6 Tips Ampuh Sebelum Membeli Laptop Second

6 Tips Ampuh Sebelum Membeli Laptop Second

Pilihan laptop baru mungkin tidak sesuai dengan apa yang kamu butuhkan, apalagi anggaran yang dimiliki sangat terbatas. Disinilah, sebuah laptop second akan berperan lebih dan bisa menjadi pilihan ideal. Nah, masalahnya adalah memilih laptop second tidak gampang, dimana kita perlu jeli untuk melihat detail spesifikasi, bentuk fisik dan performa yang ditawarkan.

Untuk itulah, kami hadir dalam artikel ini yang bisa membantu kamu dalam sebuah panduan saat akan membeli sebuah laptop second yang ideal. Ada beberapa hal yang perlu dilihat, terutama untuk semua kebaikan kamu beberapa tahun mendatang. Jadi, mari kita lihat beberapa hal tersebut saat akan membeli sebuah laptop bekas dibawah ini.

Baca juga : 4 Pilihan Terbaik Laptop Gaming Dibawah 20 Jutaan : Update Juni 2018

Panduan Membeli Laptop Second Yang Ideal

Pilihan laptop second 1 atau 2 tahun lalu dari sekarang mungkin masih memiliki harga yang mahal, sehingga kehadiran laptop dibawah 3 hingga 5 tahun yang lalu bisa memberikan solusi lain untuk anggaran terjangkau. Disinilah, memilih spesifikasi yang pas dan sesuai dengan kebutuhan kamu bisa menjadi modal awal apa yang kamu inginkan saat membeli laptop second. Jadi, dibawah ini adalah beberapa tips yang layak dijadikan patokan saat akan membeli sebuah laptop second, diantaranya adalah :

Tips 1 : Sesuaikan dengan kebutuhan kamu

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dalam sebuah laptop, entah mereka bisa dikatakan sebagai pekerja berat, termasuk kegiatan yang menuntut dalam sebuah aplikasi, atau orang-orang kasual seperti browsing internet, pengetikan yang diselingi oleh alunan musik, atau juga mereka yang memiliki pekerjaan sedang, dimana terkadang mereka hadir untuk kegiatan multimedia yang cukup berat, namun juga seringkali terlibat dalam kegiatan kasual.

Jadi, ketika kamu menjadi salah satu bagian dari orang-orang tersebut, maka dibawah ini kami hadirkan beberapa kategori spesifik untuk memulai, khususnya dalam pemilihan RAM maupun nilai clockspeed sebuah prosesor, yakni:

  • Penggunaan kasual : Jika kamu menjadi bagian dari kategori ini, dimana seringkali semua pekerjaan yang akan hadir tidak terlalu menuntut, maka pilihan RAM yang cukup layak bisa hadir dengan kekuatan 2GB saja, meskipun nilai 4Gb kini menjadi standar untuk pilihan OS Windows 10. Sedangkan untuk pilihan CPU, sebuah prosesor dual core standar dengan kekuatan clockspeed dibawah 2Ghz juga sudah cukup untuk hal tersebut.
  • Penggunaan Kelas Menengah : Sedangkan untuk pilihan kelas menengah, khusus bagi mereka yang memiliki pekerjaan sedang ataupun sedikit agak berat, seperti aplikasi multimedia, editing kasual maupun gaming standar, maka hal yang perlu kamu lihat dalam memilih RAM tidak kurang dari 4GB. Selain itu, nilai CPU yang cukup baik bisa pergi ke pilihan Quad core meskipun kekuatan dual core juga masih cukup baik, terlebih jika nilai clockspeed yang dimiliki berada diatas 2Ghz atau 3Ghz.
  • Penggunaan Tingkat Lanjut : Pilihan ini bisa menjadi patokan utama saat memilih laptop, khusus bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang cukup serius, seperti editing, gaming dan hal besar lainnya. Plihan yang wajib dimiliki dalam hal spesifikasi, khususnya untuk RAM adalah kisaran 6Gb hingga 8GB atau lebih, dan nilai CPU yang dihadirkan wajib memiliki fitur quad core termasuk tingkat clockspeed besar diatas 3Ghz.

Tips 2 : Periksa Kekuatan Baterainya

Panduan Membeli Laptop Second Yang Ideal

Kebanyakan kekuatan baterai yang disarankan oleh produsen memiliki jarak maksimum hingga 3 tahun sebagai pilihan layak, namun bukan berarti sebuah laptop yang memiliki umur diatas 5 tahun lebih tidak ideal. Hal yang pasti dan sangat disarankan (khususnya bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi), cari fitur baterai dengan pilihan lithium ion battery dengan kekuatan lebih dari 1 atau 2 jam. Atau juga, kamu bisa mengganti pilihan baterai lama dengan baterai baru, ini tentu akan memberikan kekuatan solid, meskipun nilai anggaran bisa jauh lebih besar.

Tips 3 : Cek Bentuk Fisiknya

Langkah lainnya sebelum yakin untuk membeli adalah periksa kondisi fisiknya, baik dari keadaan casing (cacat sedikit mungkin tidak menjadi masalah), tapi jika berlebihan sebaiknya cari penjual lainnya. Kemudian juga periksa kondisi layar, kualitas brightness dan hindari pilihan yang memiliki dead pixel, karena jika menggantinya bisa seharga setengah laptop tersebut (atau lebih). Periksa juga kelayakan konektivitas, baik port USB, LAN, dan hal yang biasa nantinya akan kita pakai sehari-hari. Dan yang terakhir, Tanya juga kepada penjual apakah laptop yang akan kamu beli memiliki slot extra untuk RAM, karena jika ada, ini bisa menjadi nilai plus untuk upgrade RAM.

Nah, jika kamu akan membeli secara online, pastikan untuk membaca deskripsi yang dihadirkan, dimana kita juga bisa melihat plus minus dari sisi penjual. Salah satu kategori penjual yang baik, biasanya mereka menghadirkan deskripsi yang sangat detail, termasuk sisi minusnya. Dan selain itu, mereka juga memberikan pelayanan yang cepat (ramah dan spesifik bisa menjadi nilai plus), termasuk jika kita bertanya lebih detail tentang sebuah laptop yang akan kita beli.

Tips 4 : Cari Pilihan Dengan Merk Terkenal (karena Kualitasnya)

Laptop dengan merk seperti Lenovo, Dell dan sebagainya bisa menjadi pilihan ideal, termasuk jenis kategori laptop tersebut. Pilihan terkenal tersebut bisa memberikan garansi setidaknya dalam hal kelayakan, kualitas dan bahan materi yang handal. Dan terkadang, pilihan tersebut bisa dibundled dengan kehadiran software atau komponen yang solid, seperti paket CPU dan GPU yang sangat bisa diberdayakan untuk segala pekerjaan berat.

Tips 5 : Pastikan membeli di tempat yang memiliki reputasi baik

Membeli dengan harga murah bukan berarti kamu tidak terlepas dari segala masalah, baik dalam hal kualitas yang ditawarkan maupun jaminan dari penjual. Terkadang, membeli dengan harga sedikit mahal bisa menjadi pilihan ideal, ketika mereka menawarkan nilai plus seperti garansi, layanan dan kemudahan. Jadi, pastikan untuk membeli ditempat yang memiliki reputasi yang sangat baik, baik secara offline maupun online.

Tips 6 : Resiko Membeli secara Individu Atau ke Toko

Membeli laptop second kepada individu mungkin bisa murah, namun pelayanan yang ditawarkan atau garansi mungkin tidak sehebat toko. Namun disisi lain, membeli dari Toko mungkin bisa mahal, hanya saja pelayanan yang mereka berikan bisa jauh lebih ideal, termasuk garansi dan after salesnya. Jadi, pastikan untuk mengenal lebih dekat dari kedua tipe penjual tersebut, baik dilihat dari berbagai ulasan barang yang sudah dibeli atau hal lainnya yang bisa menjadi sisi unggulan (atau minusnya) dari seorang penjual.

Nah, itu dia beberapa tips kami saat kamu berencana untuk membeli sebuah laptop second, terlebih lagi mengetahui secara pasti barang yang akan dibeli. Mungkin ada banyak hal lainnya yang perlu dipertimbangkan, namun beberapa tips kami diatas bisa menjadi patokan utama saat akan membeli. Jika kamu memiliki tips lainnya selain apa yang kami hadirkan, kamu bisa berbagi pendapat di kolom komentar dibawah ini, termasuk beberapa pertanyaan yang mungkin bisa kami bantu. Yang pasti, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk follow & like media sosial resmi kami untuk melihat update terbaru mengenai banyak hal tentang teknologi.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com