- Gaming Gear, Hardware, Laptop

ASUS ROG STRIX GL702ZC Review : Monster Ryzen Dalam Laptop Gaming

ASUS ROG STRIX GL702ZC – Kita tahu bahwa barisan prosesor AMD Ryzen memberikan fenomena yang sangat mengesankan untuk kinerja Desktop PC. Namun, apa jadinya jika salah satu prosesor terbaik mereka hadir untuk laptop? Hal tersebut tampaknya menjadi kenyataan ketika ASUS membawa kekuatan Ryzen desktop pada seri terbaru GL702ZC dengan bendera ROG sebagai segmen laptop gaming. Dengan kisaran harga sekitar 22 jutaan, pilihan laptop gaming ini mungkin bisa menjadi pertimbangan utama anda untuk memulai.

Ya, ASUS GL702ZC benar-benar memiliki sesuatu yang beda didalamnya. Kita tidak lagi melihat barisan prosesor Intel core i7 yang seolah biasa, namun kini ada monster yang jauh lebih mengerikan didalam laptop gaming ini. Dengan paduan antara prosesor AMD Ryzen 1700 dan Radeon RX580, pilihan laptop gaming ini bisa menjadi mesin yang sangat baik untuk gaming dan streaming secara bersamaan. Apalagi kita tahu bahwa kinerja AMD Ryzen benar-benar mengesankan untuk urusan multi-thread dan kinerja workstation. Jadi, jika anda penasaran dengan laptop tersebut, mari kita ungkap ulasan lengkapnya dibawah ini.

ASUS ROG STRIX GL702ZC : Desain

Tidak ada hal yang begitu berbeda pada barisan laptop gaming seri ROG dari ASUS, termasuk juga untuk seri ini. Namun seri terbaru dari GL702 dengan seri sebelumnya adalah pilihan sasis yang jauh lebih tebal. GL702ZC memiliki ketinggian sekitar 3.3cm dengan bobot sekitar 3.2 Kg. Hal tersebut terhitung wajar, apalagi ia membawa ukuran layar 17” yang cukup besar. Sedangkan untuk ukurannya sendiri, GL702ZC memiliki panjang sekitar 41cm, dengan lebar sekitar 27cm dan ketinggian 3.3cm.

Sedangkan untuk desain, pilihan warna hitam mencolok masih menjadi dasar laptop gaming ini dengan logo ROG dibagian tengah serta dua strip merah( anda juga bisa memilih dengan strip silver). Pada bagian belakang casing, anda akan melihat bahwa laptop ini memiliki ventilasi udara yang cukup baik untuk mengeluarkan aliran udara panas, meskipun tampaknya kekuatan 8 core didalamnya mungkin membutuhkan pendingin extra. Namun begitu, ASUS mengungkapkan bahwa pendingin bawaan laptop ini memiliki fitur sistem pendingin Hyper Cool Duo-Copper, dimana ini menggunakan pipa panas dan sistem kipas ganda untuk mendinginkan CPU dan GPU secara mandiri. Desain ini bisa memaksimalkan efisiensi pendinginan pada sistem.

ASUS ROG STRIX GL702ZC

Dan ketika anda membuka tutup panel, sebuah layar dengan ukuran 17” menggoda hati para gamer untuk memuaskan pengalaman gaming yang lebih mengesankan. Tidak ada bezel tipis disekitarnya, namun pilihan yang dihadirkan oleh produsen bisa memberikan kepuasan tersendiri. Di bagian paling atas anda akan melihat sebuah webcam dengan ukuran kecil, sedangkan dibagian bawah anda akan melihat logo Republic Of Gamer sebagai penyempurna desain yang cukup solid.

Kemudian hadir pula hamparan keyboard besar dengan aksen merah hadir untuk menyempurnakan nilai desain pada GL702ZC ini. Apalagi, anda akan melihat bahwa tombol WASD memiliki garis tebal. Ketika anda menyalakan laptop ini, sebuah lampu backlighting merah mewarnai semua hari-hari anda saat bermain game.

Konektivitas

ASUS menghadirkan konektivitas yang cukup lengkap pada laptop gaming ini. Terbukti bahwa beberapa pilihan port bisa memberikan sesuatu yang cukup istimewa untuk segala kebutuhan pengguna. Pada bagian kiri, anda akan melihat beberapa port inti seperti DC-in, RJ45-LAN, mini DisplayPort, HDMI, USB-C 3.1 Gen2, USB-A 3.0, 3.5 mm jack. Pilihan USB generasi terbaru tentu akan memberikan efek yang sangat cepat untuk segala kegiatan transfer anda, apalagi port USB Type C juga akan memudahkan kita dalam penggunaan berbagai perangkat. Hanya saja pilihan port tersebut masih terbatas dengan jumlah minimalis.

Sedangkan pada bagain kanan, anda akan melihat port card reader, dua buah USB-A 3.0, Kensington lock. Ini masih terhitung sangat baik, dan tentu saja tidak semua hal yang lebih istimewa untuk semua pilihan tersebut. Apalagi jika kita melihat harga yang cukup menarik perhatian gamer kelas menengah. Dan ketiadaan slot DVDDrive menunjukan bahwa laptop modern tampaknya sudah meninggalkan hal tersebut untuk pilihan yang jauh lebih efisien.

Untuk pilihan konektivitas internet, selain port RJ45 untuk konektivitas melalui kabel, hadirnya fitur Wi-Fi Integrated 802.11a/b/g/n/ac(2×2) akan menyempurnakan kekuatan yang jauh lebih baik dalam urusan ini. Sebagaimana kita tahu bahwa mampu membawa kecepatan hingga 1,3 gigabits per second (Gbps). Ini berarti 166 megabyte per detik (MBps) atau 1331 megabit per detik (Mbps). Selain itu, hadirnya fitur Bluetooth V4.2 juga akan memberikan sebuah pilihan yang baik untuk fitur konektivitas.

Display

Kemudian hadir pula pilihan monitor dengan ukuran 17,3 “(16: 9) dengan resolusi maksimum hingga FHD (1920×1080) pada 60Hz. Monitor ini terhitung cukup istimewa, dimana ia membawa Anti-Glare Panel 72% NTSC serta memberikan tampilan sudut pandang dengan lebar maksimum hingga 178°. Dan itu tentu karena ia memiliki panel dengan teknologi IPS, apalagi pilihan layar yang dihadirkan cukup baik dalam urusan tingkat kecerahan, ketajaman maupun sudut pandang.

Dan untuk menyempurnakan pilihan layar pada laptop gaming ini, hadirnya teknologi AMD Freesync akan menjauhkan pengguna dari segala masalah keterbatasan perangkat, seperti screen stutter dan sebagainya. Selain itu, laptop ini juga memiliki tingkat kecerahan hingga 354 cd / m² dan itu sangat baik. Hal tersebut memungkinkan kita bisa menggunakan laptop di luar rumah tanpa harus ada banyak hambatan.

Keyboard & Touchpad

Selalu ada alasan mengapa pilihan seri ROG bisa menjadi sesuatu yang sangat keren dalam urusan keyboard. Tentunya karena mereka membawa nilai yang sangat baik dari segi estetika, apalagi apa yang terkandung pada laptop ini. Pilihan ini membawa lampu LED untuk latar belakang dengan warna merah multi level. Walaupun tidak membawa nilai RGB, tentu sesuatu yang solid dihadirkan pada semua hal tersebut.  Hanya saja, pilihan tata letak tidak sepenuhnya sesuai standar (tombol kombinasi tombol Ins / Del, tombol Power & Gaming Center di blok nomor, dsb.), namun ini mungkin uga merupakan masalah selera. Sedangkan untuk kunci huruf dan angka standar memiliki ukuran 15 x 15 mm. Hanya tombol panah dan blok nomor yang sedikit sempit (lebar hanya 12 mm). Fitur kenyamanan biasa seperti volume, brightness tampilan dan lampu keyboard dapat dikontrol melalui baris F 0,9 mm.

Hadir pula fitur Touchpad yang memiliki ukuran 10.3 x 7.2 cm. Sayangnya, GL702ZC mengkonfirmasikan bahwa touchpad tanpa tombol mouse khusus tidak selalu bekerja dengan sempurna. Terkadang klik kiri dan kanan kurang reliabel karena sistem mencatat gerakan mouse dan bukan klik dan presisi umumnya tidak sepenuhnya mencapai touchpad yang bagus (bagus). Namun secara keseluruhan, fitur ini terasa enak disentuh dan juga memungkinkan masukan cepat dengan sedikit jari karena ia memiliki fitur Multi-touch yang sepenuhnya didukung. Kita bisa menggulir dan memperbesar situs dengan gerakan dua jari tanpa masalah dalam tes singkat dengan browser Microsoft.

Audio & Webcam

Pilihan audio pada laptop ASUS ROG STRIX GL702ZC  tentunya terhitung sangat bagus, meskipun anda tidak memiliki pendukung lain didalamnya. Itu karena Asus memberi dua speaker GL702ZC, yang duduk di tepi kiri dan kanan telapak tangan dan didukung oleh perangkat lunak audio Sonic Studio II. Hasilnya, kita tidak hanya akan menemukan berbagai profil (Musik, Film, Game, dll.) tapi juga pilihan equalizer, peningkatan suara untuk mikrofon, dan mode khusus untuk pita video.

Sedangkan untuk webcam, ada sejumlah pertanyaan yang menghinggap dalam benak kami,” bisakah kita mengandalkan fitur webcam untuk kegiatan streaming?” jawabannya tentu saja bisa, namun pilihan penerangan yang ideal menjadi penentu baiknya kualitas yang dihasilkan. Itu karena ASUS hanya menyediakan pilihan HD Camera untuk fitur ini. Jika anda menginginkan hal yang terbaik, maka pilihan produsen ketiga bisa menjadi jawabannya.




 Indeks :

Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “ASUS ROG STRIX GL702ZC Review : Monster Ryzen Dalam Laptop Gaming

Comments are closed.