- Gaming Gear, Hardware, Kartu Grafis, Monitor, Serba-serbi, Software, Windows

Solusi Baru AMD Untuk Tingkatkan Kualitas Gaming, Enhanced Sync

AMD Enhanced SyncAMD kini memiliki pilihan yang jauh lebih solid dalam hal teknologi, kali ini mereka membawanya dalam bentuk software dimana mereka menyebutnya sebagai Enhanced Sync. Solusi perangkat lunak tambahan ini dipercaya dapat meningkatkan apa yang sudah disediakan dari kehadiran Vsync.

Kita tahu bahwa game yang disempurnakan dengan fitur Sync dapat dijalankan dengan rasio frame yang belum ditutup dan masih mengalami masalah screen tearing seperti yang ditawarkan Vsync. Hadirnya Enhanced Sync sebenarnya tidak menggantikan Vsync, tetapi bekerja dengannya untuk membuat segala sesuatu jauh lebih baik.

Baca juga : Sajian Lengkap AMD Di Computex 2018

Apa Yang Kami Tahu Tentang AMD Enhanced Sync

Kita tahu bahwa sudah sejak lama dalam game, ada banyak pembicaraan tentang frekuensi gambar. Biasanya, fps yang lebih tinggi tentu lebih baik. Namun, ketika nilai Framerate melebihi kecepatan tingkat refresh monitor, kemungkinan game bisa memproduksi artefak video, yang biasanya hadir dalam bentuk screen tearing. Demikian juga, ketika fps turun di bawah tingkat refresh, permainan juga akan mengalami input lagdan stutter.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, sinkronisasi vertikal yang lebih dikenal sebagai Vsync telah dibuat. Namun tanpa masuk ke rincian teknis, Vsync pada dasarnya menyinkronkan rasio bingkai permainan ke rasio refresh monitor. Ini menciptakan pengalaman grafis yang lebih halus dan dilakukan dengan menghentikan GPU jika selesai menggambar bingkai ketika monitor masih mengalami refreshing.

Dan kelemahan Vsync disini adalah masalah peningkatan latensi dan stutter ketika penurunan fps. Dan itulah mengapa teknologi yang lebih canggih kini sudah mengandalkan monitor yang lebih baik untuk pergi seperti pilihan monitor G-Sync (untuk Nvidia GPU) dan FreeSync (bagi AMD), meskipun hal tersebut memerlukan dukungan perangkat keras yang sebenarnya.

Nah, solusi lainnya kini hadir dari AMD dengan pilihan yang jauh lebih solid, yakni Enhanced Sync, yang akan bekerja jauh lebih kuat dengan Vsync melalui Radeon software terbaru. “Enhanced Sync” tampaknya akan mematikan Vsync setiap kali frekuensi gambar turun di bawah kecepatan refresh monitor pengguna, sehingga berpotensi menghilangkan screen stuttering  dan input lag.  Teknologi sinkronisasi yang ditingkatkan pada software ini bisa memberikan gameplay yang jauh lebih halus dengan berfokus pada latensi pada framerate rendah.

Bagaimana saya Mengaktifkan Fitur ini

Dan caranya sangat mudah, khususnya bagi anda yang sudah memiliki software terbaru dari AMD Adrenalin Edition, yakni :

AMD Enhanced Sync

  • Pertama , buka Kita hanya perlu membuka pengaturan Radeon, yakni klik kanan pada desktop, kemudian pilih opsi AMD Radeon Setting

  • Kemudian, pilih tab Gaming, lalu lihat di opsi global Graphic.

  • Nah, disini lihat pengaturan yang menunjukan opsi Wait For Vertical Refresh

  • Kemudian Pilih fitur Enhanced Sync, lalu tutup Software tersebut.

Enhanced Sync kini tersedia dengan driver terbaru dari Radeon Software Adrenalin Edition (versi 17.7.2 dan lebih tinggi), dimana dapat anda unduh di sini. Teknologi ini mendukung game yang menggunakan DirectX 9, 10, 11, 12, dan Vulkan. Hanya saja, tidak ada dukungan untuk fitur OpenGL.

Jadi, itu dia sekilas mengenai Enhanced Sync, yang bisa memberikan nilai yang jauh lebih ideal untuk gaming, termasuk juga pada pilihan perangkat yang terbatas. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa like dan follow akun resmi media sosial kami untuk mendapatkan banyak berita teknologi lainnya, termasuk dukungan penuh anda terhadap kami.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

2 thoughts on “Solusi Baru AMD Untuk Tingkatkan Kualitas Gaming, Enhanced Sync

Comments are closed.