- Hardware, Laptop, Tutorial

Penjelasan Kartu Grafis AMD Radeon R-Series untuk Laptop

Pilihan sebuah laptop yang terhitung sangat baik biasanya tidak terlepas dari spesifikasi dan nilai grafis yang dimiliki laptop tersebut. Contohnya, ketika anda menginginkan performa yang sangat baik untuk gaming, maka pilihan dedicated grafis bisa memberikan kekuatan yang sangat ideal untuk kinerja, entah anda memilih GPU dari Nvidia, Intel maupun AMD Radeon R-Series.

Nah, berbicara mengenai hal tersebut, ada banyak orang yang mungkin tidak mengetahui bahwa pilihan grafis ternyata memiliki kelas tersendiri yang dihadirkan untuk segmen-segmen tertentu, seperti untuk konsumen kelas entry level dengan anggaran terbatas ataupun seri high-end yang bisa melahap semua performa gaming hingga titik maksimal. Salah satu yang sering hadir dan biasanya menjadi bahan pertanyaan banyak orang adalah pilihan grafis dari AMD yang memiliki beberapa tingkatan dan kelasnya masing-masing, khususnya pada R-Series. Dibawah ini kami hadirkan sedikit penjelasan mengenai kartu grafis dari AMD tersebut yang bisa menjadi pengetahuan tambahan anda saat membeli sebuah laptop dengan pilihan grafis dari AMD.

Penjelasan Kartu Grafis AMD Radeon R-Series untuk Laptop

Sejak tahun 2014 lalu, AMD memperkenalkan R-Series sebagai pilihan kartu grafis dengan pilihan spesifikasi yang cukup ideal untuk performa gaming sesuai dengan segmentasi berbagai konsumen. Dan tidak tanggung-tanggung, AMD menghadirkan tiga pilihan R-series yang bisa disesuaikan dengan anggaran, mulai dari pilihan terendah hingga pilihan tertinggi. Pilihan GPU ini hadir dengan arsitektur GCN  alias Graphics Core Next, dimana ini dikembangkan oleh AMD untuk GPU mereka sebagai penerus mikroarsitektur TeraScale / set instruksi. Produk pertama yang menampilkan GCN diluncurkan pada tahun 2011.

Tiga pilihan kelas tersebut nyatanya hadir untuk melengkapi pilihan konsumen sesuai dengan anggaran terbaik yang mereka miliki, dan itu juga termasuk untuk segmen laptop. Bahkan, pilihan GPU R-series hari ini masih banyak kita temukan pada jajaran laptop entry level hingga pilihan kelas menengah. Namun, pilihan R-series untuk laptop memiliki keterbatasan dan tidak bisa bersaing dengan pilihan high-end dari grafis Nvidia, karena nyatanya AMD sengaja memberikan pilihan yang jauh lebih terjangkau untuk performa yang cukup ideal untuk kebutuhan gaming hari ini. Bahkan, jajaran laptop yang memakai GPU AMD biasanya memiliki harga yang jauh lebih menyenangkan untuk pengguna yang memiliki anggaran terbatas.

Baca juga : AMD Ryzen Mobile Prosesor : Spesifikasi & Pilihan Konfigurasi

Jadi, apa saja pilihan grafis R-Series itu?

Dari 3 pilihan tersebut, AMD sengaja membuat kode angka setelah penamaan R agar konsumen bisa mengetahui kelas yang dihadirkan bisa ideal sesuai dengan kebutuhan mereka, diantaranya :

1. AMD Radeon R9 Series

Pilihan GPU ini hadir sebagai kasta tertinggi dari kartu grafis Radeon R-series, dimana anda bisa menemukan spesifikasi yang cukup menjanjikan untuk performa gaming yang ideal, termasuk juga untuk kebutuhan game terbaru hari ini. Dengan hadirnya pilihan seri R9 ini, anda akan memiliki kinerja terbaik untuk semua permainan dan aplikasi yang anda hadirkan, karena beberapa pilihan tertinggi dari seri R9 bahkan bisa memiliki kapasitas VRAM hingga 8GB GDDR5, jumlah Compute Units 32, memory interface 256 Bit dan memiliki maksimum clockspeed hingga 1250 Mhz.

AMD Radeon R-Series

2. AMD Radeon R7 Series

Pilihan ini jauh diperuntukan bagi pengguna kelas menengah, dimana jajaran seri R7 bisa memberikan performa yang cukup ideal serta pilihan harga yang terjangkau. AMD menyebutnya sebagai pilihan GPU yang seimbang antara kecepatan, produktivitas dengan harga yang tepat untuk laptop anda. Pilihan Seri R7 biasanya memiliki maksimum VRAM hingga 4GB GDDR5 dengan nilai CUs (Compute Unit) sebesar 8, memori interface 128 bits dan tingkat clockspeed sebesar 1125 Mhz maksimum. Jika anda memiliki laptop dengan pilihan grafis radeon R7, maka anda sebenarnya bisa memainkan hampir semua pilihan game, namun dengan tingkat pengaturan low hingga menengah (beberapa game terdahulu bisa mencapai pengaturan maksimum).

3. AMD Radeon R5 Series

Pilihan ini lebih dikhususkan bagi mereka yang menginginkan nilai GPU yag terhitung sederhana namun masih memberikan performa kinerja gaming dalam skala rendah. Sehingga, pilihan GPU ini hadir sebagai pilihan kelas entru level, anda bahkan bisa menemukan pilihan GPU ini hadir pada jajaran laptop yang benar-benar terjangkau dari segi harga. Pilihan GPU seri R5 biasanya memiliki kapasitas VRAM sebesar 2GB hingga 4GB DDR3, dengan tingkat CUs 5, memory interface 64Bit dan pilihan clockspeed maksimum hingga 1000Mhz. Pilihan GPU ini lebih ideal untuk performa gaming kasual yang tidak terlalu menuntut atau game E-sport namun dengan pengaturan terendah hingga medium.

Sudah ada berapa generasi GPU AMD R-Series itu?

Sejak tahun 2014, AMD kini telah memiliki generasi ketiga, khususnya yang berkaitan dengan pilihan grafis AMD Radeon R-Series, namun sebenarnya masih didasarkan pada arsitektur yang sama. Perbedaannya hanya pada jumlah transistor die size dan tingkat clockspeed. Bahkan proses manufaktor juga masih sama yang didasarkan pada 28nm. Sedangkan untuk pilihan arsitektur GCN 4th dan 5th gen, AMD sudah merubah pilihan GPU dengan hadirnya seri RX dan proses manufaktur 14nm yang jauh lebih baik dalam hal konsumsi daya dan tingkat clockspeed.

Pilihan terbaru adalah kehadiran seri M400, termasuk untuk semua kelas. Jadi jika anda sedang mencari laptop terjangkau dengan pilihan GPU dari AMD Radeon R-series, sebaiknya pertimbangkan seri M400 sebagai pilihan utamanya. Meskipun pilihan terbaru tidak selalu menjamin kinerja yang jauh lebih baik. Atau juga, lihat pula seri yang dihadirkan serta spesifikasi dasarnya.

Kesimpulan

Pilihan grafis AMD Radeon R-Series benar-benar bisa memberikan harapan yang ideal untuk pengguna yang menginginkan sebuah laptop terjangkau dengan kinerja yang ideal untuk gaming maupun aplikasi lainnya yang membutuhkan nilai grafis yang cukup tinggi. Selain itu, AMD juga memberikan 3 pilihan kelas sesuai dengan kebutuhan pengguna, dimana kelas tertinggi bisa memberikan pilihan terbaik untuk pengalaman gaming yang jauh lebih sempurna. Sehingga, AMD Radeon R-Series bisa menjadi bahan pertimbangan anda saat mencari sebuah laptop dengan kinerja yang sangat baik untuk performa gaming hari ini, meskipun anda juga perlu melihat kelas mereka untuk menyesuaikan kebutuhan anda.

 Baca Juga :




Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat