- Gaming Gear, Hardware, Laptop, Prosesor

Intel Core i5-8300H Review : CPU Hebat Untuk Laptop Gaming Mainstream

Intel Core i5-8300H Review – Pilihan laptop gaming hari ini jauh lebih baik dalam urusan kinerja, terlebih kehadiran prosesor Intel Core 8th Gen memberikan kualitas yang jauh lebih menggiurkan. Dan karena itulah, terkadang kita tidak membutuhkan seri Core i7 sebagai senjata pamungkas, karena pilihan prosesor Intel Core i5-8300H bisa memberikan pilihan yang cukup jitu.

Intel Core i5-8300H merupakan seri prosesor terbaru dari tim biru, dimana seri ini sebenarnya masih terlihat “tampak” sama, namun jika anda memperhatikan lebih detail pada bagian spesifikasi, ada pilihan yang jauh lebih ditingkatkan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Nah, jika kamu penasaran dengan performa dan spesifikasi dari prosesor tersebut, mari kita ungkap lebih detail dibawah ini.

Baca juga : Intel Core i7-8750H Review : Pilihan Hardcore CPU Mobile Berikutnya

Intel Core i5-8300H Review : Pandangan Umum

Seri terbaru dari Intel Core i5 kini membawa pilihan yang jauh lebih solid dalam urusan kinerja, bahkan perusahaan mengklaim bahwa ia siap menyajikan kinerja multi-thread yang jauh lebih ideal jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Core i5-7300HQ. Selain itu, prosesor ini kini membawa teknologi Hyper-Threading, sehingga ia akan memberikan peningkatan kinerja hingga 40% jika dibandingkan dengan seri i5-sebelumnya, bahkan bisa hampir setara dengan seri Core i7-7700HQ.

Prosesor ini sebenarnya masih membawa litography yang sama, yakni 14nm, namun Intel bersikukuh bahwa pilihan tersebut jauh lebih disempurnakan, dimana mereka menyebutnya sebagai proses teknologi 14nm++. Dan tidak hanya itu saja, seri terbaru Core i5-8300H juga membawa nilai TDP yang sama, dimana ia dihitung pada 45W, hanya saja ia membawa dukungan teknologi yang jauh lebih tinggi, yakni DDR4-2666Mhz dengan maksimum memory Bandwith hingga 41.8 GB/s

Pilihan ini siap disajikan pada kebanyakan laptop mainstream dengan anggaran terbatas, termasuk juga untuk pilihan konfigurasi yang lebih terjangkau. Contohnya, ASUS TUF 504 bisa menjadi pilihan solid, apalagi ia juga membawa pilihan konfigurasi prosesor ini sebagai salah satu pilihan ideal untuk anggaran yang cukup terjangkau.

Spesifikasi

Intel Core i5-8300H memiliki kekuatan quad core dan hadir dengan jumlah thread yang jauh lebih besar, yakni 8 thread. Seri terbaru ini juga membawa nilai maksimum turbo frequency yang jauh lebih besar, yakni 4.0Ghz, meskipun nilai base clockspeed sedikit jatuh pada kecepatan 2.3Ghz. Hanya saja, pilihan tersebut jauh lebih disempurnakan dengan kekuatan 8MB smartcache untuk memaksimalkan performa prosesor tersebut.

Spesifikasi Intel Core i5-8300H
Code Name  Coffee Lake                    
Launch Date Q2’18
Lithography 14 nm
# of Cores 4
# of Threads 8
Processor Base Frequency 2.30 GHz
Max Turbo Frequency 4.00 GHz
Cache 8 MB SmartCache
Bus Speed 8 GT/s DMI
TDP 45 W
Configurable TDP-down 35 W
Memory Types DDR4-2666, LPDDR3-2133
Max # of Memory Channels 2
Processor Graphics  Intel® UHD Graphics 630

Dan seperti yang telah kami jelaskan diatas, ia masih membawa TDP yang sama, yakni 45W dan membawa dukungan memori yang jauh lebih tinggi hingga DDR4-2666Mhz (dual channel) hingga 64GB. Hal terbaik dari seri ini adalah dukungan teknologi Hyper-Threading, yang memungkinkan i5-8300H bisa menjalankan segala pekerjaan 30 hingga 40 persen lebih cepat daripada i5-7300HQ.

Untuk urusan grafis, Intel HD 630 tampaknya masih dihadirkan sebagai pilihan default pada prosesor ini, dimana seri tersebut juga hadir pada seri sebelumnya. Pilihan ini tidaklah buruk untuk pekerjaan kasual, namun kita tidak bisa mengandalkan seri tersebut untuk segala kegiatan yang menuntut. Tapi, ini bukanlah satu-satunya pilihan grafis yang biasa hadir pada laptop gaming, terlebih dedicated GPU biasanya menjadi pilihan utama.

Benchmark

Nah, dibawah ini kami hadirkan sedikit benchmark bagaimana performa Intel Core i5-8300H pada realitas pekerjaan sesungguhnya. Meskipun, tidak semua pilihan benchmark kami hadirkan untuk memberikan pilihan yang seutuhnya mungkin berbeda pada setiap merk laptop gaming. Namun, ini bisa menjadi patokan anda, khususnya bagi mereka yang masih ragu terhadap seri prosesor tersebut.

Benchmark pertama hadir dari Cinebench, dimana ini merupakan rangkaian uji platform silang dunia nyata yang mengevaluasi kemampuan kinerja komputer, khususnya CPU. CINEBENCH didasarkan pada perangkat lunak animasi pemenang penghargaan MAXON, Cinema 4D, yang digunakan secara luas oleh studio dan rumah produksi di seluruh dunia untuk pembuatan konten 3D.

Intel Core i5-8300H

Intel Core i5-8300H bisa memberikan pilihan yang cukup cepat, bahkan memiliki skor yang hebat untuk urusan multi-thread. Meskipun, kinerja nyata dalam gaming tentu tidak akan memperlihatkan kinerja yang signifikan, hanya saja, kamu bisa menjadikan prosesor handal untuk kegiatan pembuatan konten.

Dan untuk urusan gaming, seperti halnya pilihan kebanyakan laptop mainstream hari ini, kombinasi hebat antara prosesor ini dengan GPU dari Nvidia GTX 1050 yang banyak hadir untuk hampir semua merk laptop gaming, pilihan tersebut ternyata tidak memberikan performa yang cukup signifikan, meskipun lebih baik dari seri sebelumnya. Tapi, seri prosesor ini masih sangat layak untuk pergi, terutama untuk pilihan mainstream dengan kisaran dibawah 15 jutaan atau 12 jutaan kebawah.

Kesimpulan

Dari hasil yang kami dapatkan, kami setidaknya bisa menyimpulkan bahwa pilihan terbaru dari seri Core i5 generasi ke-8 ini bisa memberikan kinerja yang jauh lebih baik, terutama untuk performa multi-thread. Namun, untuk urusan gaming, peningkatan yang hadir tidak secara signifikan memberikan perbedaan yang besar, meskipun ia masih tetap berpeluang untuk menjadi yang terbaik.

Ada banyak pilihan laptop gaming yang sudah mengadopsi prosesor ini pada mesin utama mereka, baik untuk seri mainstream maupun laptop high-end lainnya. Pilihan ini bisa menjadi solusi yang jitu bagi para pengguna yang tidak sanggup untuk membeli seri Core i7 sebagai pilihan utama. Jadi, Intel Core i5-8300H bisa menjadi bahan pertimbangan utama untuk menghadirkan pilihan laptop gaming terbaru dengan nuansa yang jauh lebih hebat dan harga terjangkau.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat