7 Langkah Mudah Perbaiki Masalah Audio Terlalu Rendah Pada Windows

Jadi, katakanlah anda memiliki masalah audio pada sistem Windows yang anda miliki, dan masalahnya bukan karena driver tidak terdeteksi, namun lebih tepatnya pilihan audio terlalu rendah. Padahal, anda sudah mencoba memaksimalkan kapasitas audio yang tersedia. Jadi, berikut dibawah ini mungkin adalah beberapa langkah yang bisa memperbaiki masalah audio terlalu rendah.

Biasanya,  masalahnya mungkin disebabkan karena perangkat lunak atau perangkat keras yang terkait. Untungnya, didalam Windows sendiri hadir dengan beberapa pengaturan penting yang perlu disesuaikan oleh pengguna untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus. Jika volume komputer Anda terlalu rendah, entah anda memakai sistem operasi Windows 10/8/7, anda bisa mencoba mengikuti langkah-langkah dibawah ini dan lihat apakah hal tersebut bisa membantu anda memperbaiki masalah itu.

Baca juga : Cara Memperbaiki HDD External Tidak Terdeteksi USB 3.0 Pada Windows 8/10

7 langkah mudah perbaiki masalah audio terlalu rendah pada Windows

Anda bisa mencoba salah satu langkah dibawah ini, termasuk juga untuk memutuskan saran mana yang ingin anda coba terlebih dahulu.

1. Cobalah Update driver Audio

Langkah ini mungkin hal pertama yang terlintas dalam pikiran kita atau mungkin saja tidak. Entah anda memakai sistem suara yang berbeda merk, driver, biasanya mengupdate driver software bisa menjadi langkah penting, terutama update terbaru ini biasanya akan memperbaiki berbagai masalah yang sebelumnya terjadi, dan itu termasuk dalam masalah audio yang terlalu rendah.  Jadi update driver anda dengan cara cukup mudah, seperti melalui device manager, atau juga anda mungkin menggunakan software driver pihak ketiga, dimana mereka biasanya memiliki hal tersebut.

2. Bersihkan speaker secara fisik

Jika Anda telah menggunakan speaker yang sama untuk waktu yang lama, mungkin ada debu di atasnya, yang seringkali menghalangi suara sehingga memberikan dampak yang signifikan pada kualitas audio. Sebaiknya periksa apakah speaker anda bersih dari dalam maupun luar. Jika tidak, bersihkan dan uji apakah itu memberi performa lebih baik atau tidak.

3. Periksa juga dengan memakai perangkat audio lain

Cobalah memakai speaker cadangan, headset untuk memastikan apakah masalahnya terletak pada sistem atau bukan. Karena, mungkin saja speaker yang selama anda pakai ternyata memiliki masalah dan menghasilkan kualitas audio yang benar-benar tidak layak.

4. Coba atur Communications settings

Fitur yang disediakan oleh Windows adalah fitur Volume Rendah inbuilt yang membantu pengguna mendapatkan audio yang lebih baik saat kita menggunakan komputer untuk melakukan atau menerima panggilan telepon. Hal ini dapat mengurangi suara anda sampai 100%. Untuk mengaturnya :

masalah audio terlalu rendah

  • Buka pengaturan “Sound”. Anda dapat mencarinya di kotak pencarian taskbar jika Anda menggunakan Windows 10.
  • Jika tidak, klik kanan pada ikon volume di sistem tray dan pilih Sounds.
  • Setelah itu, lihat tab Communications.
  • Di sini, pastikan Windows telah memilih opsi “Do Nothing”. Jika tidak, pilih opsi itu dan simpan perubahan Anda.

5. Coba juga atur Loudness Equalization

Ini adalah setting lain yang juga perlu anda periksa. Jika opsi ini tidak diaktifkan, Anda akan mendengar volume yang relatif lebih rendah. Sekali lagi buka “Sound” settings. Pada tab Playback, pilih Playback  device dan tekan tombol Properties. Setelah itu, buka tab Enhancements. Pilih Equality Loudness dan simpan perubahan Anda.

6. Coba tingkatkan Media Player sound

Terkadang, meski kita meningkatkan volume menggunakan ikon volume di sistem tray, kita masih mendapatkan suara yang sangat rendah. Itu karena ada dua tingkat volume berbeda yang bekerja saat Anda memutar trek audio, yaitu, volume Speaker dan volume Media Player. Bahkan jika Anda meningkatkan volume speaker, media player menggunakan tingkat volume yang sama.

Ada dua cara untuk meningkatkan volume pemutar media itu. Pertama, Anda bisa membuka media player yang anda gunakan dan periksa apakah tingkat volume disetel ke 100% atau tidak. Kedua, Anda dapat membuka Mixer Volume dari baki sistem, dan melakukan perubahan yang diperlukan.

7. Coba juga jalankan Audio Troubleshooter

Untuk melakukannya, tekan tombol Win + I untuk membuka Setting Windows dan buka Update & Security lalu pergi ke opsi Troubleshoot. Di sisi kanan, anda biasanya akan menemukan Playing Audio. Pilih dan klik tombol Run the troubleshooter dan ikuti petunjuk di layar sampai selesai.

Nah, itu dia 7 langkah mudah perbaiki masalah audio terlalu rendah pada Windows. Semoga saran ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencoba untuk memperbaiki masalah tersebut. Semoga berhasil, dan jangan lupa like dan follow sosial media kami dibawah sebagai bentuk dukungan anda pada situs ini.

 Baca Juga :




Comments