Masih Perlukah Kita Memiliki Anti Virus?Anda akan terkejut ketika mengetahuinya

Apakah antivirus telah melindungi komputer Anda dengan baik atau membuatnya lebih hackable atau rentan terhadap virus ?

Baru-baru ini,pakar keamanan internet memperingatkan bahwa teknologi anti – malware menjadi kurang efektif dalam atau untuk melindungi data Anda dan perangkat yang anda miliki, dan dalam beberapa kasus,ada beberapa bukti bahwa perangkat lunak sistem keamanan atau anti virus kadang-kadang atau bahkan dapat membuat komputer Anda lebih rentan terhadap pelanggaran keamanan seperti infeksi virus atau malware.




Minggu kemarin , Departemen Darurat AS dalam Kesiapan Tim Computer Homeland Security ( CERT ) telah mengeluarkan peringatan tentang perangkat lunak antivirus yang cukup populer yang dibuat oleh Symantec, dan beberapa hal produk yang dibuat merek oleh Norton,setelah peneliti keamanan dengan Google Project Zero menemukan adanya kerentanan yang cukup kritis. Mereka mengatakan bahwa celah kerentanan ini adalah merupakan sesuatu yang buruk untuk didapat . Mereka tidak memerlukan interaksi pengguna , mereka mempengaruhi konfigurasi default , dan perangkat lunak berjalan pada tingkat privilege tertinggi,ungkap peneliti Google Tavis Ormandy dalam posting blog. Symantec sendiri mengatakan bahwa mereka telah memverivikasi dan membahas isu-isu tersebut dalam pembaruan bagi pengguna untuk disarankan dalam hal penginstalan dalam hardware mereka. Dan,ternyata hal ini bukan satu-satunya contoh dari perangkat lunak keamanan yang berpotensi membuat komputer Anda lebih aman . Profesor Universitas dari Concordia Mohammad Mannan dan mahasiswa PhD Xavier de carne de Carnavalet baru-baru ini telah melakukan beberapa penelitian tentang antivirus dan paket perangkat lunak kontrol untuk orangtua , termasuk merek populer seperti AVG , Kaspersky dan BitDefender , yang memotong beberapa fitur keamanan untuk  dibangun ke browser internet dalam hal  memverifikasi situs yang aman atau tidak bagi pengguna. Secara teori ,dan apa yang dihasilkan dalam penelitian,ternyata hasilnya cukup mengejutkan.

” Kami terkejut melihat seberapa buruk mereka , ” katanya dalam sebuah wawancara . ” Beberapa dari mereka(software anti virus),mereka bahkan tidak membuatnya aman bagi pengguna  . “. Ketika dihubungi tentang penelitian Mannan ini, Kaspersky mengatakan sedang meninjau penelitian dan AVG mengatakan telah membuat perubahan dalam hal pencegahan untuk perangkat lunak. Menurut Alexandru Balan, kepala peneliti keamanan untuk BitDefender, ia mengatakan bahwa  fitur pemindaian yang terenkripsi dalam hal konten perusahaannya merupakan usaha sebagai perlindungan berharga terhadap ancaman, tetapi juga mengatakan bahwa jenis “SSL atau TLS filtering” fitur perlu dirancang dan terus diperbarui secara hati-hati, yang ia percaya bahwa perusahaannya tersebut tidak melakukannya secara utuh atau langsung.Mannan merekomendasikan bahwa jika Anda menggunakan perangkat lunak antivirus, Anda harus memilih salah satu yang tidak memiliki fitur tersebut atau jika ada,anda harus segera mematikannya.

Kerentanan yang dilaporkan oleh Mannan maupun kerentanan Symantec yang telah diketahui ,bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, Sementara itu, banyak ahli setuju bahwa perangkat lunak antivirus mungkin tidak melakukan semua pekerjaan yang besar untuk melindungi komputer Anda terhadap ancaman hari ini. Bahkan ‘Antivirus semakin semakin hari semakin tidak berguna “tulis Stu Sjouwerman, CEO dari KnowBe4, dalam sebuah posting blog,yang juga melatih karyawan perusahaan lain untuk menjadi lebih pintar tentang keamanan internet, dalam sebuah posting blog minggu lalu.

Ketika diminta untuk menjelaskan maksud dari opininya dalam sebuah wawancara, ia mengatakan, “Orang-orang jahat … pada dasarnya sudah cerdas dan mereka mengatakan, ‘Kami tidak akan mencoba dan menghindari antivirus. Kami hanya akan menyerang organisasi di link terlemah dalam IT keamanan, yang merupakan pengguna atau singkatnya mereka akan menyerang anda “

Semakin banyaknya serangan yang berfokus pada rekayasa sosial atau phishing yang memikat pengguna ke situs yang dikompromikan,hal itu dapat mencuri informasi atau melayani ransomware.Situs-situs yang begitu pendek-hidupnya seringkali membuat perangkat lunak antivirus tidak dapat memperbarui cukup cepat untuk mengenali mereka,ungkap Sjouwerman menambahkan.

Menurut J. Paul Haynes , CEO perusahaan cybersecurity berbasis Ont Cambridge , eSentire , mengatakan bahwa  perangkat lunak antivirus yang digunakan mampu melindungi terhadap 80 sampai 90 persen dari ancaman, tapi sekarang ia berfikir bahwa hari ini sebuah anti virus mampu  melindungi terhadap kurang dari 10 persen karena cybercriminal lebih maju selangkah daripada software pembuat anti virus.

Namun, Sjouwerman dan Haynes menunjukkan bahwa meskipun tingkat kecil perlindungan yang ditawarkan oleh perangkat lunak antivirus mungkin masih layak untuk mendapatkan penghargaan harga untuk pengguna .Hanya saja, mereka berdua memperingatkan bahwa untuk  memiliki rasa aman yang palsu,anda harus memiliki antivirus yang diinstal .




Untuk konsumen , Haynes mengatakan , ” ransomware mungkin adalah hal yang perlu anda khawatirkan . ” Ransomware biasanya mengenkripsi file dan menuntut uang tebusan dari beberapa ratus atau ribu dolar dalam hal memulihkan akses dan itu tidak akan peduli seberapa baik antivirus Anda ,karena Anda masih rentan,”ungkap Haynes

Nah,pertanyaannya,Masih perlukah kita menggunakan anti virus?

Jawabannya Ya.mengapa begitu?,karena hal yang disebutkan di atas masih berdasarkan penelitian beberapa orang,meskipun reputasinya cukup terkenal. Dan walaupun anti virus kita tidak bekerja dengan maksimal,mereka masih mampu melindungi serangan dari virus. Nah dibawah ini ada beberapa tips yang sederhana bagi anda.

Tips untuk melindungi diri

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri di era pasca – antivirus ?Mannan , Haynes dan Sjouwerman semua memiliki rekomendasi yang sama :

Kembalikan segalanya secara teratur .

Anda dapat mencadangkan/backup foto dan file non – sensitif ke awan atau cloud sistem . Tapi Anda juga harus menjaga cadangan file anda pada hard drive eksternal yang tidak secara fisik terhubung ke komputer Anda ( jika tidak dapat dikompromikan dalam serangan ransomware ) . Dengan cara itu , jika Anda mendapatkan diserang oleh ransomware atau ancaman lain, Anda dapat memutar kembali ke versi sebelumnya dari komputer Anda .

Menjaga sistem Anda untuk selalu Up to Date

Menjaga sistem operasi Anda dan perangkat lunak seperti browser up to date . Mengaktifkan sistem pembaruan secara otomatis jika mereka tersedia .

Berpikir Ulang sebelum Anda mengklik link atau lampiran .

Jangan pernah mengklik link yang tidak anda ketahui, dan selalu memeriksa siapa pengirimnya.Jika Anda tidak yakin tentang mereka, lihat latar belakang pengirim.Ada banyak cara untuk pergi ke hal tersebut,salah satu cara yang ampuh adalah dengan menjelajah mesin pencarian seperti google.



Comments

Related Posts