihadirkan sangat luar biasa bekerja, termasuk perforasi speaker kecil yang mengapit keyboard, yang memberikan dek simetri cukup mencolok. Tampaknya setiap lekukan desain diukir dengan sempurna.

Macbook Pro
Pilihan warna Macbook Pro Gray (abu-abu)

Anda bisa memilih 2  warna, Gray atau Silver, dimana pancaran rona dari warna ini tampak memiliki getaran yang sangat canggih. MacBook Pro ini memiliki ukuran :

  • Tinggi: 1,49 cm (0,59 inci)
  • Lebar: 30,41 cm (11,97 inci)
  • Tebal: 21,24 cm (8,36 inci)
  • Berat: 1,37 kg (3,02 pound)3

Sehingga membuatnya lebih kecil di setiap dimensi dari model sebelumnya. Mari kita lihat spesifikasi lengkapnya:

MacBook Pro 13 inch 2016 
Processor Intel Core i5-6360U 2 GHz
Graphics adapter Intel Iris Graphics 540, Core: 900 MHz, Memory: 933 MHz
Memory 8192 MB LPDDR3
Display 13.3 inch , 2560x1600 pixel 227 PPI, APPA034, glossy: yes
Mainboard Intel Skylake-U Premium PCH
Storage Apple SSD AP0256, 256 GB
Soundcard Intel Skylake-U/Y PCH - High Definition Audio
Connections2 USB 3.1 Gen2, 2 Thunderbolt, Audio Connections: 3.5 mm headset port, Brightness Sensor
Networking 802.11 a/b/g/n/ac (a/b/g/n/ac), Bluetooth 4.2
Sizeheight x width x depth (in mm)15 x 304 x 212 ( = 0.59 x 11.97 x 8.35 in)
Battery 54 Wh Lithium-Polymer
Operating System Apple macOS 10.12 Sierra
Camera Primary Camera: 0.8 MPix
Additional featuresSpeakers: Stereo speaker, Keyboard: Chiclet (Butterfly v2), Keyboard Light: yes, 12 Months Warranty
Weight 1.37 kg ( = 48.33 oz / 3.02 pounds) ( = 0 oz / 0 pounds)
HargaRP 19.544.000

Port

MacBook Pro 13-inch ini memiliki dua port Thunderbolt 3 di sisi kiri dan jack headphone di sebelah kanan. Kabar baiknya adalah bahwa Thunderbolt 3 port, juga memiliki konektor USB-C, yang mampu melakukan pengisian daya dan transfer data melalui koneksi tunggal. Selain itu, mereka menawarkan kecepatan super cepat transfer (hingga 40 Gbps) dan bisa terhubung juga pada dua 4K monitor. Anda bisa mengisi laptop dengan menggunakan salah satu dari dua port,dimana Apple tampaknya telah pensiun dari koneksi MagSafe nya.

Macbook Pro
2 Port Thunderbolt

Sayangnya, Apple sudah menyingkirkan slot kartu SD, yang berarti Anda harus menggunakan card reader USB-C atau menghubungkan kamera langsung ke laptop dengan menggunakan dongle.

Apple juga menjual USB-C Digital AV Multiport adaptor seharga 900 ribuan yang mencakup koneksi HDMI dan ukuran penuh USB port untuk menghubungkan perangkat seperti iPhone, kamera dan peripheral lainnya, tapi ada juga pilihan pihak ketiga yang lebih murah.

Display

Macbook Pro
Sumber referensi : laptopmag.com

Dengan hadirnya layar Retina display dengan maksimal resolusi 2560 x 1600 pada MacBook Pro 13-inch terbaru ini diklaim oleh Apple bahwa ia mampu menghadirkan tingkat kecerahan hingga 67 persen lebih terang dari sebelumnya dimana ia memiliki kecerahan 500 nit. Tampilan dari layar ini juga menawarkan warna yang kaya, dan tentu saja akan memuaskan hasrat bagi anda yang suka nonton dengan kualitas gambar yang lebih baik dan lebih detail. Pada pengujian, layar ini mampu memproduksi 113 persen dari warna gamut sRGB (angka yang lebih tinggi lebih baik).

Macbook Pro
Sumber referensi : laptopmag.com

Audio

Tingkat suara yang dihadirkan pada MacBook Pro 13-inch sangat mengagumkan. Anda bisa mendengar setiap detail dalam film atau musik, karena tampaknya kualitas speaker stereo lebih ditingkatkan pada MacBook 13-inch Pro ini. Bahkan, ini adalah speaker terbaik yang pernah ada dalam ukuran laptop .Apple rupanya telah mendesain ulang speaker agar bisa memberikan dua kali rentang dinamis dan tiga kali daya puncak sambil meminimalkan distorsi.

Keyboard dan Touchpad

Anda akan menemukan keyboard pada 13-inch Pro menjadi tampak lebih datar dibanding generasi sebelumnya. Sementara tata letak generasi kedua ini secara teknis memiliki jumlah yang lebih rendah dari perjalanan yang sama (0,5 mm) sebagai notebook, dimana ia juga menawarkan umpan balik taktil yang lebih baik, itu karena berkat desain yang ditingkatkan dan beralih dari kubah.

Macbook Pro
Keyboard baru Macbook Pro 13 Inch 2016

Macbook tanpa Touch Bar ini memiliki Papan ketik yang berukuran penuh dan berlampu latar dengan tombol78 (AS) atau 79 (ISO) , termasuk 12 tombol fungsi dan 4 tombol panah, lalu ada sensor cahaya disekitar. Dengan hadirnya keyboard ini, pengalaman menulis anda akan terasa sangat nyaman.

Macbook Pro
Touchpad yang lebih luas

Sedangkan untuk Touch trackpad, anda bisa terus klik tanpa mengklik seperti sebelumnya, karena ada sebuah mesin Taptic yang memberikan umpan balik haptic dengan tepat. Apa yang berbeda dari sebelumnya adalah ukuran; touchpad ini lebih besar dengan ukuran 13.4 x 8.3 cm, dimana ia memiliki ukuran 46 persen lebih besar dari yang terakhir . Trackpad Force Touch juga memiliki kontrol kursor yang akurat dan kemampuan mendeteksi tekanan, dimana ia mampu mengaktifkan klik yang bertenaga, akselerator, gambar yang sensitif terhadap tekanan, dan gerakan Multi-Touch.

Kinerja

Apple tampaknya untuk tetap memilih prosesor generasi ke-6 Intel Skylake Core i5 6360U pada MacBook Pro ini yang berjalan pada 2.0 GHz. Anda juga mendapatkan 8GB RAM, 256GB flash storage dan Intel Iris Graphics 540. Hasilnya, notebook ini lebih cepat dari Pro sebelumnya tapi tidak terlalu cepat dalam kompetisi.

Intel Core i5-6360U adalah ULV (ultra low voltage) dual-core SoC yang berdasarkan arsitektur Skylake dan diluncurkan pada bulan September 2015. Ia memiliki dua core CPU dengan Hyper-Threading clock 2,0-3,1 GHz (2 core. max 2.9 GHz), chip ini juga mengintegrasikan Iris Graphics 540 GPU dengan memori eDRAM dedikasi 64 MB dan dual-channel DDR4-2133 memori / DDR3L-1600 kontroler. SoC ini diproduksi menggunakan proses 14 nm dengan transistor FinFET. Selain itu, Intel Core i5-6360U juga hanya memiliki TDP 15 W (termasuk CPU, GPU dan memory controller), dan TDP bisa diturunkan menjadi 9,5 watt (cTDP bawah), mengurangi tingkat disipasi panas dan kinerja.

Macbook Pro
Sumber referensi : laptopmag.com

Pada Geekbench 4, yang mengukur kinerja secara keseluruhan, 13-inch MacBook Pro mampu mencetak skor 7.053. Dan skor itu di atas rata-rata kategori ultraportable, yakni 6618, tetapi di bawah Dell XPS 13 dengan generasi ke-7 prosesor Core i5 (7287).

Kemampuan kinerja MacBook Pro 13” ini seharusnya tidak memiliki masalah, tapi sekali lagi ia hanya jatuh di belakang notebook Windows dengan prosesor generasi ke 7- yang memiliki Core lebih bertenaga.

Grafis

Apple memilih untuk grafis Iris 540 pada 13-inch MacBook Pro, yang didukung oleh 64MB eDRAM, yang seharusnya untuk mempercepat baik itu kinerja grafis dan beban kerja prosesor. unit grafis terintegrasi ini disebut Iris Graphics 540 merupakan “GT3e” versi Skylake GPU dimana ia memiliki 48 Eksekusi Unit, juga disebut EUs, tingkat kecepatan pada 300-1000 MHz dan menawarkan kinerja sedikit di atas GeForce 920M.

Macbook Pro
Sumber referensi : laptopmag

Anda pasti bisa bermain game pada di notebook ini, seperti yang kita lihat pada hasil Dirt 3. Pada resolusi HD penuh dengan pengaturan menengah, MacBook Pro mampu menghasilkan rata-rata 35 frame per detik, yang cukup sempurna untuk dimainkan. Untuk hasil benchmark Cinebench OpenGL pada tes render grafis, yang mensimulasikan adegan kejar-kejaran mobil, MacBook Pro mencapai 35,69 fps.

Perangkat penyimpanan

Solusi penyimpanan dari laptop ini meungkin yang tercepat yang pernah digunakan untuk laptop sejauh ini. Ini memiliki sebutan Apple SSD AP0256, dengan kapasitas penyimpanan 256 GB, dan melekat melalui PCIe. Apple menggunakan chip memori dari SanDisk dalam kombinasi dengan kontroler itu sendiri. Drive ini melekat pada papan logika, tetapi Apple tidak menggunakan standar proprietary, sehingga jika anda ingin mengganti drive sendiri kemungkinan hampir mustahil.

Macbook Pro

Kecepatan transfer yang dihadirkan oleh perangkatan Apple SSD AP0256 merupakan yang tertinggi pada benchmark dengan kecepatan transfer sekuensial 508.9MB / s yang hampir tak tertandingi dalam perbandingan.

Daya Tahan Baterai

Macbook Pro

MacBook Pro 13 Inch memiliki kenerja baterai yang luar biasa, dimana ia mampu bertahan selama 10 jam pada tes surfing web. Kami melihat tes tersebut di situs Laptopmag.com, dimana Macbook ini diatur layar pada 100 nits brightness dan surfing web melalui Wi-Fi, MacBook Pro tersebut mampu bertahan kuat hingga 9 jam dan 50 menit. Ia mampu mengalahkan rata-rata laptop ultraportable yang hanya bertahan 7:58.

Suhu

MacBook Pro 13” ini mampu berjalan dingin di beberapa tempat dan hangat pada beberapa tempat lain, itu karena ia memiliki kualitas pendinginan yang handal. Selama pengujian yang kami lihat, setelah streaming video layar penuh selama 15 menit, touchpad tampaknya tidak bergeming dari suhu 25derajat, yang jauh di bawah ambang batas kenyamanan 30 derajat dari kebanyakan. Namun, keyboard dan bagian bawah notebook bisa mencapai 35 derajat.

Software

Salah satu manfaat dalam memilih Mac adalah bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang perangkat lunak pihak ketiga yang tidak diinginkan dalam mengambil ruang penyimpanan. Ini benar-benar semua tentang pengalaman MacOS Sierra yang canggih, dimana ia bisa memberikan Siri di Mac untuk pertama kalinya. Ada juga fitur Optimized Storage yang dapat membantu membebaskan ruang ketika anda membutuhkannya, serta dukungan untuk pembelian Apple Pay secara online. Selain itu juga, ia memiliki aplikasi Foto yang lebih ditingkatkan dan bisa secara otomatis menambahkan kurator gambar ke dalam koleksi siap pakai yang disebut Memories.




Pilihan konfigurasi

Laptop ini merupakan pilihan konfigurasi terendah, yang memiliki biaya seharga 19 jutaan, termasuk 2-GHz generasi ke-6 prosesor Intel Core i5, memori 8GB dan SSD 256GB PCI-e , ditambah grafis Intel Iris. Untuk versi Upgrade, rentang biaya cukup mahal, seperti melompat ke CPU Core i7 yang memiliki rentang harga 5 jutaan lebih, pilihan upgrade ke  16GB RAM akan dikenakan biaya sekitar 3 jutaan, lalu ada pilihan 512GB flash storage hingga 1TB SSD yang akan dikenakan biaya lebih dari 8 jutaan,

Jika Anda lebih memilih Touch Bar, yang menempatkan layar multitouch di atas keyboard untuk memberikan berbagai kontrol shortcut kontekstual yang relevan tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan, harganya sekitar  24 jutaan lebih. Tapi anda akan mendapatkan dua tambahan port Thunderbolt 3 dan prosesor 2,9 GHz yang lebih cepat.

Kesimpulan

MacBook Pro 13 Inch 2016 tampaknya lebih baik daripada pendahulunya dalam hampir segala hal. Dimana ia lebih cepat, lebih ringan dan lebih kompak, dan menawarkan tampilan yang lebih cerah daripada kebanyakan mesin Windows. Anda juga akan menyukai speaker stereo yang terbaik hingga saat ini untuk ukuran Notebook.

Selain itu, Hadirnya 2 port Thunderbolt 3 yang sangat cepat juga memiliki banyak manfaat, dimana selain untuk pengisian daya, ia juga bisa sebagai tempat pengisian daya untuk iPhone dan menghubungkan peripheral lainnya, serta slot kartu SD.

Harga yang ditawarkan mungkin lebih tinggi daripada kebanyakan premium Windows ultraportables, dan dan ia lebih mahal dibanding pendahulunya. Tetapi, MacBook Pro ini merupakan laptop yang sangat baik, dan kami sangat merekomendasikannya. Tapi kami juga berharap Apple bisa memasukan prosesor Intel terbaru dengan harga yang sama.

Produk terkait :

  • Apple Macbook Pro 13 inch MLL42 i5 – 2.0Ghz – 8GB – 256GB – Grey  – RP 19.544.000
  • Apple Macbook Pro 13 inch MLH12 – TOUCH BAR – 2.9 Ghz i5 – 8GB – RP 24.475.000
  • Apple Macbook Air MMGF2 – 13″ – Intel Core i5 Broadwell – RAM 8GB – Silver  – RP 12.427.000

Baca juga : 






Comments

Artikel Terkait