- Software, Tutorial, Windows

Cara Mudah Untuk Mengkonversi File MKV ke MP4

Bentuk file Mastroka (MKV) adalah format multimedia standar terbuka yang tidak didukung secara luas oleh media player berbasis software. Misalnya, software VLC dapat memainkan MKVs, namun software lainnya seperti iTunes tidak bisa. Nah, jika kalian memiliki masalah karena keterbatasan ini ketika akan memainkan file seperti film dalam bentuk MKV, kalian dapat mengkonversi file tersebut ke dalam bentuk MP4 yang lebih umum atau mudah dimainkan oleh software yang biasa kalian pakai.

Karena masalah kompatibilitas ini, untuk itu kami membuat semacam panduan dibawah ini tentang bagaimana cara untuk mengkonversi file MKV ke format MP4. Selain itu, kalian bisa pakai melalui software yang ideal termasuk link yang bisa didownload secara gratis, diantaranya melalui EaseUS Video Editor, VLC dan Movavi Video Converter.

Cara Mengkonversi MKV ke MP4 dengan EaseUS Video Editor

Ok, cara pertama dengan software EaseUS Video Editor, dimana ini pada dasarnya merupakan alat editor serba guna yang punya banyak manfaat, baik untuk video maupun audio. Hal tersebut termasuk konversi bentuk file dari MKV ke MP4 atau bahkan dukung format lain.  Kesan pertama pada EaseUS Video Editor bisa dibilang sederhana namun kuat. Selain itu, ada alasan yang cukup layak sebagai pertimbangan utama untuk merekomendasikan software ini, khususnya dalam hal mengubah format video yang ada ke yang lain, termasuk:

  • Mendukung semua sistem operasi Windows
  • Mendukung format video sumber populer: mis. MKV, GIF, MOV, FLV …
  • Mendukung format video target populer: MP4, AVI, WMV, GIF, MOV, MKV …
  • Mendukung pengeditan video all-around saat mengonversi
  • Dukungan memutar video MKV sebelum konversi file
  • Mendukung templat besar dan gratis seperti teks, filter, musik …

Nah, untuk konversi MKV ke MP4, hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah download software EaseUS Video Editor disini. Software tersebut tersedia secara gratis, meskipun produsen juga menyediakan pilihan berbayar dengan fitur yang jauh lebih banyak dengan harga yang cukup terjangkau.

Setelah selesai didownload, buka software tersebut dan lakukan beberapa langkah mudah dibawah ini. 

Langkah 1. Impor file sumber

Mengkonversi File MKV ke MP4

Pertama, luncurkan EaseUS Video Editor. Di layar beranda, kalian dapat mengimpor file atau video sumber dengan mengeklik opsi “Import” atau drag video ke area yang sesuai.

Langkah 2. Tambahkan Ke Project 

Kemudian, tambahkan file yang diimpor ke trek dengan memilih opsi “Add to Project”, atau kalian bisa menarik dan menempatkan video ke trek seperti yang diinginkan.

Langkah 3. Export file sumber

Setelah itu, klik  “Export” pada menu utama di atas.

Langkah 4. Simpan sebagai MP4 / AVI / WMV / MKV / MOV / GIF

Di bawah tab “Video”, pilih format file di antara opsi yang tersedia sebagai format file video yang kalian inginkan. Di panel kanan, kalian dapat mengedit nama file, menyesuaikan folder termasuk pengaturan Output dan jika sudah siap, klik “Ekspor”.

Cara Mengkonversi MKV ke MP4 dengan VLC

Media player VLC dapat mengenali dan memainkan hampir semua format video, termasuk MKV, dan itu benar-benar gratis. Tetapi fitur yang dihadirkan tidak hanya dapat menonton file MKV dengan VLC, tetapi juga dapat mengkonversi video ke sejumlah format, termasuk MP4. Berikut adalah caranya :

Langkah 1: Download VLC Player

Anda bisa memulai dengan pergi ke halaman VideoLAN dan unduh VLC terbaru. Pastikan untuk membaca baik ketika anda akan menginstal sehingga anda tidak memperkenalkan komputer untuk program atau virus tersembunyi.

Langkah 2: Buka VLC dan Pilih file yang akan dikonversi

Klik pada tab Media di sudut kiri atas, dan pilih Convert / Save. Dari sana, klik Add, dan cari file di PC Anda. Setelah Anda menemukan file yang anda inginkan, buka dan tekan “Convert / Save.”

convert-vlc-1

Langkah 3: Tentukan Format dan tujuan, sesuaikan pengaturan, dan mulai untuk konversi

  • Pilih Video yang akan di konversi dengan pilihan format 264 + Mp3 (MP4) di bawah bagian profil.

convert-vlc-2

  • Klik ikon Tools akan memungkinkan Anda untuk tuning yang baik untuk pengaturan Anda.
  • Tentukan Format dan konversi di VLC
  • Setelah Anda puas dengan pengaturan, tentukan di bawah “Destination” di mana Anda ingin VLC untuk mengekspor file baru ini.
  • Kemudian, klik Start. timeline akan berubah menjadi sebuah progress bar, dan setelah selesai, video Anda siap untuk diputar dalam format baru.

Cara mengkonversi MKV ke MP4 dengan Movavi Video Converter

Keunggulan dengan Movavi Video Converter, Anda dapat mentransfer MKV ke MP4 tanpa kehilangan kualitas dengan menggunakan modus SuperSpeed revolusioner. Anda juga dapat menggunakan aplikasi pintar ini sebagai converter MP4 ke MKV jika Anda perlu untuk melakukan sebaliknya.

Program ini khusus dirancang untuk konversi yang cepat antara lebih dari 180 format multimedia, sehingga anda dapat melupakan masalah kompatibilitas dalam sekali format untuk semua.

Anda bisa memulai dengan mengunduh Video Converter untuk Windows atau Mac terbaru dan mencobanya. Kemudian cukup ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini dan ubah file Anda ke dalam format yang berbeda.

Langkah 1 :instal Program Movavi Video Converter pada PC Anda atau Mac

Unduh file instalasi untuk Movavi Video Converter ke hard drive Anda, buka ketika download telah selesai, dan mulai untuk menginstal program.

Langkah 2 : Buka File untuk Konversi

1

  • Pertama, tambahkan file yang ingin anda kodekan ke dalam format yang berbeda:
  • klik Add Media di sudut kiri atas dan pilih Tambah Video. Berkat dukungan untuk konversi batch, Anda dapat mengubah format koleksi video dengan sekaligus.

Langkah 3 : Pilih Output Format

  • Buka tab Video untuk mengakses daftar format yang didukung dan pilih format yang diperlukan – MP4 atau MKV – tergantung pada tujuan Anda. Setiap format memiliki daftar preset siap pakai, dan menawarkan pilihan resolusi.

2_1

  • Pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menentukan resolusi kustom dan parameter video lainnya dengan mengklik ikon cogwheel.

Langkah 4 : Tentukan Folder tujuan dan Mulai Konversi

Secara default, semua file output disimpan dalam folder Movavi Library. Jika Anda ingin menggunakan folder yang berbeda, klik tombol folder di sebelah kanan pilihan Save to  ke dan temukan folder yang diperlukan pada komputer Anda.

3_1

Untuk mulai memproses file media, klik tombol Convert. Karena perangkat lunak Movavi mendukung teknologi terbaru pemrosesan video, konversi membutuhkan waktu hampir tidak banyak.

Wondershare Video Converter Ultimate

Jika anda menginginkan software yang jauh lebih lengkap, maka anda bisa mencoba Wondershare Video Converter Ultimate. Software ini memiliki banyak fitur, termasuk juga untuk konversi file MKV ke MP4, atau pilihan file lainnya selain MKV seperti M4V, MOV ke MP4 dan lain lain. Berikut dibawah ini kami memberikan salah satu panduan yang bisa anda coba untuk mengkonversi file MKV ke MP4 melalui software ini. Caranya pun sangat mudah dan berlaku juga untuk konversi file-file lainnya yang ingin anda coba dengan pilihan yang jauh lebih lengkap.

Cara untuk konversi file MKV ke MP4 dengan Video Converter Ultimate

  • Langkah pertama : tentu saja download dan install serta jalankan sofware Video Converter Ultimate. Software ini tersedia secara gratis, namun ada beberapa fitur yang cukup terbatas. Jika anda menginginkan lebih, maka anda bisa membeli fitur premium yang akan memberikan pilihan yang jauh lengkap.
  • Langkah kedua : Pilih menu convert pada bagian atas sebelah kiri.
  • Langkah ketiga : Tentukan sumber file MKV yang akan anda konversi dengan cara, klik tombol add files dibagian kiri atas (tanda plus), kemudian browse sampai anda menemukan file mkv yang anda cari.
  • Kemudian pilih ouput format yang akan anda tentukan, yakni ouput MP4. Lihat menu disebelah kanan, dimana ada banyak pilihan format serta kualitas. Inilah salah satu keunggulan software ini karena banyaknya fitur yang tersedia.
  • Anda bahkan bisa membuat secara kustom, fitur editing yang sesuai dengan selera anda seperti cropping, trim, effect, hingga pilihan watermark.
  • Jika semua sudah ideal dengan selera anda, anda hanya tingga menekan satu tombol untuk semua, yakni pilihan Convert.

Software ini layak untuk direkomendasikan sebagai pilihan terbaik, selain karena mudah untuk digunakan, fitur yang banyak, pilihan output yang lebih baik, bahkan anda bisa mengkonversi beberapa file dalam satu software. Penasaran ingin mencoba file ini? anda bisa pergi ke situsnya langsung atau melalui tautan ini dan download software khusus untuk konversi yang sangat baik.



Baca juga :

Loading…

Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat