HP 14-BW002AX Review : Notebook Mainstream Berkelas & Harga Pas

HP 14-BW002AX Review : Notebook Mainstream Berkelas & Harga Pas

Pilihan Notebook Office murah dengan anggaran sekitar 5 jutaan mungkin bukan yang terbaik untuk urusan pekerjaan yang menuntut, tapi ia bisa memberikan fitur yang ideal bagi pengguna mainstream dengan kebutuhan sederhana. Hal yang sama berlaku bagi HP 14-BW002AX yang memiliki pilihan standar, namun bisa memberikan performa sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan notebook Office lainnya.

Dengan membawa kekuatan prosesor AMD A9-9420, pilihan ini siap membungkus performa handal untuk urusan aplikasi Office, sedikit pekerjaan multimedia, termasuk juga gaming kasual yang layak. Apalagi, produsen membalut pilihan ini dengan dedicated GPU Radeon 520 yang memiliki kekuatan VRAM 2GB DDR3. Nah, jika anda penasaran dengan notebook tersebut, mari kita ungkap lebih detail dibawah ini.

 Indeks :

HP 14-BW002AX Review : Pandangan Umum

Spesifikasi HP 14-BW002AX
MicroprocessorAMD Dual-Core A9-9420 APU (3 GHz base frequency, up to 3.6 GHz burst frequency, 1 MB cache)
Memory, standard4 GB DDR4-2400 SDRAM (1 x 4 GB)
Video graphicsAMD Radeon™ 520 Graphics (2 GB DDR3 dedicated)
Hard drive1 TB 5400 rpm SATA
Optical driveDVD-Writer
Display14" diagonal HD SVA BrightView WLED-backlit (1366 x 768)
KeyboardFull-size island-style keyboard
Pointing deviceTouchpad with multi-touch gesture support
Wireless connectivity802.11b/g/n (1x1) Wi-Fi® and Bluetooth® 4.2 combo
Network interfaceIntegrated 10/100/1000 GbE LAN
Expansion slots1 multi-format SD media card reader
External ports1 USB 2.0; 1 HDMI; 1 VGA; 1 RJ-45; 1 headphone/microphone combo; 2 USB 3.1 Gen 1 (Data transfer only)
Minimum dimensions (W x D x H)34 x 24 x 2.37 cm
Weight1.9 kg
Power supply type65 W AC power adapter
Battery type4-cell, 41 Wh Li-ion
Audio featuresDual speakers
HargaRp 4.999.000 (Beli)

HP 14-BW002AX sebenarnya sudah hampir setahun dirilis, namun pilihan ini masih membawa nilai solid untuk urusan kinerja hingga hari ini, termasuk bentuk desain yang dimilikinya. Nah, berbicara mengenai bentuk desain, pilihan ini sebenarnya sangat berkelas dengan desain yang cukup ramping dan membawa nilai estetika yang ideal. Dengan berat sekitar 1.9Kg dan tingkat ketebalan sekitar 2.3cm, pilihan ini bisa membawa nilai mobilitas yang cukup baik.

Bentuk desain yang hadir di markas kami memiliki warna gold yang elegan, bahkan seri tersebut terasa sangat indah untuk dipandang dari garis luar. Bentuk sudut bulat pada setiap sisi juga menjadi sajian utama sebagai pilihan notebook dengan nuansa yang cukup modern, meskipun kenyataan ia merupakan notebook mainstream dengan harga murah. Sekilas, ia terasa seperti notebook premium saat saya pertama kali memandangnya, apalagi jika pandangan anda berfokus pada logo yang hadir di bagian tengah.

Saat membuka tutup laptop, sebuah sajian layar dengan ukuran 14” hadir dengan pandangan yang terasa biasa saja. Terkadang saya merasa sedekit kecewa dengan tampilan layar, namun jika kita mengingat kembali harga yang ditawarkan, mungkin saja pilihan ini pantas untuk didapatkan. Layar dengan pilihan panel TN jelas terlihat dari sudut pandang luar, dan pilihan keyboard full island lengkap hadir memaparkan pengguna dengan balutan serat kayu di bagian dek.

HP nyatanya menghadirkan bahan chassis plastik dan cukup rentan terhadap guncangan, meskipun sekilas ia terlihat seperti memiliki bahan alumunium pada bagian tutup. Dan untuk proses maintenance, tidak ada jalan pintas bagi pengguna untuk membuka bagian RAM dan HDD, sehingga proses untuk upgrade mungkin akan sedikit kesulitan bagi pengguna awam. Namun begitu, pilihan ini bisa menyediakan upgrade RAM hingga 32GB DDR4-2400Mhz, namun kami tidak yakin apakah ia juga menyediakan upgrade untuk SSD. Itu karena produsen melarang kami untuk membukanya secara langsung, sehingga pilihan ini masih terbatas dalam hal tersebut.

Konektivitas

Untuk urusan konektivitas, pilihan ini memiliki sajian lengkap dalam urusan port, meskipun masih terbatas pada beberapa port standar. Untuk pilihan Port USB, ada 3 pilihan USB yang siap menjadi sajian utama bagi pengguna, yakni sebuah USB 2.0 dibagian kanan dan 2 buah USB 3.1 Gen 1 dibagian kiri. Pilihan ini mungkin terasa cukup baik, namun fitur yang dibawa hanya sanggup untuk menyajikan kegiatan transfer data saja.

Sedangkan untuk urusan multi-display, HP membawa 2 pilihan port display utama, yakni sebuah port VGA dan sebuah port HDMI. Dan sisanya adalah pilihan port LAN RJ45, sebuah jack port untuk headphone yang juga mendukung microphone (Combo) dan SD Card Reader. Selain itu, produsen juga masih membawa pilihan DVD Drive tradisional dalam laptop ini.

Untuk urusan konektivitas secara nirkabel, HP menghadirkan dua pilihan yang cukup baik, yakni 802.11b/g/n (1×1) Wi-Fi® dan Bluetooth® 4.2 combo. Pilihan WiFi yang ditawarkan mungkin bukan yang tercepat, namun ia sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna modern hari ini dalam hal konektivitas secara nirkabel. Meskipun, terkadang anda harus selalu melihat kekuatan sinyal yang dihadirkan pada fitur WiFi ini, karena internet yang tidak stabil akan juga sangat berpengaruh pada kegiatan browsing di notebook tersebut.

Display

HP membawa pilihan layar dengan ukuran 14”, dimana layar tersebut memiliki maksimum resolusi 1366 x 768 dengan pilihan HD SVA BrightView WLED-backlit. Pilihan ini mungkin akan baik-baik saja bagi pengguna secara umum, namun sebaiknya lihat juga situasi lingkungan, karena jika anda memakainya di lingkungan yang sangat terang, layar tersebut sangat tidak ideal untuk pengguna sehari-hari. Selain itu, penggunaan di ruang yang cukup gelap juga tidak terlalu ideal, karena mata yang terus menatap pada layar terasa akan cukup melelahkan.

Kehadiran layar ini juga didukung oleh panel TN, dimana pilihan ini mungkin cukup cepat dalam hal waktu respon, namun sangat tidak layak untuk urusan suduut pandang. Keterbatasan inilah yang mengharuskan kita untuk selalu berada didepan layar secara lurus, karena jika anda bergerak sedikit, layar yang hadir sangat tidak jelas dan jauh dari nuansa ideal. Meskipun begitu, layar ini cukup baik secara keseluruhan, lagi pula, HP tampaknya harus mengorbankan fitur istimewa pada display untuk menjaga harga tetap terjangkau.

Keyboard & Touchpad

Tidak ada yang spesial pada pilihan keyboard, namun fitur ini masih terhitung sangat layak dan cukup baik untuk mendukung pekerjaan sehari-hari anda. Dan hebatnya, HP membawa pilihan keyboard full Island, dimana pilihan ini lengkap dengan tombol numpad dibagian kanan layaknya keyboard untuk desktop. Kegiatan mengetik juga cukup menyenangkan, meskipun terkadang anda harus berhenti sejenak karena jarak yang terlalu dekat pada setiap tombol dalam balutan dimensi yang terbatas.

HP 14-BW002AX

Sedangkan untuk urusan touchpad, ada dua pilihan clickpad yang hadir secara terpisah sebagai penganti mouse. Pilihan ini terasa cukup hambar untuk kegiatan navigasi, namun fitur tersebut masih terasa cukup layak. Hanya saja, terkadang saya harus memakai fitur mouse sebenarnya untuk melakukan proses kegiatan yang jauh lebih extrem, meskipun setiap pengguna mungkin memiliki gaya yang berbeda. Untungnya, touchpad yang hadir sudah memiliki dukungan gestur multitouch, sehingga bisa menjadi nilai plus lainnya pada notebook tersebut.

Audio

HP membawa pilihan yang cukup baik untuk urusan audio dengan fitur dual speaker, meskipun pilihan ini masih terbatas untuk kegiatan sederhana dalam urusan multimedia. Tidak ada nilai lebih didalamnya, namun pilihan ini bisa memenuhi harapan pengguna untuk “sekedar” mendengar musik favorit saat sedang bekerja atau mengerjakan tugas dikamar kecil, atau juga untuk menonton film spesial. Namun, pilihan ini snagat tidak ideal dalam penggunaan di ruangan yang besar, terlebih lagi jika anda memaksimalkan fitur audio. Kualitas suara akan terasa jauh lebih hambat dengan pilihan bass yang sangat jauh untuk didengar.

 Indeks :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com