- Gaming Gear, Hardware, Kartu Grafis

Nvidia Geforce GT 1030 DDR4, Pilihan GPU Yang Tidak Direkomendasikan

Nvidia Geforce GT 1030 DDR4 – Jika kamu berencana untuk membeli kartu grafis dari Nvidia seri Entry level, seperti Nvidia GT 1030, maka sebaiknya berhati-hati dan wajib untuk lebih jeli dalam melihat spesifikasinya. Itu karena mereka kini memiliki dua pilihan versi, yakni seri GDDR5 dan seri DDR4. Ketika seri sebelumnya (GDDR5)memiliki kinerja yang hebat untuk gaming 1080p, maka hal untuk seri DDR4 memiliki kinerja yang sangat buruk dan tidak direkomendasikan.

Hal tersebut diungkap jelas oleh Youtube Channel Hardware Unboxed, ketika mereka menguji seri terbaru DDR4 pada beberapa game kasual standar. Pilihan ini jelas sangat buruk bagi pengguna, dan bisa menyesatkan, terlebih lagi performa yang ditawarkan oleh Nvidia Geforce GT 1030 DDR4 memiliki kinerja jauh dibawah standar. Bahkan, seri Radeon Vega 11 yang diusung oleh AMD Ryzen 5 2400G sebagai pilihan iGPU mampu mengalahkan seri ini dengan perbedaan yang sangat besar.

Baca juga : Nvidia Geforce Seri Terbaru Siap Hadir Antara Agustus Atau Q3 Tahun Ini?

Hindari Pilihan GPU Nvidia Geforce GT 1030 DDR4, Harga Mungkin Sama, Performa Sangat Buruk

Dalam video yang ditautkan di atas, Hardware Unboxed menempatkan kedua versi GT 1030 ke dalam bangku uji mereka dan keluar dengan hasil seperti ini:

Nvidia Geforce GT 1030 DDR4

Melihat hasil diatas, salah satu contoh utama seperti game Fortnite, dengan hasil Medium Quality, pada level 720p, pilihan tersebut sangat tertinggal jauh, bahkan memiliki perbedaan besar dengan iGPU Radeon Vega 11. Sebagai permainan paling populer di planet ini, mudah untuk membayangkan satu ton pengguna PC yang ingin memberikan sistem mereka hanya cukup dengan upgrade sederhana untuk menikmati Fortnite. Meskipun game ini dapat dimainkan di kedua versi kartu, perbedaannya sangat drastis. Dalam tes ini, GT 1030 dengan 2GB GDDR5 terkunci di atas 110 FPS  sementara versi DDR4 hanya menghasilkan rata-rata 73 FPS.

Banyak permainan yang diuji, dan pola di atas secara konsisten direproduksi. Versi DDR4 dari kartu yang sama hanya dapat menghasilkan sekitar setengah framerate rata-rata dari rekan GDDR5-nya yang lebih canggih. Bahkan AMD Ryzen 5 2400G – APU dengan grafis terintegrasi mampu mengalahkan versi DDR4 GT 1030 setiap saat.

Inilah yang patut kita waspadai saat akan membeli pilihan GPU tersebut, karena harga yang ditawarkan mungkin hampir terlihat sama, bahkan dengan versi kotak yang sama. Namun, pengguna sebaiknya melihat lebih detail dalam urusan spesifikasi, terlebih mereka memasang pilihan DDR4 dengan tulisan yang cukup kecil.

Intinya, Ketika anda dapat melihat kotak dan melihat nama yang sama dan membelanjakan jumlah uang yang sama tetapi pergi dengan satu GPU yang hanya menghasilkan separuh kinerja yang lain, itu adalah kelas produk yang sepenuhnya berbeda. Harusnya, mereka memberikan kartu nama produk yang berbeda sama sekali. Sebut saja GeForce GT 1020, atau sebut saja Edisi Anggaran GT 1030, yang penting pengguna (khususnya pengguna awam) bisa membedakan itu entah bagaimana caranya.

Tidak ada alasan bagi Nvidia untuk menipu pelanggannya dengan cara ini, terutama dengan bagian bervolume tinggi yang ditujukan untuk pengguna mainstream. Ulasan untuk Nvidia Geforce GT 1030 DDR4 telah dipublikasikan selama lebih dari setahun. Jadi, ketika anda berencana untuk membeli kartu grafis dari Nvidia GT 1030 (merk apapun itu), lihatlah versi memori yang sudah ada, dan hindari pilihan “DDR4” di kotak. Karena, kenyataan ia akan memberikan kinerja jauh dibawah seri yang sudah ada selama setahun ini, dengan pilihan performa setengahnya.

sumber referensi : Hardware unboxed

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat