Intel Luncurkan Prosesor Mobile Generasi Ke-8 Dengan Debut Kaby Lake Refresh

Dan akhirnya tiba, walaupun bukan Coffee Lake yang diharapkan muncul, tapi Intel secara resmi mengumumkan debut terbaru prosesor generasi ke-8 untuk seri Notebook yang akan memberikan pengguna dua kali lipat core dan benang pada formasi i5 dan i7 seri U.  Intel mengklaim bahwa jajaran prosesor terbaru ini akan memberikan kinerja hingga 40% lebih banyak.

Kejutan terbesar prosesor generasi ke 8 dari Intel, selain penambahan core lebih banyak dalam bentuk termal yang serupa, kehadiran prosesor tersebut justru akan mulai dipasarkan dengan tiga arsitektur terpisah, diantaranya 14nm + Kaby Lake-R (refresh), 14nm ++ Coffee Lake, dan Cannon Lake 10nm. Sehingga, Generasi Intel ke-8 akan dimulai dengan prosesor 14nm + Kaby Lake-R pada seri i5 dan i7, dimana mereka sebenarnya masih menggunakan arsitektur Kaby lake  sama yang saat ini sudah ada di pasaran. Model refresh ini akan siap hadir  di pasar pada bulan September, diikuti oleh model kopi Coffee Lake di musim gugur. Intel akan terus meluncurkan produk 8th-gen terbaru, termasuk model server dan prosesor dengan teknologi proses 10nm tahun depan.

Kaby Lake Refresh

Intel 8th GenerationCoresBase Clock / TurboL3ProcessLaunch Date
Core i7-8650U4/81.9/4.2 GHz8 MB14nm +Q3'17
Core i7-8550U4/81.8/4.0 GHz8 MB14nm +Q3'17
Core i5-8350U4/81.7/3.6 GHz6 MB14nm +Q3'17
Core i5-8250U4/81.6/3.4 GHz6 MB14nm +Q3'17

Ok, yang pertama adalah hadirnya Kaby Lake-R terbaru khusus untuk mobile, dimana 4 CPU yang siap hadir ini dibangun pada proses 14nm +. Prosesor ini ditujukan untuk laptop tipis dan ringan, sistem 2-in-1, convertible, dan mini. Kemudian pula akan hadir chip Y-series pada 4.5W untuk desain ultralight, clamshells, dan tanpa kipas, bersama dengan model Seri-H 45W untuk laptop berperforma tinggi dan workstation mobile. Tentu saja, produk desktop S-Series juga akan melengkapi tumpukan produk tersebut.

Hebatnya, empat prosesor terbaru yang akan hadir memiliki dua core tambahan, yang seharusnya menghasilkan keuntungan bagus dalam beban kerja berulir berat. Apalagi hyperthreading juga akan melengkapi inti fisik, sehingga model i7 dan i5 tidak lama lagi akan menyediakan delapan Thread.

Dan tampaknya, prosesor tersebut masih memiliki TDP 15W yang sama meskipun ada dua inti tambahan. Sementara prosesor membawa frekuensi dasar yang jauh lebih rendah untuk mencapai prestasi ini, namun algoritme Turbo Boost yang lebih kuat akan menendang daya melalui beban kerja ringan. Prosesor ini akan membawa berbagai perbaikan Turbo Boost yang berkisar dari 100-500 MHz, tergantung modelnya. Frekuensi yang meningkat ini bisa menjadi keunggulan dari Intel,  mengingat Intel memanfaatkan proses 14nm + yang sama yang ditemukan pada model generasi sebelumnya.

Intel mengklaim bahwa hadirnya prosesor terbaru ini akan memberikan keuntungan 40% baik dari segi desain, performa dan proses manufaktur yang lebih baik pada simpul 14nm + yang lebih matang. Intel berhasil mempertahankan karakteristik konsumsi daya keseluruhan yang sama, sehingga perusahaan mengklaim bahwa model Kaby Lake-R masih dapat menyediakan hingga 10 jam masa pakai baterai.

Perbaikan penting lainnya juga mencakup alokasi cache dua kali lipat (hingga 8MB untuk model i7 dan 6MB untuk model i5), bersamaan dengan peningkatan kecepatan transfer data memori. Prosesor Kaby Lake U-Series asli sebelumnya yang menampilkan dua core eksekusi dan dua core grafis, menciptakan konfigurasi 2 + 2. Selain itu, Model Kaby Lake-R terbaru akan memiliki mesin HD Graphics 620 GT2 yang sama, hanya saja Intel menerapkan sedikit sihir pemasaran dengan moniker “UHD” yang baru. Prosesor sekarang ada dalam konfigurasi 4 + 2. Kami melihat sedikit peningkatan dalam meningkatkan frekuensi untuk dua model, namun kinerja grafis tampak serupa secara keseluruhan.

Pemikiran Akhir

Intel tidak berbagi harga produk karena mereka menyatakan bahwa “OEM-lah yang menetapkan harga akhir.” Disisi lain, peralihan Intel ke generasi produk baru yang tidak disengaja dengan tiga arsitektur yang berbeda adalah tantangan baru yang akan dihadapi perusahaan saat mencoba untuk tetap berada di jalur Hukum Moore. Penundaan yang tak henti-hentinya untuk alat EUV juga mungkin ikut bermain, karena hal itu telah mendorong kembali rencana awal Intel untuk penyebaran 10nm.

Proposisi nilai Kaby Lake-R tampaknya memberikan lebih banyak core, benang, dan cache, bersamaan dengan peningkatan kecepatan data memori. Ini akan memberikan dorongan kuat untuk tugas multithreaded. Secara keseluruhan, tidak ada perangkat tambahan IPC atau grafis eksplosif, lebih tepatnya  ini hanyalah segelintir Kaby Lake, namun ia memiliki frekuensi pendorong yang lebih tinggi dimana seharusnya akan membantu banyak pengguna dalam berbagai aplikasi lebih baik lagi.

Intel sebenarnya telah lama merencanakan prosesor generasi ke-8 untuk memetakan jalur baru ke depan dengan lebih banyak core. Namun peluncuran ini tampaknya lebih “dipercepat” karena ancaman terbaru siap terjadi dari seri APU’s Ryzen mobile AMD. Para pesaing tersebut, yang kemungkinan akan menawarkan “lebih banyak core untuk strategi yang lebih rendah saat ini masih belum dipasarkan.



 Baca Juga :

Loading…

Comments
Loading...