Intel Pentium Silver & Celeron Terbaru Resmi Dirilis

Hari ini, Intel telah memperkenalkan pilihan prosesor terbaru, yakni Pentium Silver dan Celeron dengan arsitektur Gemini Lake. Apa yang terbaik dari mereka adalah pilihan konsumsi daya yang jauh lebih efisien, dan hebatnya pilihan prosesor ini memiliki beberapa fitur andalan, dan pastinya mereka bisa jauh lebih baik dari seri sebelumnya.

Mereka semua tampaknya mengikuti prosesor yang didasarkan dari arsitektur Apollo Lake tahun lalu, hanya saja, chip Gemini Lake ini terbaru ini selain memiliki pilihan tambahan core, mereka juga menawarkan sedikit peningkatan dalam kinerja pemrosesan dan grafis dengan peningkatan memori dan kemampuan video baru. Ini tentu akan membuat senang para konsumen yang berencana untuk mengupgrade pilihan prosesor lama mereka dengan pilihan terbaru. Apalagi jika anda benar-benar masih terbatas pada anggaran rendah.

Jadi, apa saja line up prosesor terbaru dari Intel ini?
1. Pentium Silver Line-up

Dan tampaknya juga ini tidak ada yang melanggar cetakan apapun, hanya saja Intel menghadirkan sedikit  konvensi penamaan CPU yang berbeda, dengan Pentium Silver dan chip Celeron yang baru secara efektif berjalan di atas arsitektur dasar yang digunakan produsen untuk chip Atom. Dan sekarang mereka mungkin saja akan menjadi sasaran perangkat minimalis di Internet. Dari sisi Pentium Silver, ada dua pilihan yang dihadirkan Intel dengan segmen yang berbeda, yakni untuk desktop dan mobile.

Pilihan pertama jatuh pada seri Pentium Silver J5005, dimana ia akan memiliki kekuatan quad core prosesor dengan tingkat clockspeed 1.5Ghz, namun memiliki fitur Burst frekuensi hingga maksimum 2.8 Ghz. Prosesor ini diproses pada manufaktur 14nm dengan pilihan cache sebesar 4MB dan memiliki TDP kecil, hanya sekitar 4MB saja. Dan hebatnya, prosesor ini sudah mampu mendukung teknologi memori hingga DDR4 2400 Mhz, serta hadir pula pilihan iGPU Intel HD 605. Prosesor ini tampaknya memiliki harga sekitar 161$ atau kisaran

Hampir sama dengan seri desktop, untuk pilihan mobile juga Intel menghadirkan seri Pentium Silver dengan pilihan Pentium Silver N5000. Prosesor ini juga sudah memiliki fitur quad core dengan tingkat clockspeed sebesar 1.1Ghz dan memiliki fitur Burst frekuensi hingga maksimum 2.7Ghz. TDP yang dihadirkan jauh lebih kecil dengan nilai hanya sekitar 6W, meskipun ia masih memiliki pilihan cache yang sama termasuk juga untuk dukungan memori dan iGPU.

 Pentium Silver Line UpLithographyCore / ThreadClockspeed / BurstCacheTDPSegmen
1Pentium Silver J500514nm4/41.5Ghz/2.8Ghz4MB10WDesktop
2Pentium Silver N500014nm4/41.1Ghz/2.7Ghz4MB6WMobile

2. Celeron Line-up

Sedangkan untuk seri terbaru dari Celeron, ada dua pilihan yang mirip dengan Pentium yakni Celeron J4105 untuk seri desktop dengan kekuatan quad core prosesor dan memiliki tingkat clockspeed sebesar 1.5Ghz dan burst frekuensi hingga 2.5 Ghz. Prosesor ini hadir dengan pilihan cache sebesar 4MB dan memiliki TDP 10W. Pilihan ini juga sama dalam hal dukungan teknologi memori dengan DDR4 2400Mhz ditangan, serta kekuatan iGPU Intel HD 600 dengan maksimum clockspeed hingga 750Mhz.

Dan terakhir adalah pilihan Celeron J4005, dan tampaknya ini yang akan menjadi satu-satunya pilihan dual core prosesor. Meskipun begitu, ia memiliki keunggulan dengan tingkat clockspeed 2.0Ghz serta boost frekuensi hingga 2.7Ghz. Pilihan TDP dan cache masih sama dengan seri diatas termasuk juga untuk dukungan memori dan iGPU.

 Celeron Line UpLithographyCore / ThreadClockspeed / BurstCacheTDPSegmen
1Celeron J410514nm4/41.5Ghz/2.5Ghz4MB10WDesktop
2Celeron J400514nm2/42.0Ghz/2.7Ghz4MB10WDesktop

Dan jangan sampai salah paham dulu, karena mikroarsitektur ini dihadirkan dan bisa diterapkan pada perangkat low-end hemat daya termasuk Cloudbooks, netbook 2-in-1, Small PC, kamera IP, dan sistem hiburan dalam mobil. Jadi, anda mungkin tidak bisa membelinya secara mandiri. Untuk penggunaan konsumen kami tidak melihat mereka memiliki banyak daya tarik, karena kami mungkin menebak bahwa kebanyakan orang akan menyukai laptop bertenaga yang layak jika mereka ingin keluar untuk mendapatkannya. Jadi, tetaplah awasi bagaimana semuanya berjalan, karena kami akan update terus informasi ini sampai pada pilihan prosesor ini sudah resmi hadir di Negara kita.

 Baca Juga :



Comments
Loading...