Hal yang harus diperhatikan dalam Berbelanja Online dengan Aman

Berbelanja Online memang sangat menyenangkan, karena kita banyak waktu untuk memilih barang, tampilan barang yang menarik, tidak harus berjalan kaki dari toko satu ke toko yang lain dan sebagainya. Banyak orang melakukan kegiatan ini juga sebagai salah satu hobi, karena selain menyenangkan namun juga tidak ribet dan bisa melakukannya dimana saja. Namun, Berberlanja secara online pun bisa beresiko, tahukah anda ,berbelanja secara online pun terdapat banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan juga mengundang orang-orang jahat untuk mencuri atau pun mengambil kesempatan mengambil uang kita dengan berbagai cara.

Laporan eCrime pada tahun 2011 menunjukkan bahwa penggunaan serangan ( di mana pencuri mencoba untuk menipu Anda keluar dari kredensial masuk dan bahkan mendapatkan informasi kartu kredit Anda dengan berpura-pura menjadi situs yang nyata , atau bahkan bank secara online ) sebagai  phishing , meningkat  sebanyak delapan persen sejak kuartal kedua dan 11 persen sejak kuartal ketiga tahun lalu .




Berikut beberapa tips untuk anda ketika akan melakukan kegiatan berbelanja secara online, sehingga anda bisa mengantisipasi segala kemungkinan terjadinya kejahatan.

  1. Gunakan Website Yang Familiar /Terpercaya

Mulailah anda berbelanja di situs yang terpercaya daripada berbelanja dengan mesin pencari . Hasil pencarian dapat dicurangi untuk menyesatkan Anda , terutama ketika Anda mencarinya dengan  melewati
beberapa halaman pertama dari link .  Waspadalah situs yang mempunyai kemiripan dengan situs besar /salah eja atau situs yang menggunakan domain tingkat atas yang berbeda ( Net bukan .com , misalnya) –hal ini  adalah trik yang cukup populer .

 

  1. Sistem SSL untuk Situs yang terpercaya dalam Transaksi menggunakan Kartu Kredit

Jangan pernah membeli sesuatu secara online menggunakan kartu kredit Anda dari situs yang tidak memiliki enkripsi SSL ( secure socket layer) yang dipasang  . Anda akan tahu jika situs tersebut memiliki SSL karena URL untuk situs akan mulai dengan HTTPS : // ( bukan hanya HTTP : // ) . Ikon gembok yang terkunci akan muncul , biasanya dalam status bar di bagian bawah browser web Anda , atau tepat di samping URL di address bar . Hal ini tergantung pada browser Anda . dan Jangan pernah memberikan kartu kredit Anda ke orang lain melalui email .

  1. Jangan Memberikan Semua Informasi Ke Penjual

Tidak ada toko belanja online yang perlu nomor jaminan sosial Anda atau tanggal ulang tahun Anda dalam  melakukan bisnis . Namun, hal ini berlaku bagi  penjahat untuk mendapatkan informasi mengenai kombinasi , informasi,dengan nomor kartu kredit Anda  ketika  melakukan  pembelian . Mereka dapat melakukan banyak kerusakan . Semakin banyak mereka tahu , semakin mudah untuk mencuri identitas Anda .

  1. Lakukan Tindakan Jika Terjadi Transaksi Yang Mencurigakan

Jangan menunggu tagihan Anda datang pada akhir bulan . Periksa dengan  online secara teratur dan lihat laporan elektronik untuk kartu Anda kredit, kartu debit , dan giro . Pastikan Anda tidak melihat tuduhan penipuan , bahkan yang berasal dari situs-situs seperti PayPal . Jika Anda melihat sesuatu yang salah , atasi masalah ini dengan cepat . Misalnya dalam hal kasus kartu kredit ,  Anda memiliki waktu 30 hari untuk memberitahu bank atau penerbit jika kartu masalah ,ada transaksi yang tidak biasanya meskipun  anda mungkin bertanggung jawab atas biaya tetap .

  1. Gunakan Komputer yang selalu terupdate dan bebas dari virus (Malware)

Jika Anda menggunakan komputer umum, atau banyak virus, tidak terupdate dengan baik, jangan pernah sekali-kali menggunakannya untuk bertransaksi secara online, belanja atau pun kegiatan yang berhubungan dengan kartu kredit. Karena hal ini bisa menjadi peluang bagi penjahat untuk melakukan kejahatan.

Saya pernah mendengar Istilah ini “ Kejahatan akan dating ketika ada kesempatan”, tapi lupa dari mana hal tersebut, namun harus selalu waspada dan hati-hati dalam apapun, khususnya bagi anda ketika akan berbelanja secara online.



Comments

Related Posts