Cloud Hosting
PSU berkualitas

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli PSU Berkualitas

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli PSU Berkualitas

Ada banyak alasan mengapa banyak orang membeli Power Supply Unit yang terbaik, bukan saja karena alasan memberikan yang terbaik, tapi juga sebagai jaminan untuk kelangsungan komponen hardware anda mampu bertahan lebih lama.

Dan tentu saja, PSU yang terbaik tidak datang dengan harga murah, dan kenyataannya banyak pula orang yang tergoda untuk membeli PSU murah. PSU memasok daya ke seluruh sistem dan yang paling buruk, ia dapat menyebabkan motherboard atau kartu grafis mahal rusak. Jangan pernah mengambil risiko ini.




Tapi ini bukan untuk mengatakan bahwa Anda memerlukan PSU yang mahal. Ada model anggaran yang tersedia, yang sesuai dengan gagasan dari anggaran yang anda miliki. Dan disini anda perlu tahu apa yang harus dicari. Jadi, mari kita lihat panduan cepat untuk memilih PSU yang tepat tanpa melanggar keuangan anda.

1. Watt yang berkelanjutan> Puncak Wattage

Nilai Watt adalah jumlah dasar untuk membantu Anda membedakan PSU mana yang anda butuhkan dan bagaimana hal itu dinilai. Wat yang berkelanjutan dan Puncak Watt adalah penilaian berdasarkan tes oleh produsen. Wat yang berkelanjutan menunjukkan bahwa hal itu dapat memberikan kekuatan 500W terus menerus tanpa fluktuasi. Sedangkan Puncak Watt kekuatan maksimum yang dapat diberikan, tapi mungkin hanya selama satu menit sebelum jatuh lagi ke bawah.

2. Berapa Banyak Watt yang memang anda Perlukan?

Tidak semua PC dibangun sama, sehingga jumlah daya dari masing-masing memiliki kebutuhan berbeda. Sebuah high-end gaming PC jelas akan membutuhkan lebih banyak watt untuk bisa dijalankan.

Untuk mengetahui hal tersebut, anda bisa mencoba Outervision Extreme Power Supply Calculator atau Cooler Master Power Supply Calculator untuk menghitung jumlah daya yang sebenarnya dibutuhkan dari komputer anda.

Sebagai contoh, misalnya, jika kalkulator mengatakan Anda harus memiliki 370W, maka PSU 400W akan baik-baik saja, tapi 500W akan lebih baik – terutama jika Anda berencana untuk menambahkan lebih banyak bagian untuk rig.

3. Cari PSU yang memiliki rating 80+

PSU dengan rating 80+ artinya ia memiliki efisiensi 80% yang menunjukkan bahwa ia dapat mengkonversi 80% dari daya AC ke DC sedangkan efisiensi 50% menunjukkan ia dapat mengkonversi 50% dari daya AC ke DC. Dalam hal bahkan lebih sederhana: persentase efisiensi yang lebih tinggi akan lebih baik dan akan membutuhkan daya kurang dari stopkontak.

PSU berkualitas

Dan tidak sembarang PSU memiliki rating pada labelnya, karena 80+ dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi independen. Bahkan dalam PSU 80 PLUS, ada tingkat yang berbeda, yakni : 80+, 80+Bronze, 80+Silver, 80+Gold, 80+ Platinum, 80+ Titanium.

Keuntungan tambahan dari PSU yang efisien ini adalah bahwa mereka menghasilkan jauh lebih sedikit panas dari PSU lain, dan biasanya dijalankan pada volume lebih tenang juga.

4. Fitur Lain Yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa jargon lain yang mungkin anda hadapi saat berbelanja untuk PSU. Sebenarnya, anda dapat dengan aman mengabaikan semua ini sampai anda lebih akrab dengan PSU pada umumnya, tetapi jika Anda ingin tahu tentang apa yang mereka maksud, berikut adalah beberapa spesifikasi yang mungkin Anda lihat.

Rel / Rails: Anda bisa mendapatkan PSUdengan  multi-rail atau single-rail. Keduanya memiliki pro dan kontra mereka dan anda tidak perlu khawatir tentang teknis tersebut sekarang. Jika Anda tinggal di daerah yang sering mati listrik, maka anda harus mempertimbangkan multi-rail. Untuk setiap skenario lain jika semuanya baik-baik saja ditempat anda tinggal atau jika Anda menggunakan baik (UPS), maka PSU single-rail akan baik-baik saja.

Stabilitas Tegangan: Ini pada dasarnya mengacu pada kemampuan PSU untuk tetap memasok listrik di 12V tanpa harus menjatuhkan.

Kabel atau Konektor: Kecuali Anda membeli high-end PSU, Anda harus baik-baik dengan kabel yang datang dalam kotak. PSUs high-end yang menawarkan sesuatu yang disebut ” kabel modular “, yang memungkinkan Anda memiliki kabel kustom dan pin konektor untuk melampirkan bagian untuk itu.

AT vs ATX: Beberapa PSU dibuat untuk jenis motherboard AT-, dan yang lainnya untuk jenis ATX-, dan beberapa untuk keduanya. Kemungkinannya adalah, Anda menggunakan motherboard ATX standar dan akan membutuhkan PSU ATX standar, tetapi Anda mungkin ingin memeriksa rincian motherboard untuk lebih lanjut.

5. Jangan Beli PSU “Murah”

PSU Anda mempengaruhi setiap bagian dalam sistem komputer anda dan jika memiliki komponen “murah” maka ia dapat berakhir dengan sirkuit yang terbakar dalam kasus fluktuasi daya. Disisi lain,  PSUs yang berkualitas memiliki manfaat lain yang membuat mereka berharga. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  • Mereka tahan lama.Tentunya dan pasti alasan inilah yang membuat perangkat anda awet.
  • Mereka memiliki nilai jual kembali. Coba anda jual kembali katakanlah PSU Corsair lama anda, mungkin tidak sedikit yang tertarik untuk membelinya.
  • Tidak perlu repot-repot upgrade ke PSU baru, kecuali anda berencana membeli GPU baru yang super High-End.




Comments

Artikel Terkait